Salah satu duel menarik yang sedang berlangsung di Onigashima adalah pertarungan antara Who’s who melawan Jinbei. Kedua karakter ini telah menampilkan duel menarik antara mantan budak dengan keahliannya masing-masing. Jinbe yang merupakan seorang pengguna Haki yang handal berhasil menahan Who’s who yang ternyata menggunakan Rokushiki dan Tekai. Namun benarkah bahwa Who’s who masih belum menggunakan kekuatannya secara penuh?

Who’s who adalah salah satu dari antek-antek Kaido dan ternyata merupakan mantan anggota khusus dari Pemerintahan Dunia. Hal ini terbukti dari Tekai dan Rokushiki yang dia gunakan saat melawan Jinbei, sehingga kemungkinan besar dia dulu adalah mantan anggota Chiper Pol. Rokushiki merupakan sebuah aliran bela diri yang hanya dimiliki oleh segelintir orang di dunia One Piece, dan kebanyakan pengguna Rokushiki adalah para Cp 9. Karena pengguna aliran ini hanya sedikit, jadi masih banyak misteri yang masih belum terungkap mengenai Rokushiki.

Namun melihat Who’s who menggunakan teknik bela diri ini dengan baik, maka banyak teknik yang masih dia sembunyikan hingga sekarang saat bertarung melawan Jinbei. Salah satu teknik yang berasal dari ilmu bela diri Rokushiki adalah Soru, Geppo, Rankyatu, dan lain-lain. Nampaknya Who’s who hingga sekarang hanya mengeluarkan segelintir kemampuan saja yang dia punya untuk melawan Jinbei.

Selain itu ada tiga fakta menarik yang menunjukan bahwa pertarungan Who’s who dan Jinbe  yang nampaknya masih belum berakhir:

  • Di chapter 1018 saat Who’s who nampak kalah di tangan Jinbei, dia tidak digambarkan bagian wajahnya rusak atau kesadarannya menghilang yang biasanya ditandai dengan kedua matanya berwarna putih. Bisa jadi setelah ini akan ada pertarungan lanjutan yang lebih seru dan menegangkan.

  • Who’s who adalah salah satu anak buah Kaido yang memiliki kekuatan Buah Iblis tipe Zoan Kuno dan juga seorang Tobiroppo yang sangat kuat seperti Ulti dan Page One. Jika Ulti saja bisa bangkit setelah KO dua kali dalam pertarungan sebelumnya, maka Who’s who pastinya memiliki ketahanan tubuh yang setara dan bahkan lebih unggul dari pada Ulti.
  • Dalam dialog chapter 1018, Who’s who mengatakan bahwa jika dia dulu berhasil membawa Gomu gomu no Mi ke tangan Pemerintah Dunia maka seharusnya saat ini Who’s who menjadi partner Rob Lucci. Jika dia memang bisa menguasai ilmu bela diri tersebut seperti Lucci, ada kemungkinan Who’s who juga bisa menggunakan salah satu teknik kuat dari aliran Rokushiki yaitu Rokupgan, Samier Kikan dan Kami-e seperti Rob Lucci saat di Enies Lobby.

Analisis ini membuktikan bahwa Who’s who masih menyimpan kekuatannya yang sebenarnya saat melawan Jinbei. Meski saat ini Jinbei terlihat lebih unggul dari pada Who’s who, namun kita masih belum bisa memastikan ending dari duel maut tersebut. Sebelumnya Who’s who fokus menceritakan tentang dirinya yang gagal mengemban tugas dari Pemerintah Dunia, serta bercerita menganai sebuah legenda mengenai Dewa Matahari Nika. Bisa jadi saat itu dia masih berusaha menggali informasi lebih dalam dari Jinbei, oleh sebab itu Who’s who tidak langsung menggunakan kekuatannya secara maksimal. Sehingga ada kemungkinan setelah ini Who’s who akan mengeluarkan kekuatannya yang sesungguhnya dan mulai bertarung lebih serius dengan Jinbei. Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya? Jangan lupa selalu stay tune di website kesayangan kalian untuk membaca kelanjutan dari serial One Piece.