Sosok Lady Loki akhirnya muncul di episode 2 dalam seri Loki yang tayang di Disney Plus. Ternyata Lady Loki adalah sosok di balik jubah yang misterius, dan sudah membunuh banyak sekali Minute Men dari TVA. Lady Loki juga ternyata menyebabkan kekacauan hebat di Sacred Timeline. Lalu, apa sebenarnya motivasinya melakukan hal tersebut?

Di akhir episode 1, Mobius menjelaskan kepada Loki bahwa sosok yang sedang mereka cari adalah versi lain dari dirinya. Di sepanjang episode 2, kita melihat bagaimana usaha Loki, Mobius, dan TVA  untuk mencari keberadaan dan mengejar sosok misterius tersebut. Loki ternyata berhasil memecahkan teka-teki keberadaan sosok misterius tersebut, yang mana ternyata sosok misterius itu bersembunyi di salah satu bencana alam yang terjadi di Alabama pada 2050.

Setelah beberapa kali menggunakan tubuh orang lain, akhirnya terungkap jati diri dari sang karakter misterius tersebut yang tidak lain adalah Lady Loki. Karakternya adalah hasil modifikasi dari versi komik. Lady Loki helas memiliki tujuan yang destruktif dan gila, dengan mengirimkan berbagai tabung ‘reset charges’ ke berbagai tempat. Namun, tentu dia memiliki tujuan besar.

Rencana Menghancurkan Sacred Timeline

Lady Loki sepertinya sudah mempersiapkan semuanya untuk rencana besarnya membombardir Sacred Timeline. Hal ini bisa dilihat dari aksi yang dia lakukan, mulai dari melumpuhkan berbagai tim Minute Men dan kemudian mencuri reset charges mereka. Lady Loki membuat sebuah reset charges tersebut seakan-akan menjadi sebuah bom waktu, yang dikirim ke berbagai tempat dan waktu.

Apa yang dia lakukan menyebabkan banyak sekali kejadian nexus dan mengancam kestabilan Sacred Timeline. Selain itu, kita juga tahu bahwa Lady Loki mengetahui caranya bagaimana untuk bisa bertemu dengan Time-Keepers, setelah dia menculik salah satu Minute Men. Lalu, apa artinya semua hal itu? Kemungkinan besar Lady Loki sedang berusaha mengambil alih kendali Sacred Timeline dari Time-Keepers.

Dengan tidak stabilnya Sacred Timeline, maka kekuatan dari TVA pun akan melemah. Mereka akan kesulitan untuk memonitor dan menspekulasikan berbagai kejadian, dan mencegah berbagai rencana besar mereka yang akan terjadi di Sacred Timeline. Dengan Lady Loki mengetahui di mana keberadaan Time-Keepers, sepertinya dia memanfaatkan situasi dan kekacauan ini sebagai pengalih perhatian untuk tujuan utamanya, menyerang Time-Keepers. Jika Time-Keepers berhasil dikalahkan, maka seluruh TVA akan lumpuh, dan Lady Loki akan berkuasa.

Mengapa Lady Loki Membenci Time-Keepers

Pertanyaan besarnya kemudian mengapa Lady Loki begitu membenci Time-Keepers? Ada beberapa kemungkinan alasan. Yang pertama dan yanag paling jelas adalah kekacauan. Sebagai God of Mischief, Lady Loki tidak senang bahwa semua kejadian yang terjadi sebelumnya sudah ditentukan.  Hal ini juga sebenarnya diperlihatkan oleh Loki, di mana dia mengeluhkan hal tersebut kepada Mobius.

Menurut Loki, semua hal yang sudah ditentukan itu membuat situasinya menjadi membosankan. Ada kemungkinan juga bahwa Lady Loki memang sejahat yang selama ini TVA kira, dan dia berusaha untuk mengambil alih kekuatan Time-Keepers, mencoba untuk menjadi yang terkuat di alam raya. Namun, seperti yang disebutkan oleh Loki, tidak semuanya yang baik itu baik dan tidak semuanya yang jahat itu jahat.

Lady Loki sudah banyak membunuh agen TVA dan juga masyarakat sipil. Namun, mungkin dia menyakiti orang-orang dengan alasan yang sama yang dilakukan oleh Loki, seperti yang dia ucapkan di episode 1 – karena dia yakin dia harus melakukannya. Time-Keepers adalah sosok yang misterius, tidak terlihat, dan semua cerita yang diungkapkan oleh TVA penuh dengan pertanyaan.

Tidak ada bukti nyata dari perang multiverse yang dikatakan hampir saja menghancurkan realita ini, dan tidak ada penjelasan yang jelas juga dari mana Time-Keepers berasal, atau bagaimana mereka bisa menciptakan sebuah timeline utama. Beberapa teori yang muncul di kalangan fans menyatakan bahwa TVA sebenarnya adalah villain utama dari ceritanya.

Mereka berusaha mengendalikan ruang dan waktu tanpa disadari oleh para orang-orang di TVA lainnya. Jika kemudian apa yang diteorikan tersebut benar, maka artinya tindakan yang dilakukan oleh Lady Loki sangatlah baik, sebuah perjuangan untuk meruntuhkan tiran yang bisa membahayakan alam raya ini.

Mengapa Lady Loki Membutuhkan bantuan Loki

Di sepanjang adegan klimaks di episode 2, Lady Loki terus menekan Loki dengan berbagai sindirian dan celaan. Namun, setelah mengirimkan puluhan reset charges ke berbagai tempat dan waktu serta kabur dengan menggunakan pintu waktu, dia membiarkan portal tersebut terbuka sampai kemudian Loki masuk. Hal itu membuat Mobius dan agen TVA lainnya tidak bisa mengejar Loki.

Hal itu seolah memberikan kesan bahwa Lady Loki mengajak Loki untuk mengikutinya, dan mungkin ada sebuah rencanay ang lebih besar yang sudah disiapkan yang melibatkan sosok Loki. Bisa jadi Loki sebenarnya hanya sebuah bidak catur dan apa yang dia lakukan dengan membiarkan Loki masuk, sebenarnya adalah sebuah tipuan atau trik. Atau bisa jadi juga Lady Loki memang tertarik bekerja sama dengan Loki demi menggulingkan Time-Keepers. Bisa jadi juga pasukan Loki saat ini sedang dipersiapkan untuk menghancurkan TVA.

Lady Loki Ingin Memulihkan Multiverse (?)

Menurut video yang ada di TVA, Sacred Timeline adalah akhir dari multiverse MCU. Artinya, jika kemudian Sacred Timeline hancur dengan menciptakan berbagai kejadian nexus lainnya, maka hal tersebut akan menciptakan kembali multiverse. Bisa jadi tujuan utama dari Lady Loki adalah mengembalikan multiverse dengan menggulingkan Time-Keepers dan menghancurkan TVA.

Dengan begitu, MCU bisa terbebas dari sebuah timeline yang bisa diprediksi atau ditentukan sebelumnya. Hal itu bisa menjadi sebuah tawaran yang menarik untuk sosok yang memang menyenangi kekacauan dan kegilaan. Tetapi, di sisi lain, hal tersebut juga dirasa masuk akal untuk MCU sebagai sebuah franchise.

Membangun kembali multiverse artinya Marvel bisa membawa serta berbagai karakter yang sebelumnya tidak ada. Contoh yang paling nyata adalah para mutan, X-Men, dan juga berbagai realita alternatif lainnya. Dan dengan Michael Waldron yang merupakan penulis dari seri Loki juga menulis untuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness, ada kemungkinan Sacred Timeline tidak akan berada dalam kondisi yang baik-baik saja di akhir serinya.