Sejak episode perdana dari seri Loki, sosok Mobius sudah berhasil mencuri perhatian. Mobius sendiri adalah salah satu karakter utama di serinya. Dia adalah salah satu agen sekaligus investigator dari Time Variant Authority. Mobius adalah agent TVA yang menyelidik kasus variant Loki. Sampai kemudian dia bertemu dengan sosok Loki yang asli.

Hubungan diantara mereka berdua bisa dibilang seperti sahabat – sekaligus musu. Mobius mencoba menolong Loki untuk tidak dieksekusi mati. Sebagai gantinya, Loki menolong Mobius untuk memecahkan kasus variant Loki ini. Sayangnya, kejutan besar muncul di episode 4 kemarin di mana dia harus “dibunuh” oleh Ravonna Renslayer. Namun, yang menjadi pertanyaanya kemudian apakah Mobius memang benar-benar tewas?

Apa Yang Terjadi Kepada Mobius?

Setelah apa yang terjadi di episode sebelumnya, di mana Loki dan Sylvie berhasil kabur dan terjebak di Lamentis-1, momen romantis yang terjadi diantara mereka justru memunculkan nexus event yang akhirnya membuat Mobius dan TVA berhasil menemukan keberadaan mereka. Sylvie dan Loki kemudian dinterogasi di dua ruangan terpisah. Mobius sempat menyatakan kekecewaannya setelah apa yang terjadi.

Loki sempat dikurung di sebuah Time Cell atau sel waktu, yang mana Loki akan terus mengalami kejadian buruk selama berkali-kali. Pada saat interogasi, Loki sempat menjelaskan semua. Termasuk apa yang sebenarnya terjadi. Loki mencoba menjelaskan kepada Mobius bahwa TVA adalah penjahat sebenarnya. Mereka sengaja menculik para variant, untuk kemudian dicuci otak dan bekerja untuk mereka.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Mobius Actor Owen Wilson Reacts to Episode 4 Shocker - News ConcernsLoki bahkan menyebutkan kepada Mobius bahwa dia juga sebenarnya adalah variant. Mobius sendiri sebenarnya meragukan apa yang diucapkan Loki. Sampai kemudian dia berbicang dengan Ravonna. Mobius mencoba menggali lebih dalam tentang TVA, alasan mengapa dia tidak boleh menginterogasi Sylvie, dan lainnya. Ravonna tidak pernah memberikan jawaban pasti. Dia selalu menghindar.

Inilah yang kemudian membuat Mobius berpikir bahwa ucapan Loki mungkin ada benarnya. Mobius kemudian menukar alat miliknya dan Ravonna, di mana Mobius kemudian menemukan fakta tentang salah satu Minute Men. inilah yang kemudian membuat Mobius kemudian menyelamatkan Loki dari Time Cell, yang ternyata diketahui oleh Ravonna. Setelah sempat ada perdebatan singkat, Mobius pun akhirnya menghilang.

Mobius Sudah Tewas?

Pada awalnya, pasti semua berpikir bahwa Mobius sudah tewas mengingat dari episode awal sampai pada momen itu setiap orang yang terkena ‘prune’ dinyatakan tewas. Juga yang mengejutkan adalah ketika Sylvie dan Loki bertarung melawan Ravonna, Loki harus mengalami nasib yang sama dengan Mobius di mana Ravonna. Momen itu berhasil membuat Sylvie marah, namun dia berhasil menahan dirinya untuk tidak membunuh Ravonna.

Loki Mobius PruneNamun, yang menarik adalah di mid-credit scene diperlihatkan ternyata Loki masih belum tewas. Dia dalam kondisi baik-baik saja. Meskipun begitu, Loki sepertinya sedang berada di universe lain atau mungkin timeline yang lain. Semuanya terlihat seperti post-apocalyptic, di mana kita bisa melihat Avengers Tower hancur. Satu hal yang menarik perhatian adalah ternyata Loki tidak sendirian di sana. Ada banyak variant Loki lainnya seperti Kid Loki, Classic Loki, Alligator Loki, dan Boastful Loki.

Di Mana Mobius?

Jika berkaca pada apa yang terjadi kepada Loki, maka bisa diasumsikan bahwa Mobius dalam keadaan selamat dan berada di universe atau timeline lainnya, bersama variantnya yang lain. ini juga berlaku kepada semua orang yang sudah terkena ‘prune.’ Artinya bisa jadi ‘prune bukanlah membunuh seseorang, melainkan memindahkan seseorang ke sebuah timeline atau universe tertentu.

Loki Episode 4 Asks 6 Big Questions About Variants And The Time-KeepersAda sebagian fans yang berspekulasi bahwa mungkin Mobius berada di dunia ketika Loki berhasil menguasai New York dan menghancurkan Avengers. Ada juga yang berspekulasi bahwa Mobius berada di Limbo – sebuah dimensi tersembunyi yang berada di luar timeline. Di sisi lain, bisa jadi juga sebenarnya Mobius sudah benar-benar tewas setelah terkena prune.

Lalu, mengapa Loki selamat? Salah satu kemungkinan dan yang menjadi spekulasi di kalangan fans adalah Loki ditolong oleh variant Loki lainnya yang diperlihatkan di episode 4 kemarin. Ada juga yang mengatakan bahwa agen TVA yang melakukan prune terhadap Loki sebenarnya adalah Loki yang menyamar. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya di episode selanjutnya pada Rabu depan.