Konflik yang muncul dan menjadi premis utama dalam film F9 adalah perselisihan antara adik dan kakak, Jakob serta Dominic Toretto. Kemunculan sosok Jakob benar-benar mengejutkan para fans dari franchise Fast & Furious, karena selama ini para fans mengetahui bahwa Dom hanya memiliki seorang adik perempuan yaitu Mia – yang kemudian menikah dengan Brian.

Namun, ternyata Dom memiliki seorang adik laki-laki yang selama ini dia sembunyikan yaitu Jakob. Hubungan Jakob dan Dom memang tidak terlalu akrab semenjak kematian sang ayah, Jack Toretto. F9 sendiri mengeksplor cerita perselisihan antara keluarga Toretto tersebut. Lalu, bagaimana semua perselisihan tersebut bisa terjadi? Semuanya berawal di akhir tahun 1980an.

Pada tahun tersebut, Jack dikenal sebagai seorang pembalap profesional. Dua dari anaknya – Jakob dan Dom – merupakan anggota dari tim balapnya, menjadi bagian dari tim untuk membuat mobil ayahnya bisa terus tampil secara maksimal. Bersama dengan teman mereka, Buddy, ketiganya berusaha untuk membuat Jack bisa terus tampil baik dalam setiap balapan.

Namun, pada suatu hari di tahun 1989, pembalap yang juga rival dari ayahnya, Kenny Linder, menyenggol mobil milik Jack. Momen tersebut membuat mobil Jack terbang dan harus menghantam tembok. Mobilnya sendiri kemudian hancur dan terbakar, yang mana dalam kejadian nahas tersebut Jack langsung meninggal ditempat. Kenny dan Jakob sendiri marah besar terhadap Kenny, saat dia mencoba melihat kondisi mobil Jack dan mencoba memberikan rasa hormatnya.

Meskipun Kenny memiliki niat yang baik, pada akhirnya dia tetap menghadirkan ejekan tentang Jack, yang mana hal itu hampir saja membuat Jakob bertindak di luar kendali. Dom berhasil menenangkan sang adik, sebelum dia bertindak lebih jauh. Namun, ketika Kenny terus-terusan menghina keluarganya, Dom pun kemudian lepas kendali dan memukulinya sampai hampir tewas.

Hal tersebut membuat Dom harus dipenjara, di mana dia kemudian bertemu dengan Leo dan Santos, yang kemudian menjadi teman baiknya. Saat mengerjakan mesin mobil bersama Leo dan Santos, Dom menyadari bahwa Jakob adalah orang yang mengatur mobil balap sang ayah dan Dom berpikir bahwa kematian sang ayah adalah akibatnya. Setelah bebas dari penjara, Dom kemudian bertemu dengan Jakob di sebuah balapan mobil liar.

Dom menantang Jakob untuk balapan, dan Dom pun menang. Dia kemudian meminta Jakob untuk pergi dan tidak pernah kembali. Sakit hati, Jakob kemudian pergi dan kemudian tumbuh bersama Buddy, di mana kemudian dia bergabung dengan spycraft. Meskipun Mia masih tetap menjalin kontak dengannya dan berharap semua konflik tersebut suatu hari bisa selesai, pada akhirnya dia hilang kontak dengan Jakob.

Di masa sekarang, Jakob kemudian diketahui berubah menjadi jahat dan terlibat dalam sebuah rencana besar untuk mencuri alat Aries, yang mana benda tersebut bisa memberikan kendali dari seluruh sistem komputer yang ada di dunia. Dom sendiri pada awalnya menolak untuk terlibat, sampai kemudian dia mengetahui koneksi sang adik dengan kelompok kriminal – Mia pun bergabung dalam perburuan Jakob.

Setelah Otto membebaskannya dari markas Dom, akhirnya ketiganya pun bertemu. Disalahkan atas kematian sang ayah, Jakob kemudian mengungkapkan fakta bahwa ayah mereka terlibat dalam hutang besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka. Jack membicarakan hal tersebut kepada Jakob – dan bukan Dom. Jack berharap bahwa dengan balapan dia bisa mendapatkan uang yang banyak.

Fast 9' Scene Shows Dom and Letty Meeting Jakob in Central AmericaJakob sendiri kemudian mengikuti rencana sang ayah dan kemudian menguatik-atik mesin mobilnya yang mana hal itu justru berakibat fatal. Pada awalnya, Dom tidak percaya semua yang diucapkan Jakob, sampai kemudian perlahan dia mulai menyadari fakta sebenarnya ketika Jakob hampir tenggelam. Dan pada momen tersebut juga Dom akhirnya bisa melihat dari sudut pandanga Jakob.

Dalam momen terakhir di F9, Dom berusaha untuk menyelamatkan Jakob dari tangan Aries dan Otto. Mereka pun kemudian bekerja sama untuk menggagalkan rencana besar yang bisa membahayakan dunia itu. Setelah sukses menghentikan Aries dan rencana besarnya untuk menghancurkan dunia, Dom kembali menerima sang adik dan memberikannya kesempatan untuk kabur. Meskipun franchise filmnya masih menghadirkan ledakan, unsur aksi menegangkan, namun konflik keluarga Toretto ini ternyata sangat “membumi.” Apakah Jakob akan terlibat di film selanjutnya? Masih harus kita tunggu.