Apakah Wano sebenarnya merupakan kerajaan kuno yang selama ini menjadi mitos dalam cerita One Piece? Dalam cerita One Piece, kita mengenal sebuah abad yang hilang. Abad yang hilang adalah sebuah masa yang terjadi sekitar 800 tahun yang lalu, di mana tidak ada satu orang biasa pun yang tahu apa sebenarnya yang terjadi selama masa tersebut.

Menurut sejarah yang disebutkan dalam ceritanya, pada era tersebut 20 kerajaan bersatu untuk kemudian menghancurkan sebuah kerajaan besar. Pasca kehancuran dari kerajaan kuno tersebut, 20 kerajaan yang bersatu itu kemudian membentuk sebuah organisasi yang kemudian dikenal sebagai Pemerintah Dunia. Namun, bagaimana jika sebenarnya kerajaan kuno tersebut masih belum hancur?

Dengan adanya abad yang hilang, artinya fakta-fakta yang terjadi pada masa itu pun tidak diketahui dengan pasti. Ada juga yang mungkin faktanya menghilang atau bahkn disembunyikan. Hal inilah yang menjadi dasar munculnya sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa kerajaan kuno masih belum hancur. Dan kerajaan kuno tersebut adalah Wano.

Ada beberapa petunjuk yang mendukung pada spekulasi tersebut. Pertama kita masih belum tahu nama kerajaan kuno tersebut. Apakah memang nama kerajaannya adalah kerajaan kuno? Atau sebenarnya kerajaan tersebut memiliki nama? Dr. Clover sendiri hendak memberi tahu tentang hal tersebut sebelum kemudian dia ditembak dan kemudian tewas.

Di arc Thriller Bark, kita bertemu dengan seorang zombie bernama Ryuma yang ternyata adalah seorang legenda. Dia diketahui pernah membunuh seekor naga dan menurut Gyukimaru, Ryuma berasal dari masa lalu ketika Wano masih dikenal sebagai wilayah emas. Ryuma adalah salah satu samurai yang melindungi wilayah Wano dari para penyusup.

Dengan asumsi bahwa Wano adalah “negara emas” adalah makna harfiah dan bukan kiasan, artinya kita tahu sedikit masa lalu tentang Wano. Selama ini Wano sering direferensikan sebagai “wilayah Wano” atau The Land of Wano, yang mana mungkin nama tersebut adalah julukannya. Kita juga tahu bahwa klan Kozuki, klan yang memimpin di wilayah Wano, adalah pencipta dari Poneglyph.

Yang juga menarik adalah apa yang ditemukan oleh Oden dan yang lain di Laugh Tale dan kemudian dijelaskan melalui sebuah narasi. Jika diperhatikan, dalam narasi tersebut Oden tidak menyinggung mengenai kerajaan kuno yang hancur. Jika dia menemukan sesuatu tentang kerajaan kuno, tentunya Oden akan sedikit menyinggungnya. Namun, yang terjadi kemudian bahwa Oden mempelajari apa yang terjadi dahulu dengan kerajaan Wano – yang memperkuat dugaan bahwa sebenarnya kerajaan kuno adalah Wano.

Kemudian juga berkaitan dengan perbatasan Wano. Rasanya memang masuk akal bagi para penduduk Wano untuk tidak ingin membuka perbatasan wilayah mereka (meskipun bisa jadi ada kaitannya dengan propaganda Kaido. Mengapa kemudian Pemerintah Dunia tidak ingin negara Wano dibuka? Karena, menurut sebagian dari mereka, dengan menjadi negara terbuka wilayah Wano akan menjadi rawan.

Namun, Clover sendiri pernah mengatakan bahwa kerajaan kuno merupakan ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Jadi, ada kemungkinan bahwa perbatasan Wano ditutup karena pemaksaan dari Pemerintah Dunia, yang sebenarnya bertentangan dengan keinginan klan Kozuki. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh Kaido untuk mengambil alih dan memanipulasi para penduduk Wano.

Sengoku sendiri mengatakan bahwa bukan sebuah kebetulan bahwa ada banyak sekali figur-figur hebat memiliki koneksi dengan Wano, artinya Wano memang memiliki sejarah panjang di dunia One Piece. Mungkin inilah alasan mengapa Oda menganggap bahwa arc Wano akan memberikan hal yang signifikan terhadap One Piece.Mungkin inilah alasan mengapa Oda menganggap bahwa arc Wano akan memberikan hal yang signifikan terhadap One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.