Seri karya Eiichiro Oda, One Piece, sudah sering melakukan kolaborasi atau crossover dengan berbagai franchise lainnya. Misalnya, One Piece pernah berkolaborasi dengan franchise Dragon Ball, yang mana membuat karakter utama dari kedua franchise tersebut bertemu dalam satu frame. Tidak jarang juga seri One Piece berkolaborasi dengan seri lainnya di luar Jepang.

Yang paling baru adalah One Piece akan berkolaborasi dengan sebuah buku yang sangat populer yaitu Where’s Waldo? karya dari Martin Handford. Buku Where’s Waldo? (atau yang dikenal juga sebagai Where’s Wally? di luar Amerika Utara) pertama kali dirilis pada 1987, dan dikenal sebagai buku yang menghadirkan berbagai ilustrasi yang menarik dan penuh teka-teki.

Dalam ilustrasi tersebut pun kita akan melihat banyak sekali karakter yang berbeda dalam berbagai situasi. Hal ini merupakan sesuatu yang memiliki kemiripan dengan seri One Piece, di mana serinya sering kali menghadirkan berbagai karakter baru dan menarik di ceritanya. Ada sekitar ratusan karakter yang sudah diciptakan oleh Oda Sensei untuk seri One Piece.

Sebagai bagian untuk merayakan 24 tahun seri One Piece, Eiichiro Oda akan berkolaborasi dengan buku seri Where’s Waldo dalam sebuah spread spesial Onigashima. Dalam spread khusus tersebut, para pembaca akan melihat gabungan dari dua aspek yang menjadi ciri khas dari kedua serinya. Dan untuk mengumumkan kolaborasi ini, kedua karakter pun muncul di pengumuman di akun Twitter One Piece.

Dengan jumlah karakter yang banyak, apalagi saat ini kita sedang berada di Onigashima, yang mana jumlah karakternya mencapai 20 ribu orang lebih, maka hal ini akan sesuai dengan apa yang sering diperlihatkan oleh buku Where’s Waldo dan menemukan Waldo tentu akan menjadi hal yang sangat sulit. Mungkin Waldo menyamar menjadi anggota CP0 atau menjadi bagian dari kelompok bajak laut Beasts. Bagaimana menurut kalian ide kolaborasi ini Geeks?