Salah satu monster yang muncul di Hollow Earth dalam cerita Godzilla vs. Kong dikenal sebagai “Titanus Doug,” setidaknya itulah yang diakui oleh sang sutradara dan diketahui oleh para fans. Sosok monster atau Titan mengerikan ini memang tidak memiliki nama, baik di filmnya atau pun dalam versi novelnya. Namun, nama “Titanus Doug” sendiri diterima dengan baik oleh para fans.

Dalam Godzilla vs. Kong, kita melihat kelanjutan ekspedisi menuju Hollow Earth. Ekspedisi kali ini dipimpin oleh Dr. Nathan Lind. Dan dalam ekspedisi ini pada akhirnya kita bisa melihat apa yang ada di bawah inti bumi, sebuah dunia yang dikenal sebagai Hollow Earth, rumah bagi para kaiju atau monster di MonsterVerse.

Hollow Earth sendiri memiliki ekosistem yang sangat mirip dengan Skull Island, dan di sana merupakan rumah dari nenek moyang Kong dahulu. Ketika Dr. Lind baru saja tiba di Hollow Earth, mereka langsung diserang oleh dua monster Warbats. Setelahnya, mereka juga diserang oleh monster yang bernama Hell hawks. Namun, ternyata tidak semuanya adalah ancaman.

Kita juga diperlihatkan sosok monster kepiting, yang berkamuflase menjadi bebatuan. Dan kemudian kita melihat monster yang memiliki bentuk yang aneh, dengan bentuk tubuh mirip seperti kadal. Dalam versi monster buatan Toho, Doug mirip seperti Baragon. Meskipun hanya muncul dalam satu frame atau satu momen itu saja, ternyata monster ini cukup banyak menarik perhatian para penggemar.

Karena monster ini tidak memiliki nama resmi di filmnya, para fans di jagat dunia maya kemudian memberi nama “Titanus Doug.” Perlu dicatat bahwa monster ini merupakan bagian dari spesies bernama “Foetodon” (nama monster kadal yang muncul dalam film King Kong karya Peter Jackson), setidaknya itu yang muncul dalam teks Bahasa Inggris di filmnya. Namun, sebenarnya dia tidak memiliki nama canon yang resmi.

Legendary Pictures sendiri kemudian menunjukan “dukungan” mereka dengan mencuitkan nama monster tersebut dengan nama “Doug.” Adam Wingard, selaku sutradara filmnya, juga kemudian “menyetujui” nama tersebut. Bahkan, Adam sendiri menginginkan sebuah film yang berfokus pada sosok Doug ini, dalam sebuah sesi tanya jawab di Instagram.

Doug mungkin terlalu kecil untuk bisa menjadi ancaman bagi Titan seperti Godzilla atau Kong, namun tentunya hal itu tidak berarti Doug tidak bisa muncul untuk kapasitas tertentu. Di situs Reddit, Adam Wingard mengatakan bahwa “masih ada yang bisa dihadirkan” ketika menyinggung masalah Doug.  Dengan rumor bahwa film sekuel lainnya, Son of Kong, sedang dalam pengembangan dan Adam Wingar kembali menjadi sutradara, mungkin kita akan kembali melihat Doug dan mungkin akan jauh lebih lama durasi kemunculannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.