Episode terbaru dari seri Loki menghadirkan kejutan besar di akhir ceritanya, di mana Loki diperlihatkan “tewas” setelah pertarungannya melawan Ravonna Renslayer. Namun, yang tidak diduga adalah ketika Sylvie menyangka bahwa Loki sudah tewas ternyata sebaliknya. Loki belum tewas dan dia terbangun di sebuah timeline alternatif yang berisi varian Loki lainnya.

Episode 4 yang berjudul “The Nexus Event” memperlihatkan bagaimana Loki dan Sylvie akhirnya berhasil selamat dari planet Lamentis-1. Hal ini berkat “koneksi” yang terjadi diantara mereka sehingga Mobius kemudian bisa menyelamatkan mereka. Yang menarik adalah Mobius harus dimusnahkan setelah mengetahui fakta sebenarnya. Dan di akhir ceritanya, Loki bertemu dengan 4 variant lainnya. Siapa saja mereka?

Old Loki

Seri WandaVision sempat menghadirkan referensi karakter Wanda dan juga Vision versi klasik, dalam salah satu episodenya di mana mereka berdandan menggunakan kostum untuk pesta Halloween. Seri Loki pun sekarang melakukan hal yang sama, dengan menghadirkan aktor Richard E. Grant sebagai Old Loki. Meskipun secara kostum karakter Old Loki terlihat lebih konyol, dibandingkan dengan apa yang dikenakan Loki di timeline utama, sebenarnya itu merupakan kostum ikonik.

Menggunakan kostum yang didominasi warna hijau dan emas, serta tanduk yang ada di helmnya, Old Loki benar-benar menghadirkan kenangan bagi para fans Marvel Comics. Dalam komik Journey Into Mystery #85 Loki diceritakan terjebak di dalam sebuah pohon di mana dia dikurung di sana selama bertahun-tahun oleh para dewa. Loki bisa bebas jika ada yang merasa sedih atas kehilangannya.

Karena tidak pernah ada yang merasa kasihan atau kehilangan Loki, akhirnya dia pun melakukan cara curang. Loki membuat dedaunan jatuh di atas kepala Heimdall, yang mana salah satunya mengenai matanya. Dan akhirnya, secara teknis Loki pun terbebas karena air mata Heimdall yang jatuh. Loki pun berusaha untuk membalas dendam kepada sosok yang sudah mengurungnya: Thor. Menghadirkan sosok Old Loki tentunya menjadi referensi yang menarik dan pilihan yang tepat.

Kid Loki

Sudah tidak aneh tentunya di dunia komik seorang karakter terlahir kembali. Hal tersebut seolah sudah menjadi salah satu bagian inti dari karakternya. Loki termasuk salah satunya. Marvel Comics sudah sering kali menghadirkan berbagai versi Loki, termasuk Kid Loki. Lahir di Midgard alias bumi, sosoknya tidak memiliki ingatan apa pun tentang masa lalunya.

Rindu dengan saudaranya dan ingin membawanya kembali ke Asgard, Thor menemukan sosok Loki dalam bentuk anak kecil bernama Serrure. Sehari-hari, Serrure bekerja dengan menipu orang-orang dengan trik yang dia mainkan. Pada akhirnya, Thor berhasil mengembalikan ingatan dari Kid Loki dan juga identitas aslinya. Kid Loki sendiri mencoba untuk menjadi sosok yang baik dengan bertarung bersama Thor. Dan kemunculannya di episode 4 kemarin, bisa jadi diadaptasi dari cerita komiknya.

Boastful Loki/Hammer Loki

Masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai salah satu variant dari Loki ini. Kemungkinan besar ini merupakan salah satu karakter orisinal yang dihadirkan di serinya. Boastful Loki ini terlihat memegang semacam palu, yang jika kemudian itu merupakan Mjolnir dalam versi timeline tersebut, maka artinya variant Loki ini adalah penguasa wilayah Asgard, dan bukan Thor.

Mengingat sudah sangat sering Loki mencoba membunuh saudaranya, bisa diasumsikan bahwa Loki yang lain juga melakukan hal yang sama terhadap Thor di universe mereka masing-masing. Dan Boastful Loki mungkin adalah satu-satunya atau mungkin salah satu yang berhasil. Bisa juga Thor di universenya tewas dan mewariskan palu tersebut kepada Hammer Loki/Boastful Loki. Yang menarik adalah palu yang mirip Mjolnir tersebut tidak seperti palu. Palu “Mjolnir” ini dibuat dari gabungan kunci inggris dan potongan rel kereta atau tiang besi.

Crocodile Loki

Salah satu kemampuan Loki adalah berubah bentuk. Dia pernah menyamar menjadi Odin, sebelum kemudian Thor menyadarinya. Dia juga pernah menyamar menjadi Captain America. Sepertinya Loki versi MCU ini tidak hanya bisa berubah menjadi humanoid atau berbentuk manusia saja, melainkan juga hewan. Terdapat kisah bahwa Loki pernah berubah menjadi ular demi mengelabui Thor. Sehingga sosok Crocodile Loki ini mungkin adalah versi variant Loki yang terjebak di bentuk hewan. Yang menarik adalah ini juga kemungkinan adalah salah satu karakter orisinal dari serinya.