Proyek film apa lagi yang sudah dipersiapkan oleh Warner Bros. untuk Conjuring Cinematic Universe, setelah The Conjuring: The Devil Made Me Do It? Film tersebut menjadi film ketiga dari franchise The Conjuring, dan menjadi salah satu film yang banyak dinantikan para penggemar. Kesuksesan dari franchise garapan James Wan ini memunculkan berbagai proyek spinoff, contohnya The Nun.

Kesuksesan Conjuring Cinematic Universe dianggap sebagai kesuksesan pertama genre horor dalam sejarah perfilman dunia. Selama ini, genre horror hanya dianggap sebagai “pelengkap” dari genre film. Dengan kesuksesan tersebut WB dan New Line Cinema sudah menyiapkan berbagai proyek lainnya untuk franchise ini. Apa Saja? Berikut adalah beberapa diantaranya.

The Croocked Man – Dikonfirmasi

Film The Nun bukan hanya menjadi proyek spinoff yang muncul setelah keluarga Warren pergi ke London dan bertarung melawan Valak di The Conjuring 2. Ada juga film The Croocked Man, yang merupakan nama monster yang muncul dari sebuah kotak musik yang ada di filmnya. James Wan dan Peter Safran dikabarkan terlibat dalam pembuatan filmnya.

Pada 2017 kemarin diketahui bahwa filmnya berada dalam tahap pengembangan awal. Namun, sejak kabar terakhir filmnya, belum ada lagi berita perkembangan lainnya. Juga tidak ada kabar tentang pembatalan atau penundaan proyek filmnya. Menurut Safran, film The Nun menjadi prioritas utama sebelum The Croocked Man. Bisa jadi saat ini proyeknya masih tetap berjalan.

The Nun 2

Meskipun The Nun tidak sesukses The Conjuring atau spinoff, Annabelle, namun filmnya cukup bisa dibilang sukses. Safran sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa pihak New Line Cinema sedang mengerjakan film keduanya. Masih belum ada informasi jelas mengenai filmnya, baik judul atau pun ceritanya. Film pertamanya sendiri membawa para penggemar ke Rumania pada 1952, dan menceritakan tentang asal-usul sosok Valak.

Annabele Baru?

Tidak ada pernyataan resmi dari pihak studio apakah Annabele 4 sedang dalam proses pengembangan, sehingga untuk saat ini bisa diasumsikan bahwa Annabelle Comes Home menjadi yang terakhir dari seri Annabelle. Namun, seperti halnya The Nun 2, Safran sendiri sepertinya membuka kesempatan untuk menghadirkan film lanjutan dari Annabelle, dan bahkan rumornya sudah banyak beredar di dunia maya.

The Conjuring 4

Semua pihak di balik layar filmnya belum memberikan pernyataan resmi terkait apakah akan ada rencana untuk membuat film keempat untuk seri The Conjuring. Namun, sepertinya mereka tertarik untuk membuat lanjutannya. Belum lagi The Conjuring 3 sukses di pasaran, sehingga tidak heran jika film keempat akan segera diproduksi dan diumumkan oleh pihak studio.

Lalu, apa yang bisa dinantikan para penonton di film keempat nanti? The Conjuring 3 bersetting pada tahun 1981, di mana kita melihat keluarga Warren melakukan investigas atas pembunuhan Arnie Johnson. Namun, itu bukan kasus terakhir yang diselidiki keluarga Warren. Ada juga kasus lainnya, sebuah peristiwa supranatural di rumah Snedeker yang terjadi pada 1986. Namun, bisa juga James Wan memilih cerita lainnya.

Spinoff Dari The Devil Made Me Do It

The Conjuring 3 pada awalnya akan dibuat seperti dua film lainnya, Annabelle dan The Nun, sebagai spinoff dari film The Conjuring. Jika melihat pada tren ini, maka rasanya tidak heran jika kemudian The Devil Made Me Do It juga menghadirkan sebuah film spinoff. Sosok iblis yang terdengar dalam rekaman David Glatzel bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dimunculkan di filmnya, namun menurut sang sutradara, Michael Chaves, semua rencana awal tersebut terlalu kompleks sehingga idenya dibatalkan. Menarik tentunya untuk melihat apa kira-kira yang akan dihadirkan dari film The Devil Made Me Do It untuk muncul di film spinoffnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.