Tokyo Ghoul merupakan sebuah serial yang sangat epik karya Sui Ishida. Meski serial ini telah tamat beberapa tahun yang lalu, namun pembahasan menyenangkan mengenai Tokyo Ghoul masih sering dilakukan oleh para penggemar. Salah satu unsur yang paling menarik dari serial ini adalah plot twist yang terdapat dalam alur ceritanya, sehingga para penggemar sangat susah menebak bagaimana alur cerita kedepannya. Berikut ini adalah lima plot twist yang paling keren dalam serial Tokyo Ghoul.

Saat Rize Kamishiro Menyerang Ken Kaneki

Ken adalah tokoh utama dalam serial ini. Dia adalah mahasiswa kutu buku yang sangat menyukai bacaan sastra seperti novel-novel klasik. Suatu ketika, dia bertemu dengan seorang gadis yang juga sama-sama menyukai bacaan sastra yang bernama Rize. Hanya dalam waktu singkat, keduanya merasa saling cocok dan memutuskan untuk berkencan di akhir pekan.

Sayangnya, sepulang dari kencan, Rize mengungkapkan jati dirinya yang ternyata adalah Ghoul. Rize dengan cepat memakan Kaneki dan membuatnya sekarat dalam seketika. Namun, yang paling mengejutkan adalah saat Rize selesai memakan Kaneki, dia tertimpa ribuan beton besi, karena lokasi mereka berdua saat itu memang di daerah rekonstruksi. Seketika Rize juga tewas. Kaneki diberikan kesempatan hidup lagi, karena saat di rumah sakit, dia mendapat transplantasi organ Ghoul dari Rize. Sehingga sejak saat itu, Kaneki telah menjadi setengah Ghoul.

Mendapat Tempat Di Anteiku

Plot twist kedua terjadi saat Kaneki telah kehabisan kesabaran karena tidak biasa hidup menjadi Ghoul. Saat itu, Kaneki kebingungan dan tidak ingin membunuh siapapun hanya karena menghilangkan rasa laparnya. Awalnya, dia memiliki teman sesama Ghoul yang bernama Touka Kirishima, namun keduanya nampak sangat susah untuk akrab. Akhirnya Kaneki masih mencoba mendekatinya di sebuah kedai kopi yang bernama Anteiku.

Saat di Anteiku, sang pemilik kedai sangat baik dan tahu permasalahan yang sedang dihadapi oleh Kaneki. Akhirnya sang pemilik kedai, membuka identitas asli dari Anteiku dan mengizinkan Kaneki untuk tinggal di Anteiku. Sejak saat itu, dia menjadi bagian dari Anteiku dan mendapat pelajaran, cara bertahan hidup menjadi seorang Ghoul yang tidak akan meresahkan masyarakat.

Aogiri Tree Menculik Ken

Saat kehidupan Ken menjadi lebih baik dan memiliki banyak teman dekat, dia menjadi incaran salah satu organisasi Ghoul yang cukup jahat bernama Aogiri Tree. Saat itu, Ken menjadi buronan mereka, dan banyak orang-orang dari Anteiku berusaha untuk melindungi Kaneki dengan berbagai macam cara. Namun, sayangnya Kaneki gagal diselamatkan.

Saat Kaneki diculik dan dibawa ke markas Aogiri, dia mengalami penyiksaan yang sangat luar biasa. Saat itu, Ken bertemu dengan Rize di alam bawah sadarnya. Keduanya saling berbicara satu sama lain dan bahkan hampir bertengkar. Hasil dari siksaan Aogiri, menampilkan sisi Ken yang lebih brutal dan sadis. Sejak saat itu, warna rambut Ken menjadi putih dan dia sudah tidak memiliki rasa belas kasihan sama sekali. Ken juga menjadi lebih mahir dalam menggunakan kekuatan Ghoulnya dan menjadi monster yang lebih kuat.

Saat Mengetahui Eksperimen Dr. Kano

Setelah bebas dari Aogiri, Ken membentuk kelompok baru yang bertujuan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya di masa lalu. Saat itu, Ken bersama dengan timnya berhasil menemukan kebenaran yang terjadi pada dirinya. Ternyata Dr. Kano sengaja memasukan sel Ghoul Rize ke dalam tubuh Kaneki yang sekarat, sebagai salah satu upaya agar terciptanya dunia yang damai.

Namun, menurut Kaneki itu adalah tindakan gila dan harus segera dihentikan. Bahkan, saat Kaneki tahu lab tersembunyi milik Dr. Kano, dia juga mengetahui fakta bahwa Rize masih hidup dan akan dimasukan ke dalam tubuh manusia yang lain. Dr. Kano menggunakannya untuk membuat setengah Ghoul baru nantinya. Sayangnya, penangkapan Kaneki untuk Dr. Kano harus terhenti, karena hadirnya banyak penyidik kuat dari CCG termasuk saat itu juga menjadi pertemuan Kaneki dengan Kotaro Amon.

Saat Kaneki Kehilangan Ingatannya Tentang Ghoul

Setelah kejadian di lab Dr. Kano, semua penyidik dari CCG langsung menyusuri area perkumpulan Ghoul dan berniat untuk membereskan semuanya. Bahkan saat itu pihak CCG juga membersihkan Anteiku dan semua teman-teman Ghoul Kaneki. Pertarungan yang terjadi saat itu cukup sengit dan membuat bingung banyak pihak. Kaneki yang saat itu melarikan diri tersesat dan ternyata pingsan saat ditangkap oleh pihak CCG.

Setelah bangun dari koma, Kaneki telah kehilangan ingatannya mengenai dirinya yang menjadi bagian dari Ghoul dan juga semua ingatan mengenai teman-temannya. Sejak saat itu, Kaneki memiliki nama baru yaitu Sasaki sebagai salah satu penyidik dari CCG, bahkan dia menjadi orang ling-lung yang cukup loyal pada organisasi pemberantas Ghoul tersebut.