Film Justice League DC Extended Universe, khususnya Zack Snyder’s Justice League, telah memperkenalkan sejumlah makhluk kuat dari luar angkasa yang disebut New Gods atau Dewa Baru. Para dewa alien tersebut diperintah langsung oleh Darkseid, beberapa diantaranya terbukti sangat kuat dan mematikan, termasuk Steppenwolf dan DeSaad. Karena pembatalan DCEU yang dilakukan oleh Warner Bros, pada akhirnya Snyder belum sempat sepenuhnya menjelajahi kosmik di DC Universe, sehingga visinya berakhir di Zack Snyder’s Justice League.

Para New Gods awalnya akan membintangi film DC mereka sendiri, disutradarai oleh Ava DuVernay dan ditulis oleh Tom King, tetapi proyek ini juga dibatalkan oleh WB. Berdasarkan lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengembangkan film New Gods, mungkin awalnya film ini dimaksudkan untuk mengikat konsep DCEU Snyder. Sejauh ini apa yang dihadirkan di Zack Snyder’s Justice League adalah tampilan paling detail mengenai New Gods di DC Extended Universe. Berikut para New Gods yang diperkenalkan di DCEU.

Pendeta Apokoliptian

Sebuah kilas balik di filmnya menggambarkan para pendeta Apokoliptian yang bekerja sama dengan Darkseid selama invasi awal ke Bumi. Tiga pendeta tersebut memerintahkan setiap Mother Box untuk menciptakan Persatuan dengan cara mengubah permukaan bumi menjadi gurun tandus seperti Apokolips. Namun, rencana mereka digagalkan oleh Zeus, Ares, dan Old Gods lainnya. Walaupun mereka termasuk New Gods karena berasal dari Apokolips, mereka tidak sekuat New Gods lainnya di film Zack Snyder’s Justice League.

Steppenwolf

Steppenwolf adalah penjahat utama di filmnya, sekaligus berperan sebagai nabi yang diutus Darkseid. Di komiknya, Steppenwolf adalah pamannya Darkseid dan juga salah satu jenderal terbaiknya. Namun, pada suatu hari Steppenwolf berkhianat, dan akibat pengkhianatannya tersebut, Steppenwolf diasingkan dan diberi tugas untuk menaklukkan 150.000 planet agar bisa kembali ke sisi Darkseid. Di awal film Zack Snyder’s Justice League, DeSaad menegaskan bahwa Steppenwolf masih memiliki utang 50.000 planet lagi, artinya dia telah menaklukkan 100.000 planet sebelum datang ke Bumi.

Dalam versi Snyder, Steppenwolf adalah sosok yang sangat kuat, membutuhkan upaya penuh dari para anggota Justice League untuk mengalahkannya. Dia berusaha menyatukan Mother Box dan akhirnya menemukan Anti-Life Equation, formula untuk menguasai alam semesta, sehingga dia berhasil membuktikan nilainya kepada Darkseid dengan melakukan apa yang Darkseid tidak bisa lakukan. Sebenarnya jika saja Superman tidak dibangkitkan, kemenangan Steppenwolf sudah ada di depan matanya.

Granny Goodness

Granny Goodness memiliki lebih banyak penampilan cameo di Zack Snyder’s Justice League sebagai salah satu jenderal Darkseid lainnya. Terlepas dari namanya yang terdengar baik hati, Goodness adalah penjahat yang dikenal di komik DC sebagai sosok di balik panti asuhan brutal di Apokalips. Dia kemudian menjadi bagian dari kelompok elite Wanita Furies Darkseid bersama Big Barda. Berdasarkan apa yang terlihat di filmnya, Granny Goodness kemungkinan akan muncul kembali di film terakhir saat menginvasi Bumi, dan juga terlibat di timeline ‘Knightmare’ yang sempat menjadi mimpi buruk Batman.

DeSaad

DeSaad adalah penasihat dan anak buah Darkseid yang paling setia. Dia telah hidup selama ribuan tahun dan merupakan salah satu pendeta Apokoloiptian yang memimpin Mother Box dalam invasi pertama Darkseid ke Bumi. Rencananya di lima film Justice League versi Snyder yang dibatalkan, DeSaad akan memimpin pasukan parademon Darkseid dan New Gods lainnya. Di komiknya, DeSaad adalah kepala penyiksa di pasukan Darkseid, dinamai berdasarkan penulis terkenal Prancis bernama Marquis deSade. Dia juga pernah muncul bersama Darkseid di serial Smallville yang sangat terkenal pada masanya.

Darkseid

Film Zack Snyder’s Justice League mengungkapkan bahwa Darkseid adalah penjahat terbesar di DCEU, mirip Thanos di MCU. Dia adalah penguasa Apokolips yang mempunyai tujuan untuk menaklukkan seluruh multiverse menggunakan Anti-Life Equation. Darkseid awalnya mencoba untuk menaklukkan Bumi pada 5.000 tahun lalu, tetapi dia dikalahkan oleh aliansi Atlantis, Amazon, manusia, dan bahkan Korps Green Lantern. Dalam pertempuran tersebut, para New Gods berhasil dikalahkan oleh Old Gods yang dipimpin oleh Zeus, Ares, dan Artemis.

Darkseid akhirnya dipanggil lagi ke Bumi karena Mother Box bangkit kembali setelah kematian Superman di akhir film Batman v. Superman. Setelah Steppenwolf merengek untuk kembali, Darkseid memerintahkannya untuk membuka jalan baginya di Bumi. Dan saat Steppenwolf gagal, Darkseid semakin tidak sabar untuk menaklukkan Bumi, satu-satunya planet yang berhasil mengusirnya 5.000 tahun lalu. Sebelum dibatalkan, awalnya pertempuran Darkseid akan diceritakan di Justice League 2 dan 3, dengan ramalan di film pertamanya di mana dia berhasil membunuh Aquaman dan Wonder Woman.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.