Para superhero sudah melakukan segala upaya yang mereka miliki untuk mencegah berbagai kejahatan yang ada. Namun, tentu mereka tidak bisa ada setiap saat. Sesuatu yang buruk masih akan tetap terjadi. Hal itu adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi para superhero di dunia komik, dan hal ini juga berlaku kepada para karakter di Marvel Comics.

Meskipun mereka memiliki kekuatan dan memiliki kemampuan untuk menghentikan berbagai kejahatan, pada kenyataanya mereka tidak bisa menghentikan setiap peristiwa buruk dan mengerikan yang terjadi. Terkadang mereka pun harus menerima fakta yang menyakitkan dari hal itu. Berikut adalah berbagai momen paling memilukan di Marvel Universe.

Kematian Goliath

Ada banyak hal terjadi dan dilakukan oleh pihak Iron Man dalam cerita Civil War. Namun, yang paling parah mungkin adalah kematian Bill Foster alias Goliath. Iron Man mengembangkan sebuah kloning robot dari Thor dan kloning tersebut berhasil membunuh Goliath. Kloning tersebut mengeluarkan petir yang langsung menembus bagian dadanya.

Tony Stark sendiri berhasil mendapatkan DNA dari Thor setelah dia mengambil beberapa rambutnya, pasca pertemuan pertama Avengers. Hal itu sengaja dia lakukan sebagai bentuk langkah pencegahan. Tony menggunakan kloning Thor beberapa kali, termasuk dalam pertarungan puncak. Apa yang dilakukan oleh Tony ini dianggap sebagai sebuah hal yang buruk dengan membunuh salah satu temannya.

Momen Decimation Thanos

Infinity Gauntlet merupakan salah satu peristiwa bersejarah dari Marvel Comics. Pasalnya, dalam ceritanya kita melihat bagaimana seorang villain bisa melakukan sesuatu hal yang sangat gila. Thanos merupakan sosok villain yang memiliki kekuatan Infinity Stones di Infinity Gauntlet miliknya. Dia pun kemudian melakukan Decimation atau pembantaian, yang mana setengah dari penduduk alam raya Marvel menghilang.

Yang menjadi ironisnya adalah apa yang dilakukan oleh Thanos tersebut semata-mata untuk membuat sosok yang dia sukai merasa senang. Sosok tersebut adalah Mistress Death. Namun, Death sendiri tidak terkesan dengan apa yang yang Thanos lakukan tersebut. Beruntung Infinity Gauntlet berhasil direbut kembali dan orang-orang yang menghilang pun bisa kembali.

Scarlet Witch Membunuh Rekannya

Seri komik Avengers Disassambled mewakili masa yang paling buruk dari Avengers. Scarlet Witch (yang mengalami kehancuran mental setelah dia mengetahui bahwa para Avengers lain sudah menghilangkan sebagian ingatannya) menggunakan kekuatannya untuk memanipulasi realitas. Dan dengan kekuatannya itu pula Scarlet Witch menyerang rekan-rekannya di Avengers. Vision, Ant-Man, dan Hawkeye harus kehilangan nyawa mereka dalam peristiwa ini. Avengers Mansion juga hancur dalam momen penyerangan tersebut.

Menghilangkan Kekuatan Para Mutan

Scarlet Witch memang sudah banyak melakukan berbagai hal mengerikan. Selain membunuh rekannya di Avengers, dia juga menyerang ras para mutan karena dia merasa marah terhadap sang ayah, Magneto, yang sangat jahat kepadanya dan dia juga berusaha memanfaatkan Scarlet Witch untuk kepentingannya. Karena Wanda kehilangan kendali, hal itu menghilangkan dinamika dari Marvel Universe. Para ras mutan pun harus menderita. Yang paling parah tentunya ketika Scarlet Witch menghilangkan kemampuan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan nyawanya, karena sangat bergantung terhadap kekuatan mutan tersebut.

Captain America Mengambil Alih Amerika

Captain America sering kali dianggap sebagai contoh dari kebebasan, namun kemudian hal itu berubah ketika sebuah Cosmic Cube digunakan untuk membuat dia kembali muda. Hal ini terjadi setelah serum tentara super miliknya diambil. Dalam momen tersebut, Steve Rogers digambarkan sebagai salah satu agen dari Hydra. Dia membuat rencana agar Hydra bisa berkuasa di Amerika dan dunia.

Banyak dari penduduk Amerika dipenjara dan dieksekusi oleh Hydra dan Captain America sendiri mulai memburu mantan rekan-rekannya. Momen yang terjadi di seri Secret Empire ini benar-benar menjadi salah satu momen kontroversial dan memilukan dari Captain America di sepanjang sejarahnya. Para fans tidak rela jika Steve menjadi bagian dari Hydra.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.