Sudah bukan hal yang aneh jika Eiichiro Oda menghadirkan kesamaan atau paralel dari masa lalu dan masa depan. Mewariskan tekad menjadi salah satu tema yang memang muncul dalam seri One Piece. Sudah ada banyak cerita atau contoh dari bagaimana satu tekad diwariskan kepada generasi selanjutnya, salah satunya adalah topi jerami yang digunakan Luffy sekarang.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, namun diyakini bahwa topi jerami tersebut mewakili kebebasan. Ada juga yang meyakini bahwa topi tersebut mewakili tekad D. Inilah yang membuat Roger memberikan topinya kepada Shanks, dan kemudian Shanks mewariskan topi tersebut kepada Luffy. Dan berbicara mengenai kesamaan tersebut, ada kemungkinan bahwa struktur kelompok Topi Jerami akan sama dengan kelompok Roger.

Yang pertama, keselarasan dan kekompakan dari trio monster – Luffy, Sanji, dan Zoro – tidak akan berubah sedikit pun. Hal ini bisa dilihat dari momen yang terjadi di Wano sekarang, di mana Luffy, Sanji, dan Zoro yang tetap mendapatkan sorotan lebih. Kedatangan Jinbe memang sempat membuat banyak orang berpikir bahwa dia sudah menggeser posisi Sanji dalam kombinasi tersebut.

Namun, faktanya adalah Sanji tetap “lebih unggul” dibandingkan Jinbe, sehingga kombinasi trio monster tetap seperti dahulu. Kedua, munculnya sosok karakter baru yang bergabung di tengah perjalanan. Dalam hal ini, sosok “Oden” yang bergabung dengan kedua kelompok tersebut. Seperti yang kita ketahui, Kozuki Oden diminta oleh Roger untuk bergabung dengannya.

Roger meminta Oden untuk membantunya memecahkan Poneglyph yang mengarahkannya ke Laugh Tale. Oden pun setuju dan kemudian menjadi bagian dari kru Roger, meskipun hanya dua tahun. Bagaimana dengan kelompok Luffy? Meskipun Luffy tidak mendapatkan sosok Oden yang asli atau keturunannya, namun dia mendapatkan sosok “kembaran” dari Oden, yang tidak lain adalah Yamato.

Yamato sendiri adalah anak dari Kaido, rival dari Oden dan sosok yang sudah membunuh Oden. Yamato melihat eksekusi Kozuki Oden. Namun, yang menarik adalah sejak kecil dia sudah terkagum-kagum dengan sosok Oden. Dia bahkan mempelajari tentang Oden, dan yang lebih ekstrem adalah dia mengaku dirinya adalah Oden. Yamato sendiri memiliki satu tujuan, keluar dari Onigashima dan berlayar ke lautan luas.

Hal ini sempat dia sampaikan kepada Ace, namun keinginan tersebut tidak bisa terwujud karena Kaido terlalu kuat untuk ditaklukan. Dan kali ini dengan kedatangan Luffy, kesempatan Yamato pun terbuka. Yamato sendiri sudah menyatakan bahwa dia akan berlayar bersama Luffy setelah mengalahkan ayahnya. Jika itu benar terjadi, maka kelompok Topi Jerami akan mendapatkan sosok Oden.

Jadi, setelah arc Wano selesai, kita akan melihat “cerminan” dari kru bajak laut Roger di kelompok Topi Jerami. Semuanya akan sesuai dengan apa yang terjadi di masa lalu.

Gol D. Roger – Monkey D. Luffy

Silvers Rayleigh – Roronoa Zoro

Scopper Gaban – Sanji Vinsmoke

Kozuki Oden – Yamato

Sunbell – Jinbe

Seagull – Franky

Crocus – Chopper

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.