Time Variance Authority adalah tambahan baru yang cukup signifikan mengubah sudut pandang Marvel Cinematic Universe. Sementara sejarah lengkapnya belum dibahas lebih lanjut, TVA sampai saat ini masih berusaha menjaga keseimbangan timeline di MCU. Ketika Loki terpesona dengan segala sesuatu tentang TVA, Loki menyimpulkan bahwa organisasi rahasia tersebut merupakan ‘kekuatan terbesar di alam semesta’ dan mulai merencanakan cara untuk menggulingkan para Time-Keeper yang menciptakan dan mengawasi TVA.

Kekuatan dan kekuasaan TVA memang sangat luas dan bahkan sebagian besar makhluk di Multiverse tidak mengetahui keberadaan mereka. Menurut mitos penciptaan TVA, perang multiverse ribuan tahun lalu menyebabkan Time-Keeper membuat satu Timeline Suci dengan TVA yang mengawasinya. Organisasi tersebut mempekerjakan Hakim untuk menghukum penjahat waktu, para analisis untuk melacak varian, dan Minutemen untuk memburu varian, semua petugas tersebut menjaga timeline agar tidak bercabang. Tetapi pertanyaannya, di timeline mana mereka berada dan melakukan semua tugas tersebut?

Loki pun menanyakan hal yang sama di serial Loki episode 2, ketika dia dan Agen Mobius M. Mobius melakukan perjalanan ke Pompeii pada tahun 79. Saat loki iseng memberi tahu penduduk Pompeii bahwa mereka akan hancur karena Gunung berapi Vesuvius meletus, Loki bertanya kepada Mobius, “Kita dari masa depan, kan? Apa itu TVA? Maksud saya, dari masa depan. Kedengarannya seperti dari ‘masa depan’ kan.” Tentu tidak ada jawaban sederhana yang bisa menjawa pertanyaan Loki dan sebagian besar penggemar yang berpikiran sama.

Pada dasarnya TVA ada di luar ruang dan waktu di MCU. Karena TVA tidak berada di ‘dalam’ timeline, maka TVA dapat secara bersamaan ada pada masa lalu, masa sekarang, dan masa depan sekaligus. Di Marvel Comics, TVA memang dibuat pada masa depan yang sangat jauh. Tetapi di MCU, berdasarkan sejarah Timeline Suci yang diceritakan oleh Miss Minutes, membuat Time-Keepers seperti memulainya dari masa lalu.

Di Loki episode 2, ketika God of Mischief berbicara kepada penduduk Pompeii, dia dan Mobius memang berasal dari masa depan. Namun, varian Loki utama di serial Loki tidak benar-benar melakukan perjalanan waktu ke masa depan ketika dia mencuri Tesseract di Avengers: Endgame, dia hanya melarikan diri ke Mongolia pada tahun yang sama sebelum TVA menangkapnya. Pertanyaannya, setelah Loki ditangkap, apakah TVA membawanya ke masa depan? Lagi-lagi tidak ada jawaban atas pertanyaan membingunkan tersebut, tetapi TVA memang membawanya ke markas mereka yang berada di luar ruang dan waktu.

Jika saja TVA ternyata lebih dari sekadar organisasi penjaga waktu, maka hal tersebut membuka banyak jawaban dan kemungkinan. Misalnya, TVA mungkin berbohong, atau memang tidak menyadari kebenaran tentang Time-Keepers, TVA mungkin sebenarnya ada di ‘dalam’ Timeline Suci MCU. Jawaban atas semua kemungkinan tersebut, pada akhirnya akan berdampak pada MCU kedepannya. Semoga saja semuanya terungkap sebelum serial Loki berakhir. Tetapi untuk sekarang ini, setidaknya kita tahu bahwa setiap kali Loki melakukan perjalanan ke timeline sebelum 2012, dia dan TVA memang dari masa depan.