Serial Hunter x Hunter menjadi salah satu waralaba karya Yoshihiro Togashi yang cukup mengesankan. Meski saat ini serial Hunter x Hunter masih dalam kondisi hiatus yang cukup panjang, namun serial ini mampu membuat penggemar setianya menunggu hingga sekarang, karena alur cerita yang menarik, dan hadirnya beberapa karakter yang juga cukup kuat. Sehingga, timbul beberapa pertanyaan terkait serial ini tentang apa pekerjaan seorang Hunter, apa itu Nen, dan lain-lain.

Pertama kita akan membahas mengenai alur cerita serial Hunter x Hunter. Serial ini dibuka dengan hadirnya si tokoh utama dalam serial ini yang bernama Gon. Dia adalah seorang bocah yang bercita-cita untuk menjadi Hunter untuk mencari ayahnya yang tidak kunjung pulang hingga sekarang. Menurut informasi yang beredar, ayah Gon yaitu Ging menghilang karena pekerjaanya menjadi Hunter. Sejak saat itu, Gon merasa bisa mencari keberadaan ayahnya, dengan menjadi Hunter.

Ketika serial Hunter x Hunter pertama kali tayang, mereka menayangkan proses Gon mengikuti ujian dan seleksi menjadi Hunter secara bertahap. Sehingga, kalian bisa melihat ujian yang sangat mengerikan dan berat yang telah dialami oleh Gon dan kawan-kawan. Bahkan ada beberapa ujian yang bisa membuat nyawa kalian melayang dengan mudah. Ketika Gon menjadi seorang Hunter, dia bertemu dengan banyak orang baru seperti Killua, Kurapika, dan lain-lain.

Selain mendapatkan banyak ujian, untuk menjadi seorang Hunter kalian harus menguasai Nen. Teknik ini adalah sebuah kemampuan yang biasa digunakan oleh semua Hunter untuk memanipulasi aura seseorang. Para peserta ujian Hunter harus bisa menguasai empat dasar perubahan Nen yang biasa digunakan oleh seorang Hunter dalam sebuah pertarungan. Dengan memiliki teknik Nen, seorang Hunter juga akan dihormati oleh para Hunter lain, dan memiliki derajat yang lebih tinggi.

Selain itu, setiap Hunter juga harus mengikuti peraturan yang berlaku dan tidak boleh melanggar sedikit pun. Terdapat Sepuluh Peraturan Hunter yang harus dipatuhi oleh setiap Hunter, dan salah satu peraturannya adalah, mengenai “setiap Hunter harus memiliki tujuan”. Peraturan itu menjawab pertanyaan mengenai beberapa Hunter yang memiliki bidang spesialis yang unik seperti berburu, memasak, dan lain-lain.

Seorang Hunter memang memiliki bidang spesialisnya masing-masing, sehingga pekerjaan setiap Hunter berbeda-beda. Salah satu Hunter yang menguji Gon dan kawan-kawan, ada yang spesialis dalam hal memasak, sehingga dia akan sangat jeli dan teliti mengenai cita rasa, memasak, dan lain-lain. Namun, ada beberapa pekerjaan Hunter yang ekstrim dan sangat berbahaya, seperti Kurapika sebagai spesialis pemburu hadiah besar, Melody sebagai pemburu musik atau alat musik langka, dan lain-lain.

Hunter juga memiliki sebuah kartu lisensi yang akan didapatkan setelah seorang Hunter melewati separuh ujian kelayakan. Kartu ini sangat sederhana dan nampak tidak spesial. Namun, kegunaan dari kartu ini bisa membuat seorang Hunter pergi kemanapun dia mau. Menurut sebuah sumber, pemilik lisensi Hunter bisa membuat pemiliknya diterima di 90 negara yang melarang orang asing untuk masuk, bisa mengunjungi sekitar 75 persen tempat terlarang di dunia, dan bisa menggunakan 95 persen pelayanan publik secara gratis.

Oleh sebab itu, jika seorang Hunter tidak memiliki uang sama sekali dan ingin menjualnya kartu lisensinya, maka dia akan mendapatkan uang yang sangat banyak. Sebab, harga satu lisensi Hunter sangatlah mahal karena fasilitas yang akan didapatkan oleh pemiliknya juga sepadan. Pada akhirnya, setiap Hunter adalah individu yang berbeda dan juga memiliki keahlian yang berbeda di masing-masing bidang. Namun, mereka memiliki tingkat fokus yang berbeda dari orang lain, sehingga sangat menguasai bidang yang mereka sukai tersebut.