Dalam seri komik terbaru Batman, DC Comics pada akhirnya mengkonfirmasi bahwa Alfred Pennyworth bukan hanya sekedar pelayar pribadi keluarga Wayne atau menjadi sosok pelindung bagi Bruce Wayne, tetapi dia juga adalah sosok ayah seperti halnya Thomas Wayne. Di awal cerita serinya, para pembaca akan diajak untuk masuk ke pikiran dari Bruce Wayne melalui monolognya.

Pada 2019, Bat-Family diperlihatkan harus merasakan trauma yang sama ketika Alfred Penny Worth tewas di tangan Bane. Momen tersebut terjadi dalam komik Batman #77 yang ditulis oleh Tom King, Mikel Janin, dan Tony S. Daniel, sebagai bagian dari arc City of Bane. Sama halnya seperti Bruce, Damian Wayne harus melihat secara langsung kakek angkatnya tewas di depan matanya, oleh seseorang yang dahulu pernah juga mematahkan tulang belakang sang ayah.

Dua tahun kemudian, para pembaca akhirnya diajak juga untuk bisa merasakan bagaimana sakitnya Batman ketika harus kehilangan Alfred ketika Batman menghadapi James Craddock alias Gentleman Ghost. Dari penulis Tom Taylor dan Andy Kuber, Batman: The Detective #1 memperlihatkan Batman sudah keluar dari Gotham. Batman diperlihatkan sedang menyelidiki kasus tentang jatuhnya sebuah pesawat komersil.

Dalam momen tersebut, tiba-tiba Gentlemen Ghost muncul di tempat kejadian. Akhirnya kedua sosok ini pun bertemu. Dalam pertarungan yang terjadi di antara mereka, Gentlemen Ghost berhasil menancapkan cakar tidak terlihatnya ke jantung Batman dan akhirnya dia pun melihat rasa ketakutan terbesar dari sosok Batman. Dia pun menemukan sesuatu yang mengejutkannya.

Menurut apa yang ditemukan oleh