Spider-Man sudah menjadi salah satu karakter di MCU yang mendapatkan sambutan meriah dari para penggemar, semenjak pertama kali dirilis pada 2016 lalu dalam film Captain America: Civil War. Meskipun mendapatkan sambutan yang positif, perlu diingat juga bahwa Spidey bukanlah “anggota tetap” dari MCU. Spidey merupakan hasil kerja sama antara Sony Pictures dan Marvel Studios.

Sejak 2018 kemarin, Sony sendiri sudah mulai membangun universe mereka sendiri yang mirip dengan MCU. Mereka menamainya dengan Sony Pictures Universe of Marvel Characters (SPUMC). Hanya tinggal masalah waktu saja Spidey pada akhirnya keluar dari MCU. Lalu, bagaimana kemudian Spidey versi Tom Holland ini bisa bergabung dengan SPUMC?

Melanjutkan Petualangannya Tanpa Referensi MCU

Karena Peter parker adalah murid SMA, petualangan selanjutnya dari Peter harus berusaha untuk bisa lepas dari referensi MCU secara keseluruhan. Spidey tidak boleh lagi muncul di berbagai film Avengers, sehingga dia bisa melanjutkan petualangannya tanpa harus ada embel-embel MCU. Ned, MJ, dan Flash, serta berbagai karakter pendukung lainnya pun masih bisa tetap muncul di film Spider-Man.

Keluar dari MCU Melalui Multiverse

Melanjutkan cerita Spider-Man tanpa referensi MCU pasca Spider-Man: No Way Home, bisa jadi tidak akan berhasil secara maksimal. Hal ini dikarenakan MCU masih terus menghadirkan cerita lainnya pasca apa yang terjadi di Endgame. Koneksi Peter dengan Tony Stark memiliki peran yang besar dalam pembangunan karakternya sejauh ini. Sony mungkin bisa melakukan semacam crossover dengan MCU untuk kemudian benar-benar bisa menarik Spidey keluar dari MCU. Dan multiverse bisa menjadi solusinya.

Bergabung dengan Venom

Sukses di film pertamanya, Sony kemudian bersiap meluncurkan sekuel dari Venom yaitu Let There Be Carnage. Di filmnya, kita akan diperkenalkan dengan karakter baru yaitu Cletus Kasady, yang dikenal sebagai seorang supervillain bernama Carnage. Di komiknya sendiri, Venom biasanya menjadi villain bagi Spider-Man. Namun, tidak jarang juga mereka bekerja sama ketika situasi memang mengharuskan – misalnya ketika Carnage berulah.

Momen epik ini bisa saja terjadi di akhir sekuel filmnya, jika kemudian Sony memang ingin mengejutkan para penonton. Bisa jadi juga di film ketiga nanti baru keduanya bekerja sama mengalahkan Carnage, selama Carnage tidak tewas di film sekuelnya. Barulah di film ketiga nanti mereka benar-benar mengalahkan Carnage untuk selamanya.

Menghadirkan Sinister Six

Sebuah film Sinixter Six dikabarkan sedang dikembangkan sejak tahun 2013, dengan Drew Goddard ditunjuk sebagai sutradaranya. Namun, proyek tersebut kemudian harus terhenti setelah The Amazing Spider-Man 2 tidak memnuhi ekspektasi. Mengingat ini adalah salah satu proyek film yang menjadi awal mula terciptanaya SPUMC, maka besar kemungkinan filmnya akan tetap dibuat. Satu hal yang sama dari para Sinister Six adalah kebenciannya terhadap Spidey. Tentu akan sangat menarik melihat para villain yang membenci Spidey berkumpul.

Muncul Di Film Animasi Spider-Verse

Film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse berhasil meraih kesuksesan besar saat perilisannya pada 2018 kemarin. Film animasi dengan gaya baru ini memperkenalkan berbagai versi dari Peter Parker dan Spider-Man, di mana mereka semua berasal dari berbagai universe atau realita alternatif. Kabar menyebutkan bahwa pihak Sony sedang menyiapkan film sekuelnya, yang mana ini bisa menjadi jalan bagi Spider-Man versi Tom Holland untuk muncul. Dan ini bisa menjadi jalan untuk kemudian masuk ke SPUMC.

Menjadi Cameo di Film Morbius

Pada 8 Januari 2022, Sony akan merilis sebuah film terbaru mereka yaitu Morbius. Film ini menjadi bagian dari universe besar SPUMC dan akan dibintangi oleh Jared Leto yang berperan sebagai Michael Morbius. Meskipun sempat dibantah oleh pihak Sony, pada kenyataanya film Morbius memiliki koneksi dengan MCU. Contohnya adalah kemunculan Vulture yang merupakan musuh dari Spidey di film Homecoming. Kemudian munculnya logo Daily Bugle mereferensikan apa yang terjadi di Far From Home. Setidaknya ada sedikit peluang bagi Spidey untuk muncul dan menjadi cameo di filmnya.

Tampil Di Film Solo Kraven The Hunter

Sony baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan membuat film solo Kraven The Hunter yang akan diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson. Filmnya sendiri dijadwalkan dirilis pada 13 Januari 2023 mendatang. Belum ada informasi apa pun yang diketahui dari proyek filmnya ini, karena sering kali kemunculan sosok Kraven memiliki keterkaitan dengan Spider-Man. Dan bisa jadi juga ini yang akan menjadi fokus utama cerita di filmnya.

Di komiknya sendiri, Kraven adalah seorang pemburu handal yang berusaha untuk mencari keberadaanya dan berusaha untuk membunuhnya. Perburuan Spidey ini bisa jadi merupakan fokus lain dari filmnya. Seperti yang diketahui, identitas dari Spidey sudah terbongkar setelah apa yang terjadi di Far From Home. Artinya Kraven bisa dengan mudah melacak atau mencari keberadaan Peter Parker.

Menjadi Mentor Bagi Miles Morales

Jika Sony akan membangun sebuah jagat sinematik yang berdasarkan para karakter di cerita Spider-Man, maka rasanya masuk akal jika Sony juga menghadirkan versi live-action dari Miles Morales. Ada beberapa nama yang dianggap pas untuk bisa menjadi aktor pemeran karakternya. Ketika Peter Parker sudah benar-benar resmi keluar dari MCU, dia bisa menjadi mentor bagi Miles di SPUMC seperti halnya dahulu Tony Stark yang menjadi mentornya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.