DC dan Marvel sudah beberapa kali berkolaborasi, dan di momen-momen tersebut terbukti saat Superman dan Wonder Woman mampu mengangkat palu Mjolnir milik Thor. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah ‘kelayakan’ untuk menggunakan Mjolnir berlaku juga kepada anggota ketiga dari trinitas DC yaitu Batman. Meskipun sudah tidak diragukan lagi bahwa Batman adalah salah satu pahlawan terbesar di dunia, dan ada banyak faktor tentang sang Dark Knight yang dapat dianggap layak sekaligus tidak layak.

Batman adalah sosok keadilan mutlak. Dia berpegang teguh pada prinsip yang dipegangnya, bahkan saat menghadapi tekanan dan godaan yang luar biasa. Namun, meskipun terlihat begitu dingin dan cuek, dia sebenarnya memiliki kepedulian terhadap orang lain dengan caranya sendiri, dia bersedia menerima anak-anak yang terluka oleh kejamnya dunia dan membesarkan mereka untuk menjadi lebih baik dari dirinya.

Batman telah menunjukkan kelayakannya dengan cara lain juga, ketika dia layak untuk duduk di ‘Kursi Mobius’, semacam kendaraan untuk menjelajahi ruang dan waktu. Tes yang lebih efektif adalah saat Batman layak menjadi anggota dan menggunakan kekuatan Green Lantern, Black Lantern, White Lantern, bahkan Sinestro Corps. Memang, skenario itu semua memiliki standar kelayakan yang berbeda, tetapi bagaimanapun juga terbukti bahwa Batman adalah orang yang luar biasa. Dan hampir semua orang yang pernah mengangkat Mjolnir adalah orang yang luar biasa.

Namun, dengan banyak nyawa yang telah dia selamatkan dan semua bukti bahwa dia lebih unggul dari yang lain, Batman mempunyai sisi iblis di dalam dirinya. Dia memerangi kejahatan karena hasil dari trauma yang tidak pernah bisa dia sembuhkan, bukan semata-mata karena kemurahan hati. Superman dan Wonder Woman memilih untuk menjadi pahlawan karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, tetapi Batman melakukannya karena rasa sakit di hatinya. Bruce juga tidak sempurna, dia memiliki masalah kepercayaan, dan hanya membiarkan orang-orang tertentu saja untuk mendekatinya.

Namun, dalam kasus Mjolnir, tidak ada daftar kelayakan yang mutlak, bahkan Thor pun pernah dianggap tidak layak untuk beberapa waktu, maka benar-benar tidak ada yang tahu siapa yang pantas dan tidak pantas untuk menggunakan Mjolnir. Pada saat-saat terbaiknya, Batman mungkin bisa mengangkat Mjolnir, bahkan bisa lebih layak dari siapa pun. Tetapi di malam-malam tergelapnya, dia mungkin tidak akan bisa menggerakkannya sama sekali. Walau bagaimanapun, bukan senjata atau alat yang membuat Batman luar biasa, tetapi dirinya sendiri.