Loki mungkin memang terpaksa harus bekerja sama dengan Time Variant Authority dan juga Mobius. Namun, Loki berhasil membuktikan dirinya dengan mampu menemukan di mana variant Loki lainnya bersembunyi di Sacred Timeline. Untuk menemukannya, Loki harus membaca dan menganalisa berbagai kasus yang sudah terjadi, sampai kemudian dia berhasil menemukan sesuatu.

Loki kemudian menjelaskan teorinya tentang timeline alternatif kepada Mobius, yang mungkin sedikit sulit dan membingungkan. Tetapi, terdapat sebuah hal menarik dari teori yang dijabarkan oleh Loki tersebut. Seperti yang dijelaskan oleh Miss Minutes dalam sebuah tayangan di episode 1, pada sebuah masa terdapat sebuah kekacauan di multiverse Marvel.

Tiga orang “pemenang” dalam pertempuran tersebut, yang kemudian diberi nama Time-Keepers, berhasil menyusun kembali timeline yang kacau tersebut dan menjadikannya sebuah timeline utama yang disebut Sacred Timeline. Sudah tugas dari TVA untuk kemudian menjaga Sacred Timeline agar tidak ada variant yang memunculkan nexus point, atau cabang realita/timeline.

Loki: Why The MCU Has So Many Apocalyptic Events In The Future - 24htinnhanhJika ada yang melanggar, TVA akan menangkap variant tersebut dan mengembalikan timeline seperti semula. Teori Loki sendiri pada intinya menjelaskan bahwa seseorang bisa saja merubah kejadian yang terjadi di timeline tanpa harus menciptakan nexus point. Bagaimana caranya? Setelah Loki melihat data tentang Ragnarok, dia berkesimpulan bahwa hal tersebut bisa dilakukan ketika mendekati sebuah peristiwa besar seperti musibah.

Pada dasarnya, musibah atau kehancuran (apocalypse) secara teknis memiliki sistem kerja yang sama dengan alat milik TVA yaitu reset charge. Benda tersebut akan menghancurkan apa pun yang mungkin sudah dipengaruhi oleh para variant, sehingga para variant tidak lagi memiliki pengaruh atau dampak ke timeline yang ada. Dengan begitu, TVA tidak akan mendeteksi energi dari para variant, dan para variant tidak akan diketahui keberadaanya oleh TVA.

Sebagai pembuktian dari teorinya, Loki mendemonstrasikannya saat peristiwa hancurnya Pompeii. Mobius dan Loki datang sebelum gunung Vesuvius meletus. Loki sendiri percaya diri tentang dirinya dan juga teorinya, di mana dia bahkan sempat memperkenalkan diri kepada para penduduk bahwa mereka dari masa depan. Menurut Loki, semua yang dia lakukan tidak akan berpengaruh apa pun karena pada dasarnya mereka semua akan tewas.

Mengenal Sosok Time Keepers di Serial Loki! | GreensceneMeskipun teori dari Loki ini muncul karena dia harus menelusuri variant Loki lainnya, namun hal ini juga pada kenyataanya memiliki implikasi terhadap MCU. Dan salah satu momen yang paling banyak didebatkan di kalangan fans terkait dengan timeline adalah momen ketika Steve Rogers kembali ke masa lalu dan menetap bersama Peggy Carter.

Markus dan McFreely sendiri sempat mengatakan bahwa mereka tidak setuju Steve Rogers sudah menciptakan timeline alternatif, sementara Joe dan Anthony Russo mengatakan sebaliknya. Seri Loki memang tidak secara langsung menyebutkan peristiwa tersebut, namun di episode 1 Mobius mengatakan bahwa apa yang Avengers lakukan di Endgame memang seharusnya terjadi.

Artinya, selain mereka memang ditakdirkan untuk kembali ke masa lalu dan mengambil Infinity Stones, Steve Rogers juga memang ditakdirkan untuk kembali ke masa lalu dan menikah dengan Peggy. Dan selama Steve tetap berada di bawah radar dan tidak terlibatdalam peristiwa besar, dia bisa menjalani hidupnya dengan tenang tanpa harus menganggi Sacred Timeline.

Trailer Loki Tunjukan Jumlah Timeline Alternatif Pasca Endgame! | GreensceneJika kemudian apa yang dijelaskan oleh Loki tentang timeline alternatif ini memang benar (dan resmi), maka yang penting bagi TVA adalah bukan lagi apakah timeline alternatif tersebut ada, tetapi apakah semua timeline alternatif tersebut cukup untuk membuat semuanya melawati garis merah. Dalam video Miss Minutes, dijelaskan bahwa Time-Keepers muncul dan menyatukan berbagai timeline yang berbeda dan menjadikannya Sacred Timeline.

Berdasarkan hal tersebut, artinya Sacred Timeline sama halnya seperti sebuah tali yang memiliki banyak sekali simpul. Selama simpul-simpul tersebut mengarah ke arah yang sama, maka Sacred Timeline masih tetap aman dan TVA tidak perlu ikut campur.