Film terbaru dari franchise Fast & Furious garapan sutradara Justin Lin, Fast 9, sudah resmi dirilis sejak beberapa waktu kemarin. Meskipun begitu, franchisenya sendiri masih memiliki beberapa proyek lagi sebelum kemudian selesai. Selama dua dekade terakhir ini, franchise Fast & Furious sudah menghasilkan beberapa “karya lain” seperti spinoff, Hobbs & Shaw, dan juga seri animasi, Spy Racers.

Meskipun banyak yang memprediksi bahwa The Fast Saga akan selesai di film ke sepuluh nanti, Vin Diesel sendiri mengkonfirmasi bahwa ceritanya akan berakhir dengan dua bagian. Rencana tersebut sekaligus menandai lebih dari 20 tahun franchise ini ada di jagat layar lebar dan disebutkan juga akan menghadirkan lebih banyak lagi cast utama. Lalu, apa saja proyek selanjutnya franchise Fast & Furious?

Fast & Furious 10

Fast And Furious 10: Release Date, Cast, And Everything We Know So Far - OtakuKartFilm Fast & Furious 10 yang masih belum diketahui judulnya ini pada awalnya direncanakan akan dirilis pada April 2021 kemarin. Namun, berbagai kendala yang terjadi membuat akhirnya F9 harus diundur yang juga berimbas pada film ini. Justin Lin dan Chris Morgan akan kembali bekerja sama untuk menggarap dan menulis filmnya. Selain dari Diesel yang akan kembali memerankan Dominic Toretto, para penonton juga bisa menantikan penampilan dari karakter utama lainnya seperti Roman, Letty, dan Tej. Jika melihat tabel waktu dari film sebelumnya, ada kemungkinan film ini akan dirilis pada 2023 mendatang.

Fast & Furious 11

Mengikuti proses produksi Fast & Furious 10, Justin Lin dan sebagian besar cast utama lainnya akan kembali muncul untuk film ke sebelas dan sekaligus menjadi film terakhir untuk The Fast Saga. Proses produksinya sendiri dikabarkan saling berkelanjutan (back-to-back). Dalam wawancaranya dengan The Associated Press, Diesel menjelaskan bahwa film ini direncanakan akan dirilis pada 2024, yang artinya dua film terakhir The Fast Saga akan mengikuti alur yang sama seperti dua film terakhir Marvel Studios.

Hobbs & Shaw 2

Dengan kesuksesan dari film pertamanya, wajar jika Universal langsung memberikan lampu hijau untuk sekuel filmnya. Meskipun Dwayne Johnson dan Jason Statham berpeluang untuk kembali memerankan dua karakter ikonik tersebut, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa akan ada karakter lain yang muncul di film sekuel ini. Sejauh ini masih belum ada informasi apa pun mengenai proyeknya, termasuk belum diketahui seperti apa ceritanya dan siapa yang akan menggarap filmnya. Chris Morgan diperkirakan akan menjadi penulis naskah untuk filmnya.

All-Female Fast & Furious

Jika sekuel dari Hobbs & Shaw sudah dikonfirmasi akan muncul setelah film F9, sedangkan untuk film spinoff lainnya yang berisi para karakter wanita dari franchise Fast & Furious masih sebatas rumor. Meskipun masih belum ada konfirmasi resmi mengenai proyek ini, Vin Diesel dan juga para cast lainnya dari Fast & Furious menginginkan adanya sebuah spinoff yang semua karakter utamanya adalah wanita. Letty dan Mia mungkin akan menjadi bintang utamanya, sedangkan karakter lain seperti Madame M, Ramsey, Hattie, dan yang lain pun berpeluang untuk kembali muncul.