Marvel Studios akhirnya resmi merilis trailer perdana untuk seri terbaru mereka yaitu Marvel’s What If…? yang merupakan adaptasi dari seri populer Marvel Comics. Seperti yang pernah diperlihatkan di acara SDCC dan Disney Expo, seri Marvel’s What If…? akan menjadi seri animasi pertama yang dihadirkan oleh Marvel Studios. Dan cerita yang disuguhkan pun akan sangat menarik.

Para fans akan diajak untuk berandai-andai bagaimana situasi yang familiar dengan kita dikemas secara berbeda, seperti halnya yang diperlihatkan dalam versi komiknya. Banyak kejutan yang muncul di serinya, seperti kemunculan para zombie. Setting ceritanya sendiri akan berada di sebuah realita alternatif. Lalu, apa saja yang dihadirkan di trailernya?

Tony Stark Diselamatkan Killmonger

Film Iron Man menjadi pembuka dari franchise besar Marvel Cinematic Universe pada 2008. Dan trailernya Marvel’s What If…? sendiri dibuka dengan cerita origin dari Iron Man. Dalam trailernya diperlihatkan bahwa Tony tidak pernah terluka di bagian dadanya, akibat terkena serpihan besi. Hal ini dikarenakan Erik Killmonger muncul dan berhasil menyelamatkannya.

Meskipun Killmonger menggunakan kostumnya, namun kemungkinan hal ini terjadi ketika dia masih aktif bertugas sebagai pasukan khusus Amerika. Dan Marvel sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa kejadiannya terjadi di Afghanistan. Killmonger dan Stark pun kemudian menjadi sahabat, dan Tony pun tidak membangun armor pertamanya di gua Afghan. Kemudian di trailernya juga diperlihatkan bagaimana Killmonger memimpin pasukan untuk menghadapi pasukan Wakanda.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Berbagai android juga diperlihatkan muncul, yang kemungkinan Stark Tech mendukung langkah Killmonger. Namun, kedigdayaan Killmonger sebagai raja Wakanda tidak berlangsung lama karena dia mendapatkan penolakan dari Shuri dan yang lain. Pepper Potts juga terlihat mendukung Shuri, dengan mengkhianati Tony.

Doctor Strange Jahat

Sebelumnya muncul laporan bahwa seri ini akan menghadirkan versi jahat dari Doctor Strange. Sosok Doctor Strange versi jahat ini mengenal dunia sihir setelah kematian kekasihnya – yang mana kemudian mengubahnya menjadi penyihir jahat yang sangat kuat. Masih belum banyak informasi yang ditampilkan di trailernya ini, namun dalam salah satu adegan Stange terlihat dikelilingi oleh berbagai mantra (runes) yang mirip dengan apa yang diperlihatkan di WandaVision.

Strange juga diperlihatkan ditemani oleh sosok yang misterius, yang mungkin menjadi orang yang mengajari Strange tentang sihir di timelinenya. Jelas bahwa Strange mempelajari berbagai mantra yang kuat, karena dia diperlihatkan menciptakan sebuah ilusi dan juga bisa mengeluarkan bola api. Jalan hidup yang diambil oleh Strange ini memaksanya untuk justru bertarung menghadapi Ancient One, dan keduanya sepertinya memiliki kemampuan yang seimbang.

Namun, pertarungannya melawan Ancient One kemungkinan akan dimenangkan oleh Strange, karena dalam salah satu adegan diperlihatkan Strange mengenakan Eye of Agamotto, yang mana artefak tersebut ada di tangan Ancient One.

T’Challa Menjadi Star-Lord

Ini menjadi salah satu hal yang sempat ramai saat proyeknya pertama kali diperkenalkan. Dalam sebuah timeline, Peter Quill bukanlah anak yang diculik oleh Yondu – melainkan T’Challa. Yang menarik adalah terdapat koneksi yang mendalam antara Yondu dan T’Challa, terlihat bagaimana Yondu berperan sebagai penasihatnya. Star-Lord versi T’Challa benar-benar berbeda dari Peter Quill.

