Film Black Widow memperkenalkan kita terhadap berbagai karakter baru, salah satunya adalah Alexei Shostakov alias Red Guardian. Dia adalah hasil dari program serum tentara super yang dibuat oleh Uni Soviet. Dengan kata lain, dia adalah “cermin” dari Captain America. Namun, jika keduanya bertarung mana yang jauh lebih kuat?

Program serum tentara super ternyata tidak hanya mempengaruhi Steve Rogers dan Bucky Barnes saja. Seri The Falcon and the Winter Soldier mengkonfirmasi bahwa ada juga tentara super lainnya di luar sana. Salah satu contoh nyatanya adalah Isaiah Bradley, yang juga pernah disuntikan serum tersebut demi Amerika. Dan di film Black Widow terungkap bahwa bukan hanya Amerika, Uni Soviet pun melakukan riset yang sama agar mereka memiliki Captain America versi mereka sendiri.

Saat pertama kali Red Guardian diperlihatkan di filmnya, dia justru tidak mengenakan kostum merah yang menjadi ciri khasnya atau menggunakan apa pun. Alexei justru diperlihatkan kabur menuju Kuba dari Ohio bersama dengan “keluarganya” – Melina yang menyamar sebagai istrinya, dan Yelena serta Natasha menjadi anaknya. Alexei mengkonfirmasi bahwa dia memiliki koneksi mendalam dengan General Dreykov.

Dreykov sendiri adalah sosok di balik Red Room, sebuah fasilitas latihan di mana ribuan wanita diculik untuk kemudian dicuci otaknya untuk menjadi mata-mata dan pembunuh handal. Saat Alexei menghabiskan sekitar 20 tahun di penjara, meskipun dia berhasil menjalankan misi yang diberikan Dreykov, ternyata dia masih memiliki kekuatan tentara super dalam dirinya – yang kemudan diperlihatkan di filmnya.

Kita melihat bagaimana Alexei bisa dengan mudah mengangkat sebuah trailer yang berbahan besi. Juga bagaimana dia berhasil menghancurkan pergelangan tangan seseorang yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar darinya. Dan yang paling epik, adalah ketika dia menghancurkan sebuah pintu baja berlapis yang tebal hanya dengan satu pukulan saja ketika Natasha dan Yelena menyelamatkannya dari penjara.

Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bahwa Alexei memang masih memiliki kekuatan super dasar dari serum tentara super yang ada di tubuhnya. Namun, karena dia sudah lama sekali dipenjara, artinya dia tidak memiliki kemampuan lain. Dan yang paling utama juga adalah dia tidak memiliki pengalaman bertarung. Hal ini jelas berbeda dengan Captain America.

David Harbour on 'Black Widow' Red Guardian and If He'll Return to MCU - VarietyGeeks tentunya tahu bagaimana Steve Rogers sudah banyak mengalami peristiwa dalam hidupnya. Dia bertarung melawan Red Skull, Hydra, dan yang paling epik tentunya ketika dia bertarung melawan Thanos. Dia juga merupakan sosok yang pantas untuk mengangkat palu Thor. Di sisi lain, Alexei lebih banyak ditugaskan dalam misi penyamaran – yang mana hal inilah yang dibenci oleh Alexei.

Dalam misi penyamaran, tentunya tidak perlu banyak aksi diperlukan dan juga kekuatan fisik. Karena itulah, Red Guardian bisa dibilang jauh lebih kaku dibandingkan Captain America jika mereka memang harus bertarung. Di atas kertas, Red Guardian mungkin sama kuatnya dengam Captain America, namun di film Black Widow kita melihat bagaimana dia tidak lebih dari seorang mata-mata.

Meskipun begitu, Red Guardian bangga dengan kemampuannya dan dia juga snenag dengan fakta bahwa ada kekuatan super di dalam tubuhnya. Di komiknya sendiri, Red Guardian pernah bertarung bersama Captain America, meskipun memang sering kali mereka berdua ditakdirkan untuk saling bertarung, sesuai dengan misi utama Red Guardian untuk menghancurkan Captain America.

Black Widow: Did Red Guardian Fight Captain America? - IGNNamun, ketika Alexei pada akhirnya bertarung melawan Captain America, dia tidak pernah bisa mengalahkan Steve. Ini juga yang semakin membuat jelas bahwa Captain America jauh lebih kuat dibandingkan Red Guardian. Yang disayangkan adalah dengan Steve Rogers tidak lagi menjadi bagian dari MCU, kita tidak akan pernah bisa melihat keduanya saling bertemu. Namun, MCU masih memiliki John Walker yang mana dia bisa menjadi kesempatan untuk menguji kemampuannya.

Selain itu, yang disayangkan juga adalah bagaimana Red Guardian tidak dimaksimalkan dalam cerita di film Black Widow. Ada kemungkinan bahwa Red Guardian akan kembali di film-film MCU berikutnya. Mungkin pada masa yang akan datang, Red Guardian akan benar-benar memperlihatkan kemampuannya.