Wolverine sudah sering berhasil selamat dan sembuh dari berbagai luka yang dia alami. Semua itu berkat healing factor atau kemampuan regenerasi yang membuat Wolverine menjadi karakter yang abadi atau sulit untuk tewas. Namun, siapa sangka bahwa sosok Wolverine, yang dikenal sebagai salah satu mutan paling kuat, memiliki kelemahan dari kemampuan regenrasinya.

Yang menarik adalah kemampuan regenerasinya tersebut nampak tidak berjalan maksimal, ketika Wolverine terkena satu “luka” yaitu terlalu lama terpapar sinar matahari (sunburn). Sebagai salah satu mutan yang sangat populer di Marvel Comics, Wolverine sudah banyak menghadapi musuh selama hidupnya. Dan itu artinya dia juga sudah sering mengalami luka di tubuhnya.

Berkat kemampuan regenerasi yang menjadi salah satu kemampuan mutan miliknya, Wolverine sering kali selamat dari kematian. Namun, dari semua luka yang ada terdapat satu luka yang sulit untuk sembuh, meskipun Wolverine memiliki kemampuan regenerasi. Yaitu luka akibat terkena sengatan matahari dalam jangka waktu yang lama.

Sunburn sendiri adalah sebuah luka akibat terpapar terlalu lama dari sinar matahari, yang mana hal itu membuat kulit normal akan terbakar. Sel-sel di kulit pun akan terluka yang akhirnya membuat kulit kita “terbakar.” Kadar melanin dalam tubuh seseorang akan menurun. Melanin sendiri adalah pertahanan tubuh saat menghadapi radiasi ultra violet.

Masing-masing orang memiliki efek yang berbeda ketika terlalu lama terpapar sinar matahari. Ada yang kulitnya berubah menjadi kehitaman, ada juga yang pada akhirnya harus terluka karena kekurangan melanin. Wolverine sendiri lahir dan tumbuh di Northern Alberta, Kanada. Seperti halnya para penduduk Kanada yang lain, Logan tidak terlalu suka dengan matahari.

Tinggal di wilayah hutan dan bercuaca dingin, membuat Logan sering kali tida terlalu memperhatikan perlindungan terhadap sinar matahari, karena yang dia butuhkan adalah mantel yang tebal dan hangat. Karena hal inilah Logan bisa dibilang kekurangan melanin untuk melindungi tubuhnya dari sengatan matahari. Meskipun detail ini tidak dieksplor lebih lanjut di komiknya, ini menjadi kelemahan dari sistem regenerasi Logan.

Hal ini diperlihatkan dalam komik Uncanny X-Men #251, di mana Wolverine diperlihatkan diikat dan dijemur di bawah sinar matahari di wilayah Australia. Kulit tubuhnya perlahan berubah menjadi merah muda. Meskipun tidak secara spesifik disebutkan bahwa dia terkena sunburn, namun kemampuan regenrasi Logan benar-benar tidak bisa membantunya untuk bertahan.

Kemampuan renegerasi Logan ini diperlihatkan mampu membuatnya sembuh ketika dia ditanami adamantium di dalam tubuhnya dan juga selamat dari bom nuklir, seperti yang diperlihatkan di komik Wolverine Vol. 3 #43 dan Venom #9. Namun, sepertinya untuk bisa sembuh dari luka akibat sengatan panas matahari benar-benar di luar kemampuannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.