Pertarungan di Onigashima saat ini menjadi semakin menegangkan. Setelah kekalahan Luffy yang kedua kalinya di tangan Kaido, membuat Yonkou tersebut mengumumkan ke seluruh penjuru Onigashima bahwa sang kapten bajak laut Topi Jerami telah kalah. Kabar ini tentu membuat banyak pihak terkejut, dan mulai membuat banyak pihak tidak fokus dengan pertarungannya masing-masing. Melihat keadaan yang semakin kacau, apakah serangan ke Onigashima yang berlangsung hingga sekarang terbilang gagal?

Saat ini pasukan kedua belah pihak telah berkurang cukup drastis, namun jumlah pasukan yang dimiliki masing-masing kubu masih tetap tidak seimbang. Saat ini kubu aliansi Luffy masih berjumlah sekitar 7.000 pasukan, sedangkan kubu Kaido dan Big Mom tersisa 20.000 pasukan. Jumlah kedua kubu nampak tidak seimbang, dan sepertinya mustahil bagi kubu aliansi Topi Jerami untuk mengalahkan Kaido dan antek-anteknya untuk saat ini.

Jumlah itu bisa saja berubah karena sifat Big Mom yang menganggap Otama sebagai teman di beberapa chapter sebelumnya. Kedua karakter ini memang memiliki hubungan cukup spesial sebelum peperangan di Onigashima. Saat itu, Otama menyelamatkan Big Mom yang hilang ingatan saat pertama kali tiba di Wano. Big Mom menganggap itu adalah sebuah perbuatan baik. Hingga sekarang, dia menganggap Otama sebagai teman baik. Meski Big Mom masih memusuhi kelompok bajak laut Topi Jerami, namun adanya Otama di kubu Luffy membuat Big Mom bisa jadi akan berpindah haluan suatu saat nanti. Bahkan berkat hubungan Big Mom dan Otama membuat duo Tobi Roppo yaitu Page One dan Ulti kalah di medan perang.

Chopper yang mengetahui kekalahan kaptennya di tangan kaido membuatnya tidak fokus melawan Queen dan hampir kalah di tangan anggota bajak laut Beast tersebut. Selain karena tidak fokus, Chopper juga hampir kehabisan tenaga karena kekuatan yang dia gunakan. Untungnya saat Chopper lengah, Sanji datang menolong dengan membawa Zoro yang sedang dibalut oleh banyak perban pasca kalah bertarung melawan Kaido dan Big Mom.

Sanji juga masih menguatkan Chopper dan anggota aliansi Topi Jerami lainnya bahwa perang belum berakhir, sehingga masih ada kesempatan untuk menang. Aliansi Topi Jerami saat ini memang cukup melemah karena mengetahui fakta kekalahan Luffy, dan keadaan perang yang saat ini nampak kurang menguntungkan bagi mereka. Namun melihat orang-orang seperti Sanji, Nami, Usopp dan anggota lainya yang masih semangat untuk menyelesaikan pertarungan di Onigashima, kubu Luffy mungkin masih memiliki kesempatan menang meski sangat kecil.

Kekalahan Page One dan Ulti telah bocor ke telinga Kubu Kaido dan Luffy, sehingga membuat mental kedua kubu naik turun dengan cukup drastis. Oleh sebab itu, alur pertarungan kedepan nampaknya menjadi semakin misterius dan susah untuk ditebak. Sedangkan Yamato saat ini menghadapi Kaido dan terlibat duel yang cukup serius. Dia melakukannya untuk mengulur waktu, sambil berharap bahwa Luffy akan memenuhi janjinya dan kembali untuk menghajar Kaido.