Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Haki merupakan salah satu sumber kekuatan para karakter selain buah iblis. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama.

Haki sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan bahkan sejak chapter pertama, di mana Shanks menggunakan Conqueror Haki untuk bisa menaklukan monster laut yang hendak menyerang Luffy. Sejak saat itu, perlahan-lahan kita kemudian diperkenalkan dengan Haki lainnya. Misalnya Observation Haki yang diberi nama ‘mantra’ oleh Enel atau Armament Haki yang diperlihatkan oleh Sentomaru di arc Sabaody.

Berbicara mengenai Haki, sebenarnya ada satu hal yang menarik yang mungkin luput dari perhatian sebagian besar penggemar. Seperti yang kita ketahui, banyak karakter kuat yang setidaknya menguasai satu kemampuan Haki. Misalnya sosok Shanks yang memiliki kemampuan Conqueror Haki, atau Crocodile dan juga Moria. Dua karakter tersebut adalah dua lawan tangguh yang harus dihadapi Luffy sebelum time-skip.

Sebagai dua karakter kuat, mereka tentu menguasai salah satu jenis Haki. Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah mengapa mereka tidak menggunakannya? Memang, mungkin pada saat itu Oda masih belum berpikir untuk menghadirkan sistem Haki atau digunakan para bajak laut tersebut. Tetapi, tentu ada alasan tertentu mengapa mereka “menyembunyikan” kemampuan mereka tersebut.

Salah satu teori menyebutkan bahwa kemampuan Haki ada kemungkinan untuk hilang. Seperti yang disebutkan di atas, Haki adalah sebuah kekuatan yang ada dalam diri masing-masing orang. Haki adalah kekuatan tekad. Semuanya tergantung kepada tekad karakter tersebut, dan jika kemudian tekad tersebut kuat dan bisa dikendalikan maka orang tersebut bisa saja membuka salah satu jenis Haki.

Tetapi, bagaimana jika seorang bajak laut kemudian kehilangan tekad mereka? Apa yang terjadi ketika rasa percaya diri dalam diri mereka menghilang? Inilah yang mungkin menjadi alasan utama kemampuan Haki dalam diri seseorang menghilang atau melemah. Sekarang, mari kita lihat masa lalu dari Gecko Moria dan juga Crocodile. Kedua karakter ini bertarung melawan sosok yang jauh lebih kuat dari mereka, dan kalah.

Moria, selain harus kalah, juga harus kehilangan krunya. Crocodile sendiri kehilangan sesuatu dari dirinya dan karena kehilangan tersebut akhirnya dia meminta bantuan dari luar untuk mewujudkan impiannya. Mereka tidak lagi berpikir bahwa mimpi mereka bisa diraih dengan kekuatan mereka sendiri, dan karena hilangnya rasa tekad dan kepercayaan diri inilah yang mungkin membuat kemampuan Haki mereka juga hilang.

Moria memutuskan untuk mengganti kekuatannya dengan pasukan zombie dan Crocodile berusaha untuk menggunakan senjata kuno karena dia yakin kekuatannya tidak lagi cukup kuat. Tidak ada dari kedua karakter ini yang memutuskan untuk kembali berlatih atau memperkuat diri mereka setelah mereka kalah. Jadi, apa artinya ini semua? Apakah semua tekad itu bisa kembali?

Crocodile sendiri sudah kembali memperlihatkan tekadnya saat di Marineford, dan mungkin saat Luffy kembali bertemu dengan Crocodile kita akan melihat kemampuan Haki miliknya. Moria sendiri saat ini sedang bersama Blackbeard, namun berbeda dengan Crocodile kecil kemungkinan dia kembali mendapatkan kemampuan Hakinya lagi. Namun, kita nantikan saja ya Geeks apa yang selanjutnya terhadi di chapter yang akan datang.