Di sepanjang seri Loki yang tayang di Disney Plus, kita sudah diperkenalkan dengan berbagai versi alternatif dari sang God of Mischief. Di awal serinya, agen TVA, Mobius M. Mobius, mengungkapkan bahwa TVA sudah banyak melakukan ‘prune’ atau menghilangkan berbagai versi Loki dibandingkan makhluk lainnya. Hal ini dibuktikan dengan munculnya varian Loki dalam bentuk hologram seperti Hulk Loki, Trickster Loki, dan Viking Loki.

Dalam beberapa episode awal serinya, selain variant Loki di atas, kita juga mengenal sosok Sylvie, satu-satunya variant Loki yang merupakan wanita. Namun, di episode 5 kemarin yang berjudul “Journey Into Mystery,” kita melihat berbagai versi lainnya dari Loki. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah pembahasannya.

Loki L1130

Loki yang berasal dari timeline utama disebut sebagai Loki L1130 oleh TVA. Diperankan oleh Tom Hiddleston, ini adalah versi karakter yang memulai berbagai peristiwa di serinya. Loki yang berasal dari tahun 2012 ini diperlihatkan kabur sambil membawa Tesseract dalam film Avengers: Endgame. Setibanya dia di gurun Gobi, Hunter B-20 dan para Minute Men kemudian langsung menangkapnya, karena dia sudah menyebabkan Nexus Event.

Loki' web series episode 1 review: A glorious purpose, indeed | Deccan HeraldMeskipun Loki versi ini belum mengetahui apa pun tentang apa yang terjadi di masa depan yang berkaitan dengan kisahnya, namun berkat Mobius dia akhirnya tahu apa yang terjadi dengan semua kehidupannya yang tragis – termasuk bagaimana kemudian dia tewas di tangan Thanos.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sylvie

Pada awalnya, sempat ada kebingungan di kalangan fans mengenai karakter yang diperankan oleh Sophia Di Martino ini. Mengingat dia adalah wanita, banyak asumsi bahwa dia akan berperan sebagai Lady Loki. Terdapat juga spekulasi yang menyebutkan bahwa dia akan berperan sebagai Enchantress, berdasarkan nama depannya dan bagaimana dia selalu mengendalikan orang lain.

Kenali Sosok Sylvie di Episode Ketiga Loki! | GreensceneNamun, kemudian dijelaskan bahwa Sylvie justru adalah sosok alternatif Loki yang berusaha untuk menghancurkan TVA. Masih belum diketahui apa Nexus event yang membuat Sylvie dikejar oleh TVA, namun dalam salah satu flashback, dia diperlihatkan ditangkap ketika usianya masih kecil saat berada di Asgard. Ketika ditanya, Ravonna Renslayer, yang saat itu masih menjadi Hunter yang ditugaskan menangkap Sylvie, mengklaim bahwa dia pun tidak mengetahui apa kesalahan dari Sylvie.

Classic Loki

Seperti halnya seri WandaVision sempat menghadirkan referensi karakter Wanda dan juga Vision dalam versi klasik, di salah satu episodenya di mana mereka berdandan menggunakan kostum untuk pesta Halloween. Seri Loki pun sekarang melakukan hal yang sama, dengan menghadirkan aktor Richard E. Grant sebagai Old Loki/Classic Loki. Berdasarkan penuturannya di episode ini, dia ditangkap setelah berusaha kabur dari planet tempat dia bersembunyi.

Loki Star Richard E. Grant Shares New Behind-the-Scenes Look at Classic Loki CostumeClassic Loki memutuskan bersembunyi di planet terisolasi setelah berhasil kabur dari serangan Thanos. Loki versi ini menciptakan sebuah proyeksi dirinya yang sangat nyata, yang bahkan membuat Thanos percaya bahwa itu adalah dia. Setelah selamat, Classic Loki pun pergi dan bersembunyi dari semuanya. Setelah sekian lama, Loki rindu akan semuanya. Dan saat berusaha pergi dari planet tempat dia bersembunyi dia justru ditangkap TVA.

Kid Loki

Las variantes de Loki explicadas!Aktor Jack Veal merupakan pemeran dari Kid Loki, yang ternyata merupakan penguasa di sebuah realita bernama Void. Tidak banyak diketahui mengenai variant Loki ini, karena dia sendiri tidak menceritakan tentang hidupnya. Yang pasti, meskipun usianya masih sangat muda, para variant Loki lainnya begitu menghormatinya. Yang membuatnya juga luar biasa adalah dia berhasil membunuh Thor, meskipun tidak ada penjelasan secara spesifik mengenai peristiwa itu. Namun, itulah yang kemudian menjadi penyebab Kid Loki menjadi buruan TVA dan dihilangkan dari timeline.

Alligator Loki

Loki': The Glorious Debut of Alligator Loki | MarvelAlligator Loki merupakan variant yang bisa dibilang sangat menarik. Dia merupakan satu-satunya variant Loki yang bukan manusia, melainkan reptil. Meskipun tidak berbicara, dia berkomunikasi dengan menggunakan berbagai macam suara. Menurut Boastful Loki, Nexus Event dari Alligator Loki adalah karena dia salah memakan kucing tetangga. Karena Alligator Loki berbeda dengan yang lain, sulit untuk menebak bagaimana dia di kehidupan sebelumnya. Karena dia juga tidak berbicara, tidak ada konfirmasi resmi bahwa dia memang variant Loki.

Boastful Loki

Masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai salah satu variant dari Loki ini. Kemungkinan besar ini merupakan salah satu karakter orisinal yang dihadirkan di serinya. Karakter yang diperankan oleh Deobia Oparei ini memiliki semacam palu Mjolnir buatannya sendiri yang dibuat dari gabungan kunci inggris dan potongan rel kereta atau tiang besi.

These were the Nexus events of the new Loki variants | BullfragBerdasarkan penuturannya, Nexus event yang membuatnya ditangkap TVA adalah karena dia berhasil mengalahkan Captain America dan Iron Man dalam sebuah pertarungan yang tidak diketahui. Setelahnya, dia kemudian mendapatkan hadian keenam Infinity Stones. Namun, kemudian dia mengakui bahwa semuanya palsu. Menjelang akhir epiosde, dia kemudian mengkhianati kelompoknya sehingga dia bisa mengambil tahta yang dijanjikan.

President Loki

President Loki Meet-and-Greet Coming to Avengers Campus at Disney California Adventure - WDW News TodaySosok yang muncul dalam marketing serinya adalah President Loki, yang terinspirasi dari miniseri Vote Loki yang dirilis pada 2016 kemarin. Variant ini juga diperankan oleh Tom Hiddleston. Sayangnya, kita masih belum mengetahui bagaimana Nexus Event dari President Loki. namun, seperti diungkapkan di episodenya, dia sempat menjalin sebuah perjanjian dengan Boastful Loki untuk menghancurkan Kid Loki dan mengambil alih tahtanya. Namun, justru Boastful Loki harus dikhianati oleh President loki. Pertarungan diantara mereka berdua pun tidak terelakan.