Sudah jadi rahasia umum bahwa Batcave adalah markas operasional bagi Batman, dalam memberantas kejahatan di kota Gotham. Selama berpuluh-puluha tahun, Bruce Wayne memanfaatkan Batcave yang ada di bawah Wayne Manor untuk dijadikan markas operasionalnya dalam melakukan berbagai hal, seperti mengalahkan Joker, Harley Quinn, atau membantu Justice League. Batcave menjadi “rumah kedua” bagi Bruce.

Namun, sesuatu yang menarik diperlihatkan di seri komik Batman: Earth One Volume Three. Dalam ceritanya Batcave diperlihatkan tidak lagi berlokasi di bawah Wayne Manor, melainkan di bawah rumah sakit jiwa Arkham. Dalam satu momen, ketika Wayne Manor masih terhubung dengan Batcave, pasukan polisi menyerang rumahnya dan memaksa Bruce memindahkan markas operasionalnya.

Bruce kemudian pindah ke sebuah stasiun bawah tanah yang sudah tidak terpakai lagi yang ada tepat di bawah Arkham Asylum. Yang menarik adalah desain Batcave ini memiliki kesamaan dengan Batcave yang akan muncul di film Batman versi Robert Pattinson. Ada beberpa alasan mengapa Bruce kemudian memilih tempat tersebut menjadi lokasi baru Batcave.

Pertama dan paling penting, di sana tempatnya nyaman. Sama halnya seperti Wayne Manor, Arkham Asylum tidak terlalu dekat ke wilayah kota sehingga tidak membangkitkan kecurigaan bahwa Bruce adalah Batman. Selain itu, Bruce juga tidak perlu pusing mengurus masalah hukumnya, karena dia merupakan pewaris sah dari pemilik Arkham Asylum, yang tidak lain adalah keluarga Wayne dan keluarga Arkham.

Dalam universe tersebut, Martha Wayne adalah bagian dari keluarga Arkham. Stasiun bawah tanah tersebut memang sengaja didesain untuk menghubungkan wilayah kota dan Arkham, membuat Batman bisa lebih leluasa juga ketika harus keluar masuk dari wilayah Arkham. Alasan stasiun ini ditutup adalah sejarah keluarga Arkham yang dikenal sangat gila.

Salah satu bukti kegilaan keluarga Arkham adalah mereka sengaja membuat jalur kereta yang memutar, seolah mereka terjebak di dalam labirin. Hal itu sengaja mereka lakukan untuk menjebak dan membuat bingung arwah yang membuat mereka ketakutan. Di sisi lain, hal ini menjadi sesuatu yang berguna bagi Bruce yang akan membangun Batcave. Dan tanpa mengetahui denah lokasi dari stasiun ini, mustahil ada orang lain yang bisa menyusup ke Batcave.

Bahkan, sebuah fakta menarik bahwa Bruce dan Alfred mungkin tidak akan bisa menemukan pintu masuk menuju stasiun ini jika tanpa ada bantuan dari Killer Croc. Pengetahuannya tentang terowongan dan gorong-gorong di kota Gotham jauh lebih besar dibandingkan Batman, jadi Bruce meminta bantuan Killer Croc untuk mencari jalan masuknya.

Dengan jalur kereta bawah tanah yang menyambungkan berbagai titik di wilayah Gotham, artinya Batman bisa bergerak secara leluasa kemana pun tanpa terdeteksi. Dia bisa menggunakan jalan rahasia untuk pergi ke sebuah tempat dengan jauh lebih cepat. Atau mungkin Batman bisa mencegat dan menjebak musuhnya di bawah tanah. Bagaimana menurut kalian tentang Batcave baru ini Geeks?