Selain di industri layar lebar, franchise Star Wars juga dikenal memiliki sejarah panjang dalam industri permainan video. Franchisenya sendiri memulai debutnya di industri permainan video sejak awal tahun 1980an. Deretan game favorit seperti Star Wars Battlefront, Knights of the Old Republic, dan juga Rogue Suadron menjadi beberapa game terbaik dari franchisenya.

Sayangnya, harus diakui bahwa dalam beberapa tahun belakangan games dari franchise Star Wars mengarami penurunan signifikan baik dari segi kualitas dan juga kuantitas. Pada 2013, EA menjalin kerja sama dengan Disney dan mendapatkan hal eksklusif untuk mengembangkan berbagai game dari Star Wars. Dan pada kenyataanya, tidak semua rencana yang dipersiapkan bisa berjalan dengan mulus. Berikut adalah deretan games Star Wars yang harus dibatalkan.

Yuma (Visceral)

Setelah perilisan game Dead Space 3, Visceral kemudian langsung memulai proses pengembangkan sebuah proyek yang disebut Jamaica, yang merupakan sebuah permainan bajak laut bertema open-world. Pengembangan dari proyek tersebut harus berubah secara dramatis setelah Disney menutup LucasArts, dan EA kemudian membuat kerja sama jangka panjang  untuk hak cipta Star Wars.

Untuk mengambil keuntungan dari kontrak kerja sama baru tersebut, EA kemudian mengubah Jamaica menjadi Project Yuma, sebuah permainan Star Wars yang baru. Meskipun menjadi game Star Wars, inti tema dari gamenya sendiri tetap sama. Yuma sendiri bertema tentang bajak laut luar angkasa, dengan para pemain nantinya akan memainkan karakter Han Solo. Kurangnya waktu pengembangan dan juga hasrat dari pihak studio membuat proyek Yuma akhirnya dibatalkan.

Project Ragtag (Visceral Games)

Game Project Ragtag mungkin adalah proyek game Star Wars EA yang paling populer yang pernah dibatalkan. Game ini sendiri pada awalnya dikerjakan oleh Visceral Studios dan juga Amy Hennig, kreator seri Uncharted. Gamenya sendiri sama dengan game Star Wars 1212, di mana para pemain akan masuk ke dunia kriminal bawah tanah di universe Star Wars.

Game ini akan menggunakan gaya third-person action dengan map yang luas, yang mana sangat mirip dengan game Uncharted.  Dalam salah satu konsep yang diperlihatkan oleh Zach Mumbach dari Visceral Games, pemain akan kabur dari sebuah AT-ST. Game ini direncanakan akan menggunakan Frostbite Engine. Setting waktunya sendiri diantara peristiwa di A New Hope dan The Empire Strikes Back. Game ini memang terdengar sangat ambisius, yang berujung pada hancur dan gagalnya proyek game ini. Menurut penelusuran yang ada beberapa alasan yang membuat game ini tidak jadi dibuat adalah tema yang terlalu besar, ongkos produksi yang mahal, dan sangat beresiko untuk publisher seperti EA.

Project Orca (EA Vancouver)

Project Orca merupakan game Star Wars ketiga yang dibatalkan, dan ironisnya adalah game ini pada awalnya merupakan kelanjutan dari proyek game yang dibatalkan sebelumnya yaitu Project Ragtag. EA Vancouver membantu Visceral studios untuk memproduksi gamenya, dan setelah kemudian Visceral ditutup maka EA Vancouver yang mengambil alih proyeknya dan membawanya menjadi sesuatu yang baru.

Dalam gamenya, para pemain akan mengeksplor berbagai planet yang ada. Beberapa tema seperti open-world juga masih dihadirkan di gamenya. Setelah pengumuman tentang pembuatan proyek gamenya, tidak pernah ada berita perkembangan apa pun dari game ini. Sampai kemudian pada 2019 kemarin, muncul kabar bahwa Project Orca akhirnya dibatalkan. Belum diketahui apa alasan pasti pembatalannya, namun sepertinya EA sengaja memindahkan proyek gamenya ke studio lain. Sangat kecil kemungkinannya game ini akan dilanjutkan dan selesai.

Project Viking (Battlefront Spin-Off)

Game Star Wars lainnya yang dibatalkan adalah Project Viking, sebuah game spin-off dari seri game populer Battlefront. EA sendiri mengabarkan bahwa mereka sempat mengembangkan proyek gamenya untuk jangka waktu tertentu. Meskipun tidak banyak informasi detail yang bisa diketahui tentang Viking, kabarnya semua berawal dari dibatalkannya Project Orca. Akhirnya merembet ke berbagai proyek lainnya. Sampai sejauh ini, Project Viking adalah game Star Wars yang diketahui mengalami pembatalan. Namun, bukan mustahil juga akan ada proyek lainnya yang dibatalkan dalam beberapa waktu kedepan. Hak eksklusif Star Wars yang dimiliki EA sendiri akan berakhir pada 2023 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.