Seri One Piece karya Eiichiro Oda merupakan salah satu dari sekian seri Shonen yang menghadirkan pertarungan bukan hanya sekedar mengandalkan kekuatan, tapi juga strategi. Meskipun level kekuatan memberikan perbedaan penting terhadap jalannya cerita, namun yang perlu dicatat juga adalah strategi adalah hal lain yang tidak kalah penting untuk mengalahkan musuh.

Di sepanjang ceritanya, ada berbagai strategi yang menarik yang ditampilkan oleh para karakter. Bukan hanya dari kelompok Topi Jerami, namun juga dari karakter lainnya. Lalu, apa saja berbagai strategi terbaik tersebut? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Ketika Nami Menghadapi Kalifa

Nami merupakan salah satu dari trio penakut di kelompok Topi Jerami, selain Usopp dan Chopper. Dalam arc Enies Lobby, Nami harus bertarung menghadapi Kalifa setelah Sanji tidak bisa menghadapinya. Meskipun Nami bukanlah sosok yang cukup kuat untuk menghadapi Kalifa dan kekuatannya, namun penggunaan Clima Tact dan juga taktik yang dipersiapkan Nami berhasil mengalahkan anggota CP-9 tersebut. Nami menggunakan Mirage Tempo untuk membuat bingung Kalifa, dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menyerangnya dengan Thunderlance Tempo.

Ketika Kru Topi Jerami Bertarung Melawan Oars

Biasanya, kelompok Topi Jerami akan terpisah untuk menghadapi berbagai musuh yang ada. Namun, di arc Thriller Bark semuanya berbeda. Kelompok Topi Jerami dihadapkan dengan zombie raksasa kuno, Oars, yang memaksa mereka akhirnya harus bekerja sama untuk mengalahkan raksasa tersebut. Berkat pengetahuan medis Chopper, mereka akhirnya berhasil mengetahui titik lemahnya sementara Zoro dan Sanji melakukan tugasnya untuk melemahkan monster tersebut. Luffy kemudian yang menutup pertarungan tersebut dengan menggunakan Gear Third. Ini menjadi yang pertama dan terakhir di mana mereka bertarung menghadapi satu musuh yang sama.

Ketika Usopp Menembak Sugar Dari Jauh

Usopp memang tidak memiliki kekuatan fisik prima atau kuat seperti Luffy atau Zoro. Namun, Usopp memiliki kecerdasan yang membantunya bisa menyusun strategi dalam pertempuran. Hal ini dia perlihatkan di arc Dressrosa. Usopp berhasil menjadi pahlawan setelah menggunakan kemampuan menembak tepatnya, untuk menjatuhkan Sugar dari jarak jauh. Usopp berhasil menggunakan amunisi dan Pop Green yang tepat untuk bisa mengalahkan Sugar. Dan pada momen ini juga Usopp diperlihatkan memiliki kemampuan Observation Haki

Denjiro Harus Menyamar Demi Balas Dendam

Denjiro adalah salah satu anggota dari Red Scabbards, atau para samurai yang menjadi pelayan Kozuki Oden. Denjiro benar-benar diliputi oleh emosi dan amarah yang besar ketika dia mengetahui bahwa sang tuan harus tewas. Amarah tersebut membuat Denjiro merencanakan balas dendam terhadap Orochi, dan dia pun kemudian menyamar sebagiai Kyoshiro.

Yang luar biasa adalah Denjiro menyamar sebagai Kyoshiro selama 20 tahun. Dia kemudian menjadi kepala Yakuza di wilayah Flower Capital dan mendapatkan kepercayaan dari Orochi. Selain itu, Denjiro juga harus melindungi Hiyori yang menyamar sebagai Komurasaki, tanpa Hiyori ketahui selama ini. Dan pada akhirnya Denjiro mengungkapkannya kepada semua orang di momen penyerangan ke Onigashima.

Kanjuro Mengkhianati Red Scabbards dan Oden

Bisa dibilang, Kanjuro merupakan salah satu mata-mata terhebat selain Denjiro. Kanjuro merupakan bagian dari klan Kurozumi yang tidak memiliki tujuan hidup sampai kemudian dia bertemu dengan Orochi. Sejak saat itu, Orochi memberikannya tugas untuk memata-matai Kozuki Oden, dengan menyamar menjadi bagian dari Red Scabbards. Seperti halnya Denjiro, Kanjuro menjadi mata-mata untuk waktu yang sangat lama.

Yang lebih mengerikan adalah Kanjuro secara tidak langsung adalah penyebab hancurkan Wano. Dialah yang membocorkan berbagai strategi dan rencana yang disiapkan oleh Oden. Dia juga yang mensabotase semua rencana penyerangan Red Scabbards. Kemampuan membaur Kanjuro sangatlah baik, bahkan tidak ada yang curiga terhadapnya.

Empat Supernova vs Big Mom

Pertarungan puncak dari serangan ke Onigashima adalah ketika kelima supernova bertarung menghadapi dua Yonko, Kaido dan Big Mom. Ketika Luffy bertarung menghadapi Kaido sendirian, empat Supernova lainnya bekerja sama menghadapi Big Mom. Dan ada sebuah momen menarik di mana memperlihatkan strategi mereka yang sangat baik.

Kidd, dengan kekuatan buah iblisnya membuat sebuah kotak besar. Law kemudian menggunakan teknik Shambles untuk memindahkan salah satu Homies Big Mom, Zeus, ke dalam kotak tersebut. akibatnya Zeus tidak bisa berbuat banyak ketika Big Mom berhasil didorong jatuh dari Onigashima. Zoro sendiri berhasil memotong Promotheus, mencegahnya menyelamatkan Big  Mom sampai Kaido turun tangan. Ini merupakan salah satu srategi epik dari para Supernova.