Luke skywalker merupakan pemiliki dari total tiga pedang lightsaber di sepanjang cerita canon Star Wars. Karakter yang diperankan oleh Mark Hamill selama empat dekade tersebut merupakan salah satu karakter yang paling populer di sepanjang franchisenya. Setelah menjadi bintang di trilogi awal Star Wars, Luke kembali di Star Wars: The Last Jedi (sebelumnya dia juga menjadi cameo di The Force Awakens).

Sebagai salah satu karakter pertama yang menggunakan sebuah lightsaber, senjata tersebut kini erat kaitannya dengan sosok Luke. Lightsaber sendiri, seperti yang kita ketahui, merupakan senjata yang biasanya digunakan oleh mereka yang Force-sensitive, seperti para Jedi atau Sith. Dengan terbuat dari kyber crystal, lightsabe merupakan senjata yang mampu memotong hampir apa pun. Warna lightsaber juga beragam, tergantung kristal yang digunakan. Namun, sering kali merah dikaitkan dengan dark side. Berikut adalah lightsaber yang pernah digunakan oleh Luke Skywalker.

Blue Lightsaber

Blue Lightsaber sering kali juga disebut sebagai Skywalker lightsaber. Ini merupakan salah satu senjata yang paling ikonik di franchise Star Wars. Pertama kali muncul pada 1977 di film yang meluncurkan franchisenya, lightsaber ini sebenanrya pada awalnya digunakan oleh ayah dari Luke, Anakin Skywalker. Setelah Anakin berubah menjadi Darth Vader, Obi-Wan Kenobi pun pun kemudian bertarung dengan mantan Padawannya tersebut dan kemudian mengambil lightsaber tersebut.

Original Star Wars lightsaber pulled from auction after fans doubt authenticityLuke menggunakan lightsaber ini saat dia masih berlatih menjadi Jedi. Sayangnya, Luke harus kehilangan lightsaber tersebut ketika Vader memotong tangannya di The Empire Strikes Back. Blue lightsaber kemudian kembali di trilogi sekuel Star Wars ketika Rey menjadi pemiliknya. Setelah diperbaiki, Rey kemudian membiarkan Ben Solo menggunakannya setelah pertaubatannya, namun kemudian harus terkubur di Tatooine.

Yellow Lightsaber

Meskipun lightsaber ini tidak pernah muncul di film Star Wars mana pun, Luke menggunakan Yellow lightsaber setelah dia kehilangan lightsaber miliknya di Cloud City. Dalam Star Wars #6, Luke bersama Leia Organa dan juga Lando Calrissian pergi kembali ke Cloud City. Meskipun Luke pada akhirnya tidak berhasil mendapatkan kembali lightsabernya tersebut, dia mendapatkan bantuan dari seorang wanita bernama Verla, yang kemudian memandunya untuk pergi ke Outer Rim.

Luke Skywalker gets a new yellow lightsaber this May | SpaceDalam perjalannya, dia tiba di sebuah pos penjagaan lama dari era High Republic di mana dia mendapatkan sebuah senjata yang dahulu pernah digunakan oleh penjaga Jedi Temple. Masih belum diketahui apakah lightsaber kuning ini menjadi bagian dari canon cerita Star Wars.

Green Lightsaber

Ketika luke kehilangan lightsaber pertamanya saat berduel dengan Darth Vader, dia kemudian membuat kembali yang baru dengan warna hijau. Terdapat beberapa detail dari lightsaber tersebut yang mirip dengan lightsaber milik Obi-Wan di canon Star Wars. Senjatanya sendiri pertama kali diperlihatkan dalam film Return of the Jedi, dalam misi penyelamatan Han Solo di Tatooine.

Last Jedi' Theory: Revenge of Luke Skywalker's Green LightsaberKetika pihak Empire hancur dalam Battle of Endor, Luke diketahui menggunakan lightsaber berwarna hijau saat berusaha membangkitkan kembali Jedi Order. Luke juga membawanya ketika dia dalam pengasingan di Ach-To. Ketika Luke menyatu dengan the Force, lightsaber tetap berada di planet di mana lightsaber ini berada di tangan Caretakers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.