Rika merupakan makhluk kutukan yang merupakan partner dari Yuta Okkutsu. Dia adalah  makhluk kutukan yang sangat kuat, sehingga memiliki gelar Ratu Kutukan. Jika Sukuna adalah Raja Kutukan, maka Rika adalah Ratunya, karena berjenis kelamin perempuan. Lantas apa yang membuat Rika menjadi sangat kuat sebagai makhluk kutukan? Berikut ulasannya.

Masa Lalu Yang Kelam

Rika adalah teman masa kecil Yuta. Dia merupakan seorang gadis kesepian yang selalu mendapat nasib buruk. Menurut sebuah sumber, kedua orang tuanya mati dengan tragis saat Rika masih kecil, hingga kemudian dia tinggal di rumah neneknya. Namun, nenek Rika selalu menganggap bahwa Rika yang telah membunuh kedua orang tuanya, sehingga dia merasa tertekan hampir setiap hari. Namun itu semua berubah saat Rika bertemu dengan Yuta.

Pertemuan dengan Yuta membuat hidup Rika berubah. Bocah laki-laki itu sangat baik kepada Rika. Perlakuan baik Yuta adalah sesuatu yang tidak pernah Rika rasakan sebelumnya, bahkan dari nenek maupun kedua orang tuanya sekalipun. Oleh sebab itu, Rika sangat mencintai Yuta dan berjanji akan menikahi laki-laki itu suatu saat nanti ketika sudah dewasa. Janji keduanya diikat dalam sebuah cincin yang diberikan Rika kepada Yuta.

Kematian Rika

Sayangnya impian Rika gagal terwujud. Dia tewas setelah sebuah truk menabrak tubuh kecilnya sepulang sekolah. Sejak saat itu, Rika menjadi makhluk kutukan dan mengikuti Yuta kemanapun dia pergi. Melihat Yuta menangisi kematian Rika, Rika berjanji akan melindungi Yuta selamanya. Oleh sebab itu kebanyakan korban Rika adalah orang-orang yang suka membully Yuta di sekolah, seperti preman sekolah, dan lain-lain.

Asal-usul Kekuatan Rika

Rika menjadi makhluk kutukan yang sangat kuat. Bahkan waktu pertama kali pihak petinggi jujutsu mengetahui kasus ini, mereka masih belum mengetahui alasan kenapa arwah anak kecil bisa memiliki kekuatan yang sangat besar. Nampaknya ini merupakan efek dari kekuatan cinta dari Rika kepada Yuta yang sangat besar.

Sebelumnya, ada dugaan bahwa Rika sudah sejak kecil memiliki kekuatan yang spesial. Buktinya adalah meninggalnya dua orang tua Rika sekaligus, sehingga itu menjadi sebuah dugaan bahwa mungkin Rika telah terkutuk sejak awal. Namun hingga sekarang, itu masih sebuah dugaan dan belum terbukti sama sekali.

Dugaan lainnya adalah kekuatan cinta Rika kepada Yuta yang sangat besar yang membuatnya semakin kuat. Sebab sebelumnya, Rika belum pernah mendapat perlakuan baik dari siapapun selama masih hidup kecuali dari Yuta. Sehingga, rasa cinta Rika kepada Yuta menjadi sangat berlebihan dan tidak rela jika terjadi sesuatu yang buruk kepada Yuta. Oleh sebab itu, Rika menjadi sangat kuat dengan tujuan melindungi Yuta. Rika juga tahu, bahwa Yuta saat itu adalah anak yang lemah. Kekuatan cinta Rika membuatnya menjadi makhluk kutukan yang sangat luar biasa dan membuat takut makhluk lain kecuali Sukuna.

Bentuk Kekuatan Rika

Selain memiliki bentuk yang besar, Rika juga memiliki keunggulan sebagai makhluk kutukan pendendam. Rika memiliki energi kutukan yang sangat besar, sehingga dia sangat jarang kehabisan tenaga jika tidak melawan musuh yang sepadan dengannya. Rika juga bisa meniru teknik kutukan milik makhluk lain, sehingga dia akan mudah beradaptasi dalam sebuah pertarungan yang sangat sulit sekalipun. Rika juga bisa merobek makhluk kutukan yang cukup kuat hanya dengan dua tangan kosong, sehingga ini menjadi bukti, bahwa dia tergolong sebagai makhluk kutukan yang sangat luar biasa dan layak menjadi Ratu Kutukan.