Nexus Being atau Makhluk Nexus adalah karakter paling kuat yang sulit diprediksi di Marvel Universe. Para makhluk ini adalah karakter dengan kemampuan untuk memengaruhi alam semesta dam masa depan di sekitar mereka, membuat mereka menjadi tokoh-tokoh kunci untuk keberlangsungan arus waktu atau time stream.

Seharusnya hanya ada satu Nexus sejati dalam setiap realitas di multiverse. Dengan berbagai kemampuan dan teknik mereka, Nexus dapat menyebabkan perubahan di alam semesta, dan bahkan perubahan besar di multiverse. Dengan petunjuk tentang adanya entitas Nexus yang muncul di Marvel Cinematic Universe dalam serial WandaVision dan Loki, berikut beberapa karakter Nexus yang ada di Marvel Universe.

Kang the Conqueror

Nathaniel Richards alias Kang the Conqueror adalah salah satu musuh besar Avengers yang membingungkan. Sebagai seorang penjelajah waktu dari abad ke-30 dan keturunan jauh Reed Richards, Kang berasal dari Earth-6311. Di dunia yang berteknologi maju, Nathaniel tumbuh menjadi salah satu penemu paling mengesankan di dunianya.

Setelah menemukan mesin waktu, Kang berangkat untuk menciptakan sebuah kerajaan yang menguasai ruang dan waktu, membuatnya menjadi musuh yang paling sering dihadapi Avengers di Earth-616. Berkat kemajuan teknologinya, Kang menjadi seorang Nexus yang dapat memengaruhi dan memainkan seluruh realitas multiverse. Di Fase 4 MCU juga rencananya Kang akan muncul dan diperankan oleh Jonathan Majors, kemungkinan dia juga akan menjadi penjahat besar Avenger MCU berikutnya.

Merlyn

Merlin dari Marvel Universe adalah karakter yang mempunyai sejarah misterius. Dia adalah seorang ahli sihir mistis yang mengasah kekuatannya dan mencapai alam magis Otherworld, Merlyn menjadi penjaga penting dari omniverse. Pada puncak kekuatannya, dia adalah seorang Nexux yang memiliki kemampuan untuk mengubah kenyataan dunia. Dia dan putrinya, Roma, mempunyai tugas untuk melindungi multiverse. Baru-baru ini, dia kembali ke Otherworld dan menjadi raja dari faksi pribadinya yang dikenal sebagai Republik Suci Fae, yang membuatnya berhadapan dengan mutan Krakoa.

Scarlet Witch

Scarlet Witch atau Wanda Maximoff adalah salah satu karakter paling kuat di Marvel Universe utama. Wanda mempunyai keterampilan magis dari takdirnya sebagai pengendali Sihir Kekacauan. Kekuatan tersebut membuat sihir Hex-nya bisa memengaruhi semua hal sesuai dengan yang dia inginkan dan memungkinkan dia untuk mengubah kenyataan di sekitarnya dengan mudah, seperti ketika dia mengalahkan sebagian besar ras mutan di kisah House of M. Wanda dianggap sebagai Nexus Being Earth-616, karena kekuatannya dapat mengubah alam semesta Earth-616 jika dia mau.

Sise-Neg

Sise-Neg berasal dari abad ke-31 Earth-74113, dan diperkenalkan di komik Marvel Premiere. Dia sering berpergian melintasi ruang dan waktu untuk mengklaim kekuatan magis yang tidak pernah dimilikinya, termasuk ketika Sise-Neg akhirnya menghadapi Doctor Strange dan Baron Mordo dari Earth-616. Namun setelah menguras kekuatan magis semua orang bahkan dari entitas seperti Shuma-Gorath, Sise-Neg akhirnya menjadi dewa yang Maha Tahu, kemudian dia menyadari perbuatannya dan memulihkan kembali Earth-616 seperti sebelum dia merusaknya.

What If? Nexus Being

Kisah ‘Timequake’ di What If? berfokus pada seluruh Nexus Being dari seluruh multiverse yang menjadi target para Time-Master. Time-Master merekrut Immortus untuk bergerak melintasi kenyataan dan menyedot semua kekuatan Nexus Being, termasuk Scarlet Witch di Earth-616, Frankin Richards di Earth-772, Vision di Earth-90110, Phoenix di Earth- 9250, dan Odin di Earth-9260. Para Nexus Being dinilai mampu membawa kehancuran kepada para Time-Master dan menciptakan banyak kekacauan, sehingga Uatu the Watcher harus bekerja sama dengan TVA untuk menyelamatkan multiverse.