Pertarungan puncak di Onigashima menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa. Pertarungan lima Worst Generation menghadapi dua Yonko menjadi “menu utama” dalam arc Wano Country. Kita melihat Luffy, Law, Zoro, Kidd, dan Killer mengeluarkan kemampuan terbaru dan terbaik mereka. Dan hasilnya kelima Worst Generation tersebut pun berhasil membuat kedua Yonko kewalahan.

Meskipun begitu, Kaido dan Big Mom juga tidak kalah kuat. Meskipun berbagai serangan dahsyat bertubi-tubi mengarah kepada mereka, namun sampai chapter terbaru kemarin kita melihat bagaimana keduanya masih dalam kondisi yang baik – terlepas dari ada bekas luka di tubuh Kaido. Big Mom dan Kaido baru mengeluarkan sekitar 30-40% dari kekuatan mereka.

Luffy, dengan Advanced Conqueror Haki miliknya, sempat memberikan perlawanan dengan membuat Kaido tersungkur. Namun, di chapter 1013 kita harus menerima kenyataan pahit di mana di akhir chapternya diperlihatkan Luffy terjatuh dari Onigashima dalam keadaan tidak sadarkan diri. Kaido sendiri diperlihatkan masih dalam kondisi baik, meskipun kelelahan.

At this point, who can challenge and win against a Hybrid Kaido in one-on-one match, MF Akainu or Mihawk?? - Battles - Comic VineMenghadapi seorang Yonko – yang notabene ada kaisar lautan – tentunya bukan sebuah hal yang mudah. Apalagi jika harus menghadapi dua Yonko sekaligus. Dan perlu juga dicatat bahwa arc Wano belum menjadi akhir dari petualangan Luffy di seri One Piece. Artinya, Luffy akan menghadapi lawan yang jauh lebih kuat lagi dan lebih mengerikan setelah arc Wano ini selesai.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh Luffy? Seperti yang disebutkan di artikel yang lain, perlu dipahami bahwa penyerangan ke Onigashima ini adalah pertempuran, bukan pertarungan. Itu artinya Luffy butuh lebih banyak pasukan atau bantuan kekuatan untuk bisa menang – atau setidaknya membuat strateginya lebih efektif. Dan sudah saatnya pasukan Straw Hat Grand Fleet mulai bergerak.

Puluhan hingga ribuan bajak laut memutuskan untuk setia kepada Luffy setelah apa yang terjadi di arc Dressrosa. Mereka sepakat untuk menjadi “anak buah” dari kelompok Luffy di mana mereka siap membantu ketika kelompok Topi Jerami dalam bahaya. Dan saat ini adalah momen tersebut, momen di mana Luffy membutuhkan bantuan mereka, di mana Luffy dalam keadaan bahaya.

Saiyaman Senbei on Twitter: "Au départ Grand Line, on a le choix entre 7 routes différentes… "Bartolomeo dan yang lain memiliki Vivre Card Luffy, dan belum lagi kabar mengenai pertarungan melawan Kaido pasti sudah tersebar ke seluruh dunia. Artinya, dia pasti sudah tahu apa yang sedang terjadi kepada Luffy dan kelompok Topi Jerami. Berdasarkan hal tersebut seharusnya Bartolomeo sudah mulai bergerak mengumpulkan para anak buahnya yang lain untuk pergi ke Wano.

Atau bahkan mungkin mereka sudah berada di perjalanan menuju Wano. Kemunculan kelompok Straw Hat Grand Fleet tentu bisa menambah pasukan dari aliansi, yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 7.000 orang. Jika kemudian mereka semua datang, artinya pasukan aliansi Luffy akan bertambah dengan drastis, dan ini bisa menjadi momen epic come back dari pasukan aliansi. Selain itu, sebagian dari mereka juga memiliki kemampuan buah iblis, seperti halnya Bartolomeo.

Mungkin sudah saatnya karakter lain terlibat dalam pertempuran ini. Semuanya mulai bersatu demi membantu Luffy, sosok yang sudah membantu memecahkan masalah mereka. Dengan begitu, pertempuran paling besar di sepanjang sejarah One Piece – untuk saat ini – akan terwujud. Kita nantikan saja ya Geeks apakah mereka akan muncul di pertempuran Wano ini.