Ketika palu miliknya tiba-tiba berubah menjadi berat, Thor mencoba meminta bantuan rekan-rekannya di Avengers untuk mencari tahu apa yang kemudian menyebabkan palu Mjolnir menjadi aneh. Namun, setelah bertemu dengan Captain America, sang dewa petir pun kemudian hilang kendali akan Mjolnir. Melihat situasi tersebut, Steve tidak memiliki pilihan lain selain bertahan.

Dia kemudian menggunakan tameng vibranium miliknya untuk menahan serangan Mjolnir milik Thor. Momen ini menjadi bukti bahwa tameng milik Captain America tersebut mampu menahan serangan Mjolnir. Dalam arc terbaru di komik Thor yang ditulis oleh Donny Cates, Nic Klein, dan Matt Wilson, raja Asgard tersebut diperlihatkan harus kehilangan kendali akan palu ajaib miliknya.

Akibatnya, Mjolnir menjadi sangat berat dan sulit untuk diprediksi. Ketika Thor kesulitan untuk bisa mengangkat dan mengendalikan Mjolnir, hal sebaliknya justru terjadi. Sosok seperti Loki atau par amakhluk bumi lainnya justru bisa mengangkat palu tersebut. Thor kemudian kembali ke bumi untuk bertemu dengan para Avengers dan mencari solusi atas masalahnya tersebut.

Dalam Thor #15, Thor muncul di bumi ketika para Avengers sedang bertarung menghadapi pasukan monster robot dari luar angkasa. Dengan menggunakan kekuatan petirnya, Thor mampu menghancurkan alien tersebut dengan mudah. Namun, Thor kemudian dibuat terkejut ketika tiba-tiba Mjolnir bergerak dan langsung mengarah kepada Captain America.

Steve pun dipaksa untuk menahan serangan tersebut dengan tamengnya, dan Thor hanya bisa melihat kejadian mengerikan tersebut. Captain America memang sebelumnya juga pernah manahan serangan Mjolnir – bahkan pernah juga membuat tamengnya rusak – namun, dalam kasus ini tameng tersebut benar-benar menghentikan serangan Mjolnir. Di tamengnya sendiri terdapat bekas Mjolnir, yang menempel ketika asap perlahan menghilang.

Setelah insiden tersebut, Captain America dan Thor pun berbicara mengenai hal ini di Avengers Mountain, di mana Thor berpendapat bahwa sihir awal yang diberikan kepada Thor sudah menghilang/diangkat setelah dia menjadi raja baru Asgard. Thor kemudian meninggal Mjolnir bersama Captain America. Seperti yang kita ketahui, tameng Captain America bisa dibilang hampir tidak bisa dihancurkan.

Tameng tersebut memang sengaja didesain untuk menahan serangan yang paling kuat. Namun, bukan berarti tameng ini tidak bisa hancur sama sekali. Dalam film Avengers: Endgame, kita melihat bagaimana Thanos berhasil merusak tameng tersebut. Pada intinya, level kekuatan dari tameng milik Steve Rogers tersebut tergantung kepada siapa yang menulis naskahnya. Jika memang penulisnya menginginkan tameng tersebut mampu menahan serangan Mjolnir, maka hal itu akan terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.