Silvers Rayleigh si raja kegelapan adalah tangan kanan atau orang kepercayaan dari raja bajak laut, Gol D. Roger. Menjadi tangan kanan dari Roger, tentunya membuktikan kalau level kekuatan Rayleigh tidaklah sembarangan. Bisa dibilang dia adalah salah satu karakter terkuat di cerita One Piece. Ada berbagai bukti bagaimana kekuatan Rayleigh sangatlah dahsyat.

Contohnya adalah ketika Garp tahu kalau Rayleigh ada di kepulauan Sabaody, dia mengatakan kepada anak buahnya untuk tidak menyerangnya, dengan alasan angkan laut tak seharusnya menyerang dua karakter legendaris sekaligus, Whitebeard dan Rayleigh. Garp sendiri mengatakan kalau ratusan angkatan laut bisa dia kalahkan dengan mudah. Artinya, untuk menangkap atau menyerang Rayleigh butuh kekuatan yang sangat besar.

Kemudian Shakky sendiri mengatakan bahwa kemampuan dan kekuatan dari Rayleigh jauh 100 kali lebih kuat dibandingkan para bajak laut supernova yang saat itu berlabuh di Sabaody. Dan Hal itu dibuktikan dalam sebuah pertarungannya melawan admiral Kizaru, yang akhirnya terpaksa datang setelah ada insiden pemukulan kaum naga langit.

Meskipun pada awalnya mungkin terdengar seperti sebuah candaan, tapi dari apa yang diperlihatkan oleh Rayleigh sejauh ini membuktikan bahwa apa yang diucapkan Shakky memang ada benarnya. Dalam hal ini kemampuan Haki Rayleigh sudah jauh di atas para Supernova yang mungkin pada saat itu tidak tahu konsep tentang Haki.

Kemampuan Rayleigh saat ini mungkin tidak seefektif dan tidak sekuat ketika dia muda, tapi meskipun begitu pertarungan melawan Kizaru menjadi bukti kalau dia masih berbahaya dengan berhasil membuat Kizaru terluka. Hal ini kemudian memancing pertanyaan tentang bagaimana dan sekuat apa Rayleigh dahulu.

Jinbei dan para Supernova yang ada di pelelangan manusia, bahkan terkejut melihat sosok Rayleigh. Mereka menganggap kalau Rayleigh adalah sosok legendaris, seorang bajak laut yang luar biasa kuat. Selain kekuatan dalam bertarung, kekuatan fisik Rayleigh juga sangat dahsyat. Terbukti dia pernah berenang melewati Calm Belt, dan mengalahkan beberapa Sea Kings dengan tangannya sendiri.

shakuyaku | Explore Tumblr Posts and Blogs | TumgirHal yang luar biasa lainnya dari Rayleigh adalah kemampuannya untuk menguasai ketiga jenis Haki yang ada. Kemampuan Haki kepemimpinannya sudah berada di level tertinggi, dimana dia bisa menargetkan korbannya untuk dibuat tidak sadar. Dia mampu melakukan ini tanpa mempengaruhi lingkungan di sekitar targetnya.

Bahkan, dalam sebuah kolom SBS Oda pernah menjelaskan bahwa jika Rayleigh berada dalam kondisi dan situasi yang sama dengan Luffy saat dia dikepung oleh anak buah Hody Jones, Rayleigh akan mampu membuat semua anak buah Hody Jones tidak sadarkan diri. Dan rasanya, angka tersebut mungkin bisa lebih besar lagi jika memang musuhnya jauh lebih banyak (seperti diungkapkan oleh Garp).

Kemudian kemampuan Armament (kebunshoku) Hakinya juga sudah berada di level tertinggi, dimana dia bisa menghancurkan benda atau apapun dari dalam. Contohnya adalah ketika dia menghancurkan gelang peledak Camie. Armament Haki ini juga mampu menahan serangan dari Kizaru, dengan mempertahankan bentuk aslinya. Seperti yang kita tahu, Kizaru merupakan pengguna buah iblis dengan tipe Logia.

Why couldn't he simply turn into fire and repair the damage? - Anime & Manga Stack ExchangeMemang, dalam konsep dasar Haki, khususnya Armament Haki, diketahui bahwa Haki ini bisa menahan bentuk asli pengguna Logia. Namun, level kekuatan Armament Haki yang dimiliki oleh Rayleigh rasanya sudah jauh di atas Armament Haki biasa, yang mana mungkin hal tersebut bisa menjelaskan mengapa Rayleigh bisa melukai Kizaru.

Observation Haki milik Rayleigh juga tidak kalah mengerikan, dimana dia bisa merasakan emosi dan juga keberadaan seseorang. Dia bisa mengetahui berapa jumlah musuh atau jumlah lainnya tanpa perlu melihatnya secara langsung. Dalam anime di episode 870 menjadi bukti lain kekuatan Rayleigh, dimana Bounce Man milik Luffy yang merupakan Gear ke 4 Luffy nyatanya tidak ada apa-apanya bagi Rayleigh. Rayleigh juga bahkan bisa menghilangkan hawa keberadaanya.

10 One Piece Characters Who Can Use Three Types of Haki! Truly Overpowered! | Dunia GamesBerdasarkan dari apa yang disebutkan di atas bisa kita simpulkan bahwa kekuatan Rayleigh sangatlah dahsyat. Dan bisa dipastikan bahwa level kekuatan Rayleigh – khususnya Haki dan Ryou miliknya – jauh lebih kuat dari para Supernova, sedikit dibawah kekuatan para Yonko. Hal ini dikarenakan kekuatan Roger sedikit lebih besar dan lebih kuat dibandingkan Rayleigh.

Apakah kekuatan Haki Luffy saat ini sudah setara dengan Rayleigh? Rasanya masih terlalu jauh bagi Luffy untuk bisa setara dengan Rayleigh. Namun, Luffy sekarang sudah bisa melakukan hal yang sama dengan Rayleigh. Dan memang perjalanan dan petualangan Luffy sendiri masih panjang untuk bisa berada di level yang sama dengan Rayleigh. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kemampuan Rayleigh ketika dia menggunakan seluruh kemampuannya, dan tentu akan menarik juga melihat petualangan Luffy untuk memperkuat kemampuan Haki miliknya.