Dunia sihir di seri Harry Potter memang tidak akan pernah bisa berhenti menyihir para fans dengan berbagai hal yang menarik di dalamnya. Selain cerita, deretan film Harry Potter juga menghadirkan berbagai karakter yang menarik mulai dari para villain maupun karakter protagonis. Meskipun serinya sendiri sudah selesai, para fans tentunya memiliki opini mereka masing-masing mengenai karakter favorit mereka.

Mungkin banyak diantara fans yang mengidolakan sosok trio Hogwarts, mulai dari Harry Potter, Ron Weasley, atau Hemione Granger. Atau mungkin sosok Albus Dumbledore yang cerdas. Meskipun begitu, ternyata ada juga karakter villain atau antagonis yang menjadi favorit para fans terlepas dari apa yang mereka lakukan di cerita. Lalu, siapa saja mereka?

Lockhart Gilderoy

Jika dibandingkan dengan Umbridge atau Voldemort, level “villain” dari Gilderoy mungkin paling rendah. Bahkan, mungkin dia bisa dibilang bukanlah seorang villain. Gilderoy merupakan sosok yang curang. Dia mencuri hasil karya orang lain dan kemudian menghancurkan serta menghilangkan ingatan mereka, untuk kemudian dia yang mendapatkan kredit dari semua hasil karya tersebut. Sayangnya, pada dasarnya Gilderoy adalah sosok yang tidak berkompeten, tidak seperti reputasinya.

Lucius Malfoy

Lucius Malfoy adalah salah satu karakter villain favorit para fans, meskipun secara terang-terangan dia diperlihatkan sangat jahat. Sebagian fans mungkin beranggapan bahwa Lucius memiliki “sisi lain” namun, pada umumnya semua setuju bahwa dia adalah manusia karakter yang jahat dan kejam – terlepas dari karismanya yang luar biasa. Keluarga Malfoy memang menjadi salah satu elemen menarik bagi para fans Harry Potter. Jason Isaacs berhasil menghidupkan karakternya dengan sangat baik. Dia juga menikmati perannya sebagai Lucius Malfoy.

Bellatrix Lestarange

Sama halnya seperti Lucius Malfoy, banyak fans menyukai Bellatrix karena dia merupakan karakter yang luar biasa. Bellatrix merupakan bagian dari keluarga Black, namun bisa dibilang hanya dia yang memiliki pemikiran gila. Dengan semua tindak kejahatan yang dia lakukan, hampir bisa dibilang tidak ada hal baik yang muncul dalam dirinya. Dia yang bahkan membunuh kedua orang tua Neville Longbottom. Meskipun begitu, anehnya justru semua tingkah gila dan hal eksentrik yang dia tampilkan yang menjadi daya tarik dari karakternya.

Severus Snape

Snape merupakan salah satu karakter yang paling kontroversial dan paling kompleks dari seri Harry Potter. Para fans dibuat “bingung” apakah sebenarnya Snape merupakan sosok yang baik atau justru sosok yang jahat, mengingat masa lalunya yang merupakan Death Eater. Meskipun sebagian fans membenci Snape karena sikap dan perilakunya, namun sebagian lainnya justru mencintai Snape karena pada akhirnya dia berhasil menebus semua kesalahan yang pernah dia lakukan. Para fans sendiri sebenarnya masih memperdebatkan terkait hal tersebut. Yang pasti fandom Harry Potter begitu mencintai karakter yang diperankan oleh Alan Rickman yang meninggal pada 2016 lalu.

Draco Malfoy

Anak dari Lucius Malfoy dan rival dari Harry Potter, Hermione, dan Ron. Bisa dibilang Draco hampir mirip dengan Gilderoy. Dia bukanlah sosok yang kejam atau mengerikan atau bahkan sadis. Namun, Draco adalah sosok yang jahat yang sering melakukan tindakan yang merugikan Harry atau yang lainnya. Banyak fans yang beranggapan bahwa Draco seharusnya memiliki arc sendiri untuk menebus kesalahannya, seperti halnya Snape. Terlepas dari semua perdebatan mengenai Draco Malfoy ini, yang pasti para fans terkesima dan kagum terhadap apa yang diperlihat karakternya.