Kemunculan sosok “Sun God” adalah salah satu trik kalahkan Jinbe? Apakah semua cerita Who’s Who adalah fakta atau justru sebuah kebohongan? Pertarungan Jinbe dan Who’s Who masih berlanjut di chapter ini. Namun, kembali para pembaca mendapatkan fakta baru yang luar biasa dari sosok Who’s Who. Di tengah-tengah pertarungan, Who’s Who sempat bertanya tentang sosok legendaris yang pernah dia dengar di penjara.

Salah satu penjaga mengatakan kepada Who’s Who untuk berharap sosok legendaris “Sun God” Nika akan menolongnya. Menurut ceritanya, Nika merupakan sosok legendaris yang sering menolong para budak. Who’s Who sendiri mengatakan bahwa dia percaya akan cerita tersebut, meskipun hal tersebut adalah karena rasa frustasinya. Ketika penjaga yang menceritakan kisah tersebut keesokan harinya menghilang, Who’s Who panik dan takut akan nyawanya menghilang.

Ini pula yang kemudian membuatnya kabur dari penjara. Saat ini kita memang masih belum mengetahui siapa sebenarnya sosok Nika tersebut. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa sosok Nika yang dimaksud adalah Fisher Tiger. Ada juga yang beranggapan bahwa sosok yang dimaksud adalah Joy Boy. Dan ada juga yang mengatakan bahwa Nika adalah Luffy.

Meskipun semua spekulasi tersebut menarik, bagaimana jika semua ceruta yang diucapkan oleh Who’s Who tersebut adalah palsu? Seperti dijelaskan di chapter 1017, bahwa menurut Who’s Who ini semua adalah pertempuran total (total war). Artinya tidak peduli jika dia harus menggunakan cara licik untuk menang, seperti yang terjadi sekarang di mana Who’s Who bersama Gifters dan kru bajak lautnya bertarung melawan Jinbe sendiri.

Logikanya pertarungan tersebut tidaklah adil. Namun, Jinbe sampai sejauh ini masih mampu bertahan. Melihat hal ini, Who’s Who kemudian memutuskan bahwa dia harus menggunakan teknik lainnya seperti manipulasi psikologis. Who’s Who mencoba bercerita panjang lebar tentang masa lalunya – yang mungkin juga bohong – dengan harapan bahwa Jinbe akan bersimpati kepadanya.

Setelah bercerita tentang sosok Shanks, Luffy, dan buah Gomu Gomu, dia kemudian mencoba menarik simpati Jinbe dengan cerita yang lain yang tidak lain adalah cerita tentang Nika. Setelah Jinbe termakan oleh perangkap tersebut, Who’s Who kemudian akan menyerangnya dan kemudian Jinbe pun kalah – atau mungkin saja dia tewas dibunuh.

Seperti yang diucapkan oleh CP-0, bahwa peluang Who’s Who menang dari Jinbe sangat tipis. Dan ini juga mungkin disadari oleh Who’s Who yang mana kemudian dia menggunakan cara lain agar bisa mengalahkan Jinbe. Sayangnya, sepertinya teknik yang digunakan oleh Who’s Who tersebut gagal meraih simpati Jinbe. Sang mantan Shichibukai justru marah setelah mendengar cerita tentang Nika versi Who’s Who.

Hal ini memberikan bukti bahwa Jinbe sepertinya sudah termakan jebakan atau perangkap dari Who’s Who. Dia berhasil menyerang psikologis dari Jinbe. Yang menjadi pertanyaan adalah apa langkah selanjutnya? Who’s Who bisa terus bermain dengan psikologis Jinbe yang mulai tidak stabil. Dan ketika waktunya tepat, Who’s Who bisa memanfaatkannya untuk menyerang.

Yang perlu Who’s Who lakukan adalah terus memberikan informasi palsu atau informasi yang tidak benar mengenai cerita tentang Nika. Who’s Who memang harus merelakan dirinya terkena serangan terus menerus, sampai kemudian dia kehilangan kendali. Di situlah kemudian Who’s Who bisa menyerang Jinbe dan membalikan keadaan. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah semua cerita tersebut memang fakta atu justru hanya sebuah akal-akalan dari Who’s Who?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.