Sosok Silvers Rayleigh adalah salah satu legenda dalam seri One Piece. Dia adalah mantan tangan kanan dari Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Sosoknya sangat tersohor, bahkan para bajak laut generasi baru pun mengenal sosok Rayleigh. Namun, setelah dia berhenti menjadi bajak laut, sekarang dia tinggal dengan damai di Sabaody menjadi tukang cat kapal.

Sosok Rayleigh dikenal karena kekutannya. Dia diketahui memiliki kemampuan untuk bisa mengendalikan ketiga Haki. Selain itu, Rayleigh juga diketahui memiliki kemampuan berpedang yang dahsyat. Hal ini bahkan sudah diperlihatkan sejak lama, dalam sebuah flashback yang memperlihatkan Roger berada di sebuah pulau untuk bertarung melawan kelompok Whitebeard. Rayleigh sendiri ternyata pernah menjadi guru bagi beberapa karakter. Siapa saja?

Monkey D. Luffy.

Luffy sempat berlatih selama dua tahun di Rusukaina, meningkatkan kemampuannya sampai pada tahap seperti sekarang. Rayleigh menyadari bahwa Luffy memiliki kemampuan Haki yang dahsyat, pasca peristiwa di Marineford. Namun, Rayleigh sadar bahwa Luffy masih belum mengetahui potensinya tersebut. Karena itulah dia memutuskan untuk mengajari Luffy.

anime #manga Karena Latihan Luffy Bersama Rayleigh Yang Membuat Luffy Menguasai 3 Haki YouTube - YouTubePasca Luffy sadar, Rayleigh kemudian menawarkan Luffy untuk berlatih. Dan mengingat Luffy tidak ingin lagi menjadi lemah, Luffy akhirnya menerima tawaran tersebut. Selain Luffy, seluruh kru Topi Jerami juga berlatih mengikuti Luffy selama dua tahun. Kita bisa melihat bagaimana hasil latihan Luffy bersama Rayleigh, di mana kini Luffy sudah mampu meningkatkan kekuatan Hakinya.

Shanks

Ada teori yang mengatakan bahwa Rayleigh merupakan mantan ahli pedang terbaik di dunia, sosok yang memang sangat kuat dalam hal berpedang. Dan jika melihat pertarungannya melawan Kizaru dahulu, mungkin teori itu ada benarnya. Ini juga yang kemudian menjadi landasan spekulasi bahwa ada kemungkinan Shanks sempat dilatih oleh Rayleigh. Hal ini tentu masuk akal karena Rayleigh dan Shanks merupakan rekan satu kru di kapal yang sama.

One Piece: 10 Facts Everyone Should Know About Shanks | CBRShanks memang jarang diperlihatkan bertarung atau menggunakan pedangnya. Sejauh ini, Shanks baru menggunakan pedangnya untuk menahan pedang Murakumogiri milik Whitebeard dan juga serangan Sakazuki. Logikanya, Shanks mungkin tidak akan sehebat sekarang dalam menggunakan pedang tanpa ada sosok yang mengajarinya, dan Rayleigh adalah sosok yang paling logis untuk menjadi guru bagi Shanks. Bisa jadi, selama di lautan atau ketika berada di sebuah pulau, Rayleigh akan mengajari Shanks banyak hal.

Dracule Mihawk

Seperti halnya Shanks, Dracule Mihawk juga merupakan salah satu ahli pedang terkuat di dunia. Bahkan, dia saat ini yang memegang titel yang terkuat di dunia. Mihawk juga tidak memiliki kemampuan buah iblis, yang artinya Mihawk harus mengandalkan seluruh kekuatannya. Seperti yang banyak dispekulasikan sebelumnya, bahwa Mihawk bisa jadi adalah anak dari Rayleigh dan Shakkey.

Kokuto Yoru (Dracule Mihawk Sword) - Anime CornerDengan asumsi tersebut, wajar jika kemudian Rayleigh mengajari anaknya berbagai teknik atau ilmu berpedang. Dan berkat latihannya sejak kecil, Mihawk pun menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Dan karena hal ini juga Mihawk selalu mencoba menantang Shanks, yang juga diperkirakan adalah bekas murid dari Rayleigh. Bisa jadi inilah alasan lahirnya rivalitas diantara merkea berdua.

Gol D. Roger

Roger juga bisa jadi adalah salah satu murid dari Silvers Rayleigh dalam hal berpedang. Bagaimana bisa? Dalam momen flashback pertemuan pertama Roger dan Rayleigh, kita bisa melihat bagaimana Roger tidak memiliki pedang atau sama sekali tidak nampak seperti seorang yang ahli dalam berpedang. Dia hanyalah sosok biasa yang baru mau memulai petualangannya sebagai bajak laut.

Saijo O Wazamono_Westlo on Twitter: "Is it me or does Gol D. Roger have a Saijo O Wazamano sword? #OnePiece #OP966 #chapter966… "Sementara Rayleigh, dia sudah terlebih dahulu berlayar. Roger sendiri merupakan salah satu pengguna pedang, dan menggunakan pedang dalam petarungannya. Bukan tidak mungkin jika Rayleigh yang kemudian mengajari Roger caranya berpedang, seperti halnya Shanks. Dan bukan tidak mungkin juga dia yang mengajari Roger menggunakan teknik Haki.

Kozuki Oden

Sosok Kozuki Oden dikenal sebagai samurai terkuat di Wano. Hampir tidak ada samurai yang bisa mengalahkan Oden. Dia bahkan berhasil menghabisi seluruh penjahat di Kuri sendirian, yang membuat Ashura Doji akhirnya mengaku kalah dan mau bergabung menjadi bawahannya. Selain itu, dia juga berhasil memotong taring dari Dewa Gunung yang mengacau di kota.

Kozuki Oden | 12DimensionMeskipun Oden adalah sosok yang kuat, namun levelnya saat itu hanya sekedar di Wano saja. Sampai kemudian dia bertemu dengan kelompok Roger dan bergabung denganya. Kozuki Oden dibuat takjub dengan sosok Roger dan juga berbagai ide dan pemikirannya. Dan bukan tidak mungkin dia juga dibuat takjub oleh kekuatan berpedang Rayleigh. Bisa jadi, teknik Haki dan juga teknik berpedang yang membuat Kaido harus terluka adalah hasil latihannya bersama Rayleigh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.