Mengapa Mr. Nobody dengan sengaja memalsukan kematian Han Lue seperti dijabarkan di F9? Sosok Han diperlihatkan “tewas” di akhir film The Fast and The Furious: Tokyo Drift. Namun, pasca momen tersebut para fans menginginkan keadilan bagi karakter Han karena mereka merasa sosok Han masih belum jelas nasibnya. Dan setelah sekian lama, pada akhirnya franchisenya mewujudkan keinginan tersebut.

Di film F9, Han diperlihatkan kembali bergabung dengan Dom dan yang lain. Ternyata Han selama ini belum tewas. Dia masih hidup, namun harus bersembunyi dan memalsukan kematiannya demi sebuah misi yang diberikan oleh Mr. Nobody untuk menjaga nyawa seseorang. Sebelum memalsukan kematiannya, Han sempat direkrut oleh tim rahasia Mr. Nobody, yang mana kemudian membuat dia bergabung dengan tim Dom untuk mengambil sebuah alat yang disebut Project Aries.

Pada saat itu, Mr. Nobody tahu bahwa Jabob Toretto berubah menjadi penjahat dan sedang mengejar Elle, anak dari pencipta Project Aries. Dan DNA-nya merupakan kunci untuk bisa menggunakan alat tersebut. Untuk bisa melindungi Elle dari Jakob dan memastikan alatnya tidak bisa diakses orang lain, Mr. Nobody akhirnya mencoba untuk merekrut Han. Dan agar bisa misinya tetap menjadi rahasia, akhirnya Han pun harus memalsukan kematiannya.

Dengan menggunakan teknologi canggih serta beberapa trik, Mr. Nobody membuat Han seolah-olah terjebak di dalam mobil dan kemudian tewas terbakar. Namun, sebenarnya Han masih hidup. Itu adalah hologram dari Han. Apa yang dilakukan oleh franchisenya ini sebenarnya membuat keterlibatan Shaw menjadi semakin rumit. Han dan Mr. Nobody berhasil menipu semua orang dengan memalsukan kematian Han.

Dan sebenarnya ada sebuah kejanggalan yang muncul, di mana tidak ada satu pun yang mencoba untuk mengecek laporan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu. Meskipun begitu, kembalinya Han dengan para kru yang lain terasa sangat terbayarkan dengan absennya Han selama ini. Meskipun mungkin dirasa sangat cheesy, memalsukan kematiannya mungkin menjadi satu-satunya jalan agar hidupnya bisa tenang.

Jika kemudian Shaw dan Jakob percaya Han sudah tewas, tidak ada lasan bagi mereka untuk mencarinya atau mencari sosok Elle. Selain itu, dengan Mr. Nobody memalsukan kematian Han, dia seolah mempersiapkan jalan bagi Han untuk membalas dendam terhadap Deckard Shaw, seperti yang diperlihatkan di post-credit scene F9. Sekarang, Han tidak perlu lagi bersembunyi dan Project Aries sendiri sudah dihancurkan. Han bisa mulai balas dendam terhadap Shaw, yang sudah mencoba membunuhnya. Masih harus kita tunggi apa yang akan terjadi selanjutnya. Namun, dengan kembalinya Han, franchisenya memiliki banyak cerita potensial yang bisa dihadirkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.