Meskipun sudah dua dekade lebih Eiichiro Oda menerbitkan karya paling fenomenalnya, One Piece, tapi masih ada banyak sekali misteri yang masih belum terpecahkan. Salah satu contohnya adalah teka-teki tentang sosok Dr. Vegapunk. Selama ini, kita hanya diberi tahu kalau Vegapunk adalah sosok seorang ilmuwan yang luar biasa jenius yang bekerja untuk angkatan laut.

Di angkatan laut sendiri, dia memiliki pangkat atau peringkat G-5 Marine, yang artinya dia udah sangat jauh lebih modern. Secara penampilan fisiknya, Oda Sensei menggambarkan Vegapunk dengan seorang pria dengan kaos bergaris, menggunakan sarung tangan berwarna kuning, dan menggunakan jas lab. Selain itu, secara fisik – khususnya wajah – masih dirahasiakan.
Yang paling mengesankan dari Vegapunk adalah berbagai ciptaan dan uji coba yang dia lakukan. Setiap benda yang dia ciptakan selalu memiliki manfaat yang luar biasa, setidaknya untuk hari ini dan masa depan. Malah, terkadang teknologi tersebut terlalu maju, sehingga membuat yang lain terheran-heran. Tapi, tidak sedikit juga penemuannya yang dianggap berbahaya dan bisa mengancam keselamatan dunia.
Salah satu kreasi yang mengerikan dari sosok Dr. Vegapunk adalah sebuah kelompok ilmuwan jenius yang menciptakan berbagai senjata, yang disebut sebagai “Special Science Group” atau disingkat SSG. Kelompok ini sengaja dibuat untuk menggantikan Shichibukai sebagai salah satu kekuatan terbesar dalam seri One Piece.
Seperti yang kita ketahui, saat Reverie kemarin salah satu keputusan yang muncul adalah dihancurkannya sistem Shichibukai. Untuk saat ini, tidak banyak yang diketahui tentang organisasi ini, tapi menurut Fujitora dan Brannew kelompok ini memiliki cukup kekuatan untuk menggeser Shichibukai. Artinya, SSG sangatlah dahsyat dalam masalah kekuatan.

Seperti yang disebutkan di atas, Dr. Vegapunk adalah sosok yang bertanggung jawab dalam berbagai senjata dan teknologi yang digunakan angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Contohnya adalah para Pacifita dan juga kloning. Dia juga merupakan penemu rahasia dari batu laut (kairoseki), memahami bagaimana kekuatan buah iblis bekerja, dan merupakan salah satu orang yang menemukan sistem Lineage Factor.

Ada kemungkinan bahwa semua proyek yang dikerjakan oleh SSG, merupakan kulminasi atau puncak dari hasil penelitan dan pekerjaannya selama ini. Dr. Vegapunk mungkin saja sudah menemukan cara untuk memasukan DNA dari pengguna buah iblis untuk kemudian digunakan ke versi baru Pacifista, yang mana hal itu membuat Pacifista bisa menggunakan kekuatan buah iblis yang sama.

Kemungkinan bahwa SSG mengumpulkan sampel DNA tersebut dari pihak angkatan laut dan dari para tahanan Impel Down. Contoh karakter yang mungkin menjadi sumber uji coba tersebut adalah Sakazuki, Kuzan, Smoker, Sengoku, Magellan, Doflamingo, Kizaru, dan beberapa nama lainya.

Dan untuk mencegah Pacifista tersebut menjadi over-power maka, Vegapunk sengaja membuat mereka hanya bisa menggunakan satu kekuatan buah iblis saja, yang artinya jika Vegapunk mau bisa saja Pacifista tersebut dibuat seperti halnya Blackbeard. Kita nantikan saja ya Geeks informasi lebih jelas lainnya dari hasil ciptaan Vegapunk ini.