Berbicara mengenai perkembangan kekuatan Luffy memang menjadi sesuatu yang menarik dan tidak akan ada habisnya. Wajar saja memang, karena Luffy adalah karakter protagonis utama dalam seri One Piece dan dia dipersiapkan untuk menjadi seorang raja bajak laut. Tentunya Luffy harus memiliki kekuatan yang cukup untuk bisa berada dalam posisi tersebut.

Sudah ada banyak sekali spekulasi yang bermunculan di kalangan fans One Piece berkaitan dengan awakening atau kebangkitan dari buah iblis Gomu Gomu no Mi milik Luffy. Selain itu, fakta bahwa buah iblis dijaga ketat oleh Pemerintah dunia 12 tahun yang lalu juga membuat banyak spekulasi lainnya bermunculan. Yang pasti buah iblis Gomu Gomu bukanlah buah iblis yang sembarangan.

Oda sendiri sepertinya sudah memberikan petunjuk mengenai awakening dari Gomu Gomu ini. Pertama, kita tahu bahwa Luffy dan Blackbeard adalah dua karakter yang salin gbersebrangan di dalam ceritanya. Keduanya juga merupakan bagian dari klan D. dan memiliki beberapa poin kesamaan.

Blackbeard sendiri memiliki kemampuan buah iblis Yami Yami no Mi yang bisa menetralkan buah iblis. Sedangkan Luffy memiliki kemampuan buah iblis yang berkebalikan dengannya, yang mana artinya Luffy memiliki kesempatan untuk bisa menandingi buah iblis lain, termasuk Yami Yami no Mi. Kedua, seperti yang sudah diperlihatkan di ceritanya, pengguna buah iblis Paramecia yang sudah dibangkitkan mampu memengaruhi keadaan di sekitarnya.

Hal ini bisa dilihat dari apa yang sebelumnya dilakukan oleh Doflamingo terhadap Dressrosa, serta Katakuri yang juga mampu memengaruhi sekitarnya dengan buah iblis Mochi Mochi. Sebagai pengguna buah iblis Paramecia, Luffy juga tentu bisa melakukannya. Hanya saja ada keyakinan bahwa awakening Luffy akan berbeda dari kedua karakter tersebut. Awakening dari Gomu Gomu mungkin akan menyerap serangan yang diarahkan kepadanya. Hal tersebut bisa mencegah kehancuran dan munculnya korban jiwa.

Ketiga, kita tahu bahwa Kaido berencana menjatuhkan Onigashima di Flower Capital, yang mana selain menghancurkan wilayah tersebut akan ada banyak juga korban jiwa yang berjatuhan. Jika kemudian Luffy mampu membangkitkan kemampuan Gomu Gomu miliknya di saat terakhir, seperti yang disebutkan di atas, Luffy mungkin akan bisa menyerap kejutan atau kerusakan yang muncul dari jatuhnya Onigashima.

Inilah mungkin yang membuat Pemerintah Dunia kemudian sangat menginginkan Gomu Gomu no Mi, bahkan sampai-sampai buah iblisnya dijaga ketat. Pemerintah Dunia sadar bahwa ancaman besar dari bajak laut dan berbagai pihak lainnya bisa muncul kapan saja, dan salah satu cara untuk mencegah kerusakan yang terjadi adalah dengan cara meredamnya. Gomu Gomu no Mi adalah jawaban dari hal tersebut.

Saat ini buah iblisnya ada di tangan Luffy. Apakah Luffy memang akan mampu membangkitkan buah iblis miliknya dalam waktu dekat? Masih harus kita tunggu. Namun, dengan berbagai petunjuk yang ada mungkin saja awakening akan terjadi sebelum arc Wano selesai. Seperti halnya Haki Penguasa, Luffy mungkin pada awalnya tidak akan sadar bahwa dia memiliki kemampuan tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari Luffy dan Gomu Gomu no Mi di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.