Arrowverse akhirnya memperkenalkan sosok Green Lantern baru yaitu Jade. Jade sendiri merupakan karakter baru yang diperkenalkan di seri Stargirl musim kedua. Salah satu seri terbaru yang tayang di platform The CW, dan menjadi bagian dari DC TV yaitu Stargirl, yang berfokus pada sosok Courtney Whitmore dan generasi baru dari Justice Society of America.

Courtney adalah sosok yang bertanggung jawab atas kembalinya kelompok pahlawan tertua di DC Universe, setelah kelompok ini hancur oleh Injustice of America. Ketika Courtney sedang mengumpulkan berbagai benda dan kontum pahlawan JSA terdahulu, dia kemudian menemukan power battery milik Green Lantern. Meskipun tidak diperlihatkan tewas baterai tersebut adalah milik Alan Scott, Green Lantern dari era Golden Age, yang mana dia juga merupakan anggota awal dari JSA.

Di musim kedua serinya, para fans akan diperkenalkan dengan sosok Jade, yang merupakan putri dari Alan, seperti yang diperlihatkan di trailernya. Jade adalah satu-satunya karakter baru yang muncul di musim kedua Stargirl. Namun, bagi Arrowverse, kemunculannya sangat penting. Lalu, siapa sebenarnya Jade dalam cerita komiknya?

Kekuatan dan Asal-usul Jade di Komik

Jade alias Jennifer-Lynn Hayden, merupakan salah satu anak dari Alan Scott. Jade sendiri memiliki kembaran, seorang adik bernama Todd Rice, yang kemudian dikenal sebagai sosok Obsidian. Ketika istri dari Alan, Rose Canton, yang juga merupakan mantan villain bernama Thorn, hamil, Rose khawatir bahwa anaknya nanti akan berubah jahat seperti dia dahulu.

Akhirnya Rose memberikan Jade dan Todd kepada siapa pun yang ingin mengadopsinya, dan mereka pun kemudian tumbuh di dua keluarga angkat yang berbeda. Jade kemudian pada akhirnya menyadari bahwa dia memiliki adik kembarannya dan dia adalah anak dari Green Lantern. Keduanya kemudian mencoba bergabung dengan JSA, namun ditolak.

Green Lantern: 9 Of DC's Most Important Emerald Knights, Ranked - CINEMABLENDAkhirnya mereka pun membuat kelompok sendiri, Infinity Inc, yang berisi para sidekick dari anggota JSA dan anak-anak para pahlawan. Berbicara mengenai kekuatan Jade, dia memiliki kemampuan metahuman karena energi mistis yang diwariskan oleh Alan selama dia menjadi Green Lantern. Hal tersebut membuat Jade bisa menciptakan energi mereka sendiri.

Namun akibat dari hal ini juga kulit Jade berubah menjadi warna hijau dan rambut berwarna hijau. Jade mewarisi kemampuan ibunya, untuk bisa memanipulasi tanaman. Karena Jade dan Todd adalah anak kembar, mereka memiliki semacam kemampuan telepati untuk saling berkominikasi. Berbeda dengan sang ayah, kemampuan Jade sebagai Green Lanters tidak perlu diisi ulang, karena dia sudah terlahir dengan kekuatan tersebut.

Bagaimana Stargirl Musim Perdana Memperkenalkan Green Lantern

Musim pertama dari Stargirl memang tidak menghadirkan banyak sekali cerita tentang Golden Age Green Lantern, di mana episode perdananya sendiri perlihatkan pertarungan antara JSA melawan ISA. Meskipun tidak diperlihatkan dalam bentuk fisik, namun energi api berwarna hijau sempat terlihat yang menandakan bahwa Alan sudah tewas. Satu dekade kemudian, Courtney kemudian menemukan power battery milik Alan.

Satu-satunya “bukti” keberadaan Alan di JSA adalah melalui foto kelompok JSA dan juga banner miliknya di markas JSA. Power battery sempat muncul beberapa kali di musim pertama Stargirl. Seperti yang dijelaskan oleh Pat, power battery adalah benda yang berbahaya. Dia juga menekankan bahwa power battery tidak akan berguna tanpa adanya cincin menjadi kekuatan utama Grene Lantern. Sejauh ini Arrowverse memang tidak pernah secara gamblang memberikan penjelasan mengenai Green Lanters Corps dan bagaimana Alan mendapatkan cincin dan power battery. Mungkin di musim kedua nanti kita akan mendapatkan jawabannya.

Jade Versi Arrowverse

Sejauh ini tidak banyak informasi mengenai karakter Jade yang akan muncul di musim kedua Stargirl, selain dari apa yang diperlihatkan di trailernya. Namun, dari apa yang dihadirkan di trailernya, seperti Jade memiliki power ring yang selama ini dia simpan. Di trailernya, Jade datang ke rumah Courtney dan mereka pun bertarung. Ada kemungkinan bahwa Jade akan mengambil power battery yang diambil Courtney.

Di akhir trailernya, Jade mengungkapkan siapa dirinya, yaitu anak dari Green Lantern. Berdasarkan dari trailernya, sepertinya The CW diberikan kebebasan untuk menggambarkan sosok Jade di seri Stargirl. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisik Jade, yang tidak berwarna hijau dan tidak memiliki rambut hijau. Namun, bisa jadi juga Jade akan berubah seperti halnya di komik di pertengahan atau di akhir musim.

Masih belum diketahui juga apakah sang adik, Obsidian, juga akan muncul di serinya. Namun, mengingat seri Stargirl benar-benar mengadaptasi cerita tentang JSA dari komik, tidak heran jika dia muncul sebagai cameo, atau dipersiapkan untuk musim ketiga nanti.Starg