Fakta mengejutkan muncul di chapter terbaru seri One Piece, yang berkaitan dengan buah iblis Gomu Gomu. Ternyata buah iblis Gomu Gomu bukanlah buah iblis sembarangan. Dan mungkin itulah yang menjadi alasan Shanks kemudian mengambil buah iblis tersebut. Apakah Shanks memang sengaja mengincar buah iblis tersebut sedari awal? Atau justru Shanks keliru dengan buah iblis tersebut?

Tidak ada yang menyangka bahwa buah iblis yang dimiliki oleh Luffy saat ini ternyata memiliki nilai yang sangat besar bagi Pemerintah Dunia. Tidak ada hal yang terlihat istimewa dari buah iblis yang dimiliki oleh kelompok bajak laut Shanks tersebut. Semuanya sama saja seperti buah iblis pada umumnya. Sebelum kemudian dimakan oleh Luffy, Shanks sendiri mengatakan di chapter Romance Dawn bahwa buah iblis Gomu Gomu pada awalnya adalah sebuah harta karun, yang kemudian dia rebut dari musuh besar.

Kemudian di chapter 1017 kemarin, kita mendapatkan “konfirmasi” dari Oda Sensei terkait hal tersebut. Hal ini diketahui dari cerita Who’s Who yang mengatakan bahwa dia harus dipenjara, karena telah gagal menjaga buah iblis Gomu Gomu. Dan dia marah ketika mengetahui Luffy ternyata yang memakan atau memiliki kemampuan buah iblis tersebut.

One Piece Romance Dawn page 20 | Manga anime one piece, One piece manga, One piece chapterDengan dijaganya buah iblis Gomu Gomu oleh pihak CP9, artinya buah iblis Gomu Gomu bukanlah buah iblis sembarangan. Meskipun belum diketahui alasan pastinya, seperti dijelaskan di artikel sebelumnya, bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan Pemerintah Duni mengetahui potensi besar dari Gomu Gomu. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah mengapa Shanks mencuri atau mengincar buah iblis tersebut?

Hal tersebut memang masih menjadi tanda tanya besar. Namun, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah itu merupakan cara Shanks melawan Pemerintah Dunia. Shanks menyadari bahwa Pemerintah Dunia merupakan sebuah sistem dan kekuatan besar. Dia dan kelompoknya sendiri belum tentu bisa menghadapi mereka atau menghancurkan sistem yang ada.

Karena itulah dia membutuhkan “tenaga tambahan” yang tidak lain berasal dari buah iblis. Tentu Shanks dan kelompok rambut merah tidak akan sembarangan mengambil buah iblis Gomu Gomu. Mereka sebelumnya sudah mencari tahu atau melakukan riset tentang buah iblisnya, termasuk kemampuannya. Dan setelah mengumpulkan informasi barulah mereka memutuskan untuk mencari buah iblis tersebut.

Was Shanks expected to eat the Gomu Gomu no Mi? - Anime & Manga Stack ExchangeSalah satu dari kelompok mereka mungkin akan memakan buah iblisnya – dan peluang yang memakan buah iblis tersebut adalah Shanks. Setelahnya, mereka baru akan berlatih dan memperkuat penggunaan buah iblis tersebut sebelum kemudian mereka menggunakan kekuatan tersebut untuk menghancurkan Pemerintah Dunia. Mungkin hal ini ada kaitannya juga dengan teori lainnya, bahwa Shanks adalah penjaga perdamaian dunia.

Bisa jadi, Shanks kemudian harus merubah rencana besarnya setelah Gomu Gomu tidak lagi menjadi milik kelompoknya. Dan jalan untuk bisa melakukan hal tersebut adalah dengan melalui diplomasi, seperti yang dia lakukan selama ini. Yang mungkin tidak dia duga adalah jalan diplomasi tersebut justru menjadi jalan bagi Shanks mendapatkan keuntungan dan akses terhadap hal lainnya – seperti diterima dengan baik oleh Gorosei.

Meskipun pada awalnya Shanks kesal dan marah karena buah iblisnya dimakan Luffy, namun sekarang dia tenang bahwa sosok yang memakan buah iblis tersebut juga ternyata memiliki potensi besar seperti mantan kaptennya dahulu, Gol D. Roger. Dan mudah-mudahan saja Oda bisa menjelaskan lebih detail mengenai buah iblis Gomu Gomu ini pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.