Meskipun Star-Lord versi T’Challa berbeda dengan versi Quill, takdirnya sendiri masih menuntunnya pada misi untuk mendapatkan Power Stone. Hal ini bisa diketahui karena Morag merupakan planet air, dan kuilnya sendiri hanya bisa diakses setiap 300 tahun sekali. Sepertinya Ronan dan Thanos akan juga muncul dan terlibat dalam episodenya, karena mereka juga mencari Power Stone. T’Challa juga sepertinya akan bertemu dengan Drax, yang diperlihatkan berkomunikasinya dengannya. Yang menarik juga adalah T’Challa sepertinya berpikir untuk kembali ke bumi.

Black Widow Menyusup Ke Proyek Hulk

Pernak-pernik untuk proyek serinya memperlihatkan sebuah versi dari Natasha Romanoff menggunakan peralatan Black Widow milik Red Room. Ini artinya, dalam timeline tersebut Natasha tidak pernah pergi meninggalkan program tersebut. Jika memang benar, maka beberapa adegan di trailernya memberikan petunjuk bahwa varian dari Black Widow ini akan menyusup ke proyek rahasia tentara super General Ross.

Dan Natasha sendiri secara tidak langsung akan terlibat dalam terciptanya Hulk. Natasha sendiri diperlihatkan saling berhadapan dengan Hulk sambil mengenakan seragam militer Amerika. Artinya kita akan melihat versi alternatif dari asal-usul Hulk, yang mana di dalamnya terdapat keterlibatan Red Room.

Party Thor vs Ultron

Bocoran pernak-pernik juga memperlihatkan “Party Thor” kepada para fans, yang mana Thor versi ini merupakan Thor yang tidak pernah mempelajari apa pun tentang kehidupan di bumi. Party Thor memang masih diperlihatkan memiliki Mjolnir, namun palu ajaib tersebut tidak memiliki sihir untuk bisa menerima mereka yang layak saja. Thor versi ini juga sepertinya tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi di Nine Realms.

Salah satu momen yang menarik dari trailernya adalah ketika Party Thor bertarung menghadapi Ultron dengan menggunakan Mjolnirnya. Hal ini mendukung teori bahwa para android merupakan ancaman besar bagi seluruh Multiverse. Konsep ini sendiri sebenarnya diperkenalkan di komik Age of Ultron yang dirilis pada 2013 dan Secret Wars pada 2015. Meskipun Party Thor senang dengan gaya hura-huranya, pada akhirnya dia dipaksa untuk meninggalkan gayanya tersebut dan menjadi pahlawan.

Captain Carter dan Howard Stark

Salah satu cerita yang paling banyak diantisipasi dalam Marvel’s What If…? adalah sebuah timeline di mana Peggy Carter yang menjadi tentara super pertama di dunia, dan bukan Steve Rogers. Trailer perdana ini menyuguhkan berbagai adegan yang memperlihatkan Captain Carter yang sedag beraksi menghadapi musuh. Dan sepertinya trailernya juga mengkonfirmasi rumor yang sudah lama muncul, bahwa Howard Stark akan menjadi sidekicknya.

Howard Stark akan membangun armor Iron Man miliknya sendiri. Jika melihat simbol yang ada di armor Iron Man Howard Stark, mengkonfirmasi bahwa keduanya merupakan aliansi dari berbagai negara. Misi dari Captain Carter sendiri secara umum berkaitan dengan para Nazi, dan dalam beberapa adegan diperlihatkan bagaimana Captain Carter berhasil melumpuhkan pasukan Nazi.

Namun, terdapat sebuah momen misterius di mana Captain Carter juga menyerang karakter yang diduga adalah makhluk ekstradimensional. Bentuknya sangat mirip dengan Abilisk yang muncul di film GOTG Vol. 2. Artinya sesuatu yang buruk sedang terjadi di multiverse. Peggy juga diperlihatkan bertemu dengan Doctor Strange, yang artinya Multiverse sudah dalam keadaan berbahaya.

Marvel Zombies

Ini adalah sebuah skenario yang sudah lama dinantikan oleh para fans Marvel. Internet sudah sering dibanjiri oleh keinginan para fans Marvel yang sangat mengharapkan kemunculan para zombie dari karakter Marvel ini di MCU. Skenario Marvel Zombies ini diadaptasi dari event populer di Marvel Comics dengan nama yang sama. Dalam trailernya, Winter Soldier harus berhadapan dengan zombie Captain America. Namun, Captain America bukan menjadi satu-satunya zombie di timeline tersebut.

Konsep dari “Marvel Zombies” sendiri diadaptasi dari versi komiknya, yang ditulis oleh Robert Kirkman dan Sean Phillips. Para pembaca diajak untuk berandai-andai jika favorit superhero mereka berubah menjadi zombie. Marvel Comics sendiri sudah beberapa kali diadaptasi ke berbagai versi, dan dikenal memiliki cerita yang gelap. Ini akan menjadi “pengenalan” pertama tentang dunia horor di MCU – meskipun terjadinya di sebuah timeline alternatif.

Vision Mengeluarkan Mind Stone

Terdapat beberapa momen yang menghadirkan Vision di trailernya, dan dalam salah satu poin Vision menjadi sosok yang bercerita kepada semuanya tentang Multiverse, yang mana artinya Vision mengetahui atau menyadari tentang apa yang terjadi. Peran dari Vision sendiri masih menjadi misteri, namun Vision dari versi ini sepertinya akan memilih untuk mengambil sendiri Mind Stone yang ada di dahinya, untuk sebuah alasan yang masih belum diketahui. Sempat ada referensi mengenai Infinity Stones di trailernya, yang mana artinya kemungkinan Infinity Stones akan memiliki peran dalam beberapa poin.

Guardians of the Multiverse

Kembali, bocoran pernak-penik untuk Marvel’s What If…? juga menghadirkan karakter Guardians of the Multiverse. Hal ini memberikan petunjuk bahwa para variant ini akan bersatu dan membentuk aliansi. Trailernya pun kemudian mengkonfirmasinya, melalui berbagi adegan yang ada seperti Black Widow yang melemparkan tameng Captain Carter dan Captain Carter yang bertemu dengan Doctor Strange.

Kita juga melihat sebuah referensi dari film The Avengers, yang mana di trailernya para karakter Avengers diganti oleh para variant. Kita bisa melihat T’Challa, Gamorra, dan juga Party Thor. Captain Carter, Doctor Strange dan Black Widow juga akan bergabung di tim ini. Suara dari The Watcher, kemungkinan adalah sosok yang menyatukan para pahlawan ini. Jika memang benar, maka hal ini sama dengan apa yang ditampilkan di komiknya, the Exiles, kelompok pahlawan antar dimensi yang bersatu demi kebaikan.

Scarlet Witch

Dalam salah satu momen di trailernya, terlihat sebuah karakter yang terlihat sangat mirip dengan Scarlet Witch sedang memancarkan energi yang sangat besar. Tombak yang dilemparkan oleh Okoye sendiri nampaknya tidak berarti apa-apa bagi Scarlet Witch. Dalam seri WandaVision, Scarlet Witch diperlihatkan belajar tentang ilmu sihir terlarang Darkhold, dan menurut Elizabeth Olsen sendiri karakternya akan memiliki kemampuan baru.

Banyak penonton yang mengharapkan Wanda akan menjadi penyebab terjadinya kekacauan di Doctor Strange 2. Dan jika kemudian skenarionya seperti itu, maka Marvel’s What If…? bisa menjadi awal mula dari itu semua. Scarlet Witch bisa menjadi aasan mengapa semua multiverse kacau. Dia juga yang kemudian membuat Guardians of the Multiverse terbentuk.