Kelompok bajak laut Rocks adalah kru bajak laut legendaris dan sangat kuat yang berlayar di lautan 38 tahun sebelum cerita utama One Piece dimulai. Sesuai namanya, kelompok bajak laut ini dipimpin oleh seorang bajak laut yang sangat luar biasa, Rocks D. Xebec, yang dianggap sebagai bajak laut terkuat dan paling berbahaya pada saat itu oleh pihak Pemerintah Dunia.

Kelompok bajak laut Rocks benar-benar menguasai lautan sebelum Gol D. Roger dan krunya muncul. Mereka adalah kelompok bajak laut terkuat di masanya, dan rasanya itu wajar jika melihat susunan para krunya. Beberapa diantaranya adalah Whitebeard, Big Mom, dan Kaido. Tiga nama tersebut tentunya sudah tidak asing bagi Geeks semua, karena mereka menjadi Yonko dalam ceritanya.

Seperti yang diungkapkan Sengoku, mereka adalah kelompok bajak laut yang paling kejam dan paling mengerikan di lautan. Mereka adalah kelompok bajak laut yang paling memberikan ancaman besar kepada pihak Pemerintah dunia pada saat itu. Dan dibutuhkan gabungan kekuatan dari Gol D. Roger dan Monkey D. Garp untuk kemudian bisa mengalahkan mereka dalam peristiwa God Valley.

Artur - Library of Ohara on Twitter: "A reveal a decade in the making #OnePiece957 #Goda… "

Sebagian besar kru Rocks masih sangat misterius, namun para fans sepertinya berhasil menebak salah satu karakter dalam cerita yang kemungkinan pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Dia adalah Shakky/Shakkey. Shakky adalah pemilik sebuah bar di kepulauan Sabaody, dan juga salah satu rekan dari Silvers Rayleigh.

Shakky juga dulunya merupakan seorang bajak laut yang terkenal. Menurut Hatchi, Shakky merupakan salah satu bajak laut yang ditakuti di seluruh lautan sekitar 40 tahun yang lalu, yang mana hal itu seolah memberikan petunjuk bahwa Shakky dulunya adalah bagian dari kru bajak laut Rocks.

Hal itu kemudian ditambah dengan pengakuan dari Shakky bahwa ketika dirinya masih menjadi bajak laut, Garp selalu berusaha untuk menangkapnya. Mereka berdua bisa jadi pernah bertarung satu sama lain, meskipun bagaimana pertarungannya dan kapan itu terjadi masih belum diketahui.

Rocks D. Xebec vs Roger & Garp - One PieceBanyak spekulasi mengatakan, setelah insiden God Valley, Shakky lebih memilih untuk berhenti menjadi bajak laut dan membuka sebuah bar di Sabaody, dibandingkan harus kembali menjadi seorang bajak laut. Pihak angkatan laut sendiri beranggapan bahwa dia sudah tewas, dan Garp sendiri beranggapan bahwa dia sudah membunuhnya. Itulah mengapa Shakky lebih memilih untuk menetap di Sabaody.

Petunjuk juga semakin kuat yang menunjukan bahwa dia dulu pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Sempat terdapat sebuah pertanyaan kepada Oda Sensei mengenai masa lalu Shakky. Pembaca tersebut beranggapan bahwa dengan semua petunjuk yang ada – bajak laut, 40 tahun yang lalu, dan Garp – yang muncul dalam pikiran adalah Shakky.

Lalu, dia bertanya apakah Shakky memang memiliki koneksi dengan Garp. Oda Sensei sendiri tidak mampu menjelaskan dengan detail dan jelas mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut, dan seolah fan tersebut mampu menebak teka-teki yang muncul dalam ceritanya. Bisa jadi, ini juga alasan mengapa Shakky bisa mengenal Rayleigh. Mudah-mudahan saja sebelum ceritanya berakhir kita akan mengetahui bagaimana fakta sebenarnya dari Shakky, ya Geeks!