Episode 5 dari seri Loki menghadirkan lebih banyak lagi berbagai variant Loki yang ada di MCU. Salah satu yang menarik adalah Kid Loki. Saat Loki dihilangkan oleh Ravonna Renslayer, ternyata dia tidak mati. Dia dikirim ke sebuah timeline di mana semuanya berhenti. Tempat tersebut bernama Void. Disaat Loki berpikir dia sudah tewas, namun dia kemudian bertemu dengan variant Loki lainnya.

Kita diperkenalkan dengan Boastful Loki, Classic Loki, Alligator Loki, President Loki, dan yang terakhir adalah Kid Loki. Meskipun Kid Loki adalah yang paling muda diantara yang lain, namun dia merupakan pemimpin dari para variant Loki tersebut. Kid Loki sendiri memutuskan untuk tetap berada di Void ketika Loki versi asli dan Sylvie berusaha pergi dari Void. Apa sebenarnya kelebihan dari Kid Loki?

Kekuatan Kid Loki Versi Komik

Dalam cerita komiknya, Kid Loki memiliki beberapa kemampuan dahsyat karena dia merupakan reinkarnasi dari Loki setelah kematiannya. Lahir di Midgard alias bumi, sosoknya tidak memiliki ingatan apa pun tentang masa lalunya. Rindu dengan saudaranya dan ingin membawanya kembali ke Asgard, Thor menemukan sosok Loki dalam bentuk anak kecil bernama Serrure. Sehari-hari, Serrure bekerja dengan menipu orang-orang dengan trik yang dia mainkan.

Pada akhirnya, Thor berhasil mengembalikan ingatan dari Kid Loki dan juga identitas aslinya. Kid Loki mampu merubah orang manjadi binatang, membuat binatang mau menuruti kemauannya, dan semua kemampuan yang Loki sempat miliki – hanya saja efeknya sedikit lebih lemah. Fakta yang menarik adalah Kid Loki mampu meminjam kekuatan orang lain, seperti saat dia bergabung dengan Young Avengers, dia meminjam kekuatan Wiccan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Bagaimana Kid Loki Membunuh Thor?

Ketika para variant Loki lain berbagai cerita mengenai Nexus event yang mereka alami sehingga ditangkap oleh TVA, Kid Loki mengakui bahwa Nexus event miliknya adalah dia membunuh saudaranya, Thor. Di komik “Fear Itself,” Kid Loki membuat sebuah keputusan untuk menyelamatkan Asgard yang membuat Thor harus tewas di tangan Cul Borson alias Serpent.

Yang membedakan antara Loki dan Kid Loki adalah Kid Loki selalu membawa rasa bersalahnya atas apa yang pernah dia lakukan di masa lalu, dan dia berusaha untuk menjadi sosok yang jauh lebih baik. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh Loki versi utama. Kid Loki sering kali mimpi buruk tentang kematian Thor. Ada kemungkinan bahwa Kid Loki di Disney Plus membunuh Thor dengan tangannya sendiri, yang kemudian membuat sebuah Nexus event.

Pedang Api Milik Kid Loki

Selain sosoknya yang menarik, Kid Loki juga ternyata memiliki hal yang menarik. Dia memiliki sebuah pedang pendek yang mampu memunculkan api, yang selalu siap kapan pun dia butuhkan. Di akhir episode 5, Kid Loki memberikan pedang miliknya tersebut kepada Loki, menyatakan bahwa dia pasti akan membutuhkannya. Pedang tersebut diadaptasi dari cerita komiknya dan juga cerita mitologi aslinya.

Pedang tersebut bernama Laevateinn, pedang warisan Loki. Dalam mitologinya, pedang ini adalah pedang yang diciptakan oleh Loki untuk membunuh Vioofnir, seekor ayam jantan yang hidup di puncak Yggdrasil. Dalam versi komiknya, Loki sering kali menggunakan Laevateinn dalam beberapa kesempatan. Laevateinn sendiri memiliki banyak arti, contohnya adalah “ranting yang rusak.”

Bagaimana MCU Merubah kekuatan Kid Loki

Sejauh ini, Kid Loki belum memperlihatkan kemampuan penuhnya di seri Loki. Kid Loki hanya menggunakan Laevateinn beberapa kali, dan dia juga sepertinya memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan Alligator Loki. Untuk saat ini, sepertinya masing-masing variant Loki memiliki kekuatan yang sama dengan variant Loki lainnya. Yang mereka perlukan hanya tinggal mempelajarinya saja.

Contoh nyatanya adalah ketika Loki melakukan sihir atau enchant terhadap Alioth, bersama-sama dengan Sylvie. Dengan asumsi terebut, maka Kid Loki pun artinya bisa melakukan hal yang sama. Kita juga masih belum tahu apakah Kid Loki memiliki kemampuan bertarung, mengingat dia hanya melemparkan Alligator Loki, saat President Loki muncul dan menyerang markasnnya. Masih belum diketahui bagaimana nasib dari Kid Loki selanjutnya. Namun, tentu ada peluang besar dia bisa kembali di episode terakhir atau di proyek film yang akan datang.