Setelah beberapa kali mengalami penundaan, film Black Widow akhirnya akan segera dirilis dalam beberapa minggu mendatang. Namun sebenarnya, film solo Black Widow yang dibintangi oleh Scarlett Johansson bukanlah film pertama Black Widow yang coba dikembangkan sejak dahulu. Faktanya, Marvel pernah memiliki rencana untuk membuat film Black Widow pada pertengahan tahun 2004. Ketika itu, dilaporkan bahwa Lionsgate telah membuat kesepakatan dengan Marvel untuk membuat film Black Widow.

Kala itu, salah satu pendiri Marvel Studios, Avi Arad, ditetapkan menjadi produser film Black Widow. Sementara David Hayter telah ditunjuk untuk mengarahkan dan menulis naskah filmnya. Hayter sendiri sebelumnya terkenal karena ia menulis naskah untuk film Marvel lainnya yaitu X-Men dan X-Men 2 (X2: X-Men United). Jika film Black Widow tahun 2004 benar-benar akan dibuat, maka itu akan menjadi debut David Hayter sebagai sutradara.

Hayter sendiri pernah mengungkapkan beberapa ide tentang film Black Widow. Ide-ide tersebut ia rangkum dalam buku Peter Hanson yang rilis tahun 2010 lalu berjudul Tales From The Script: 50 Hollywood Screenwriters Share They Stories. Hayter mengungkapkan bahwa dia telah menghabiskan satu tahun menulis naskah film Black Widow. Film tersebut akan meneceritakan bagaimana Natasha Romanoff mengikuti masa pelatihannya sebagai mata-mata KGB, kejatuhan Uni Soviet, dan bagaimana Natasha akhirnya menjadi agent khusus di Amerika Serikat dan harus kembali ke tempat kelahirannya.

David Hayter sendiri memberikan deskripsinya, “Dia adalah tentara bayaran dan dia dipanggil kembali ke tempat dia dibesarkan untuk menghadapi masa lalunya.” Ungkap David Hayter.

Pada tahun 2006, Lionsgate memang memiliki beberapa film mirip seperti Black Widow, di mana filmnya berfokus pada karakter wanita seperti Aeon Flux, Bloodrayne dan Ultraviolet. Namun ketiga film tersebut gagal di bioskop. Seperti yang dikatakan Hayter kepada IGN pada tahun 2006, dia dan Marvel mencoba mencari pendanaan untuk film Black Widow, tetapi akhirnya gagal menemukan studio yang bersedia menggelontorkan dana besar untuk pembuatan film Black Widow. Pada akhirnya proyek tersebut dibatalkan.

Ketika Scarlett Johansson melakukan debut di MCU sebagai Natasha Romanoff di film Iron Man 2, pembicaraan tentang membuat film solo Black Widow muncul kembali dan David Hayter telah menyatakan minatnya untuk mengerjakan film solo Black Widow. Namun sayangnya keinginan Hayter tidak dapat terpenuhi, dan film Black Widow yang sekarang akhirnya digarap oleh sutradara Cate Shortland, dan naskahnya ditulis oleh Eric Pearson. Tentunya itu menjadi pukulan bagi Hayter, hingga akhirnya ia memiliki seorang putri dan memberi nama Natasha pada putrinya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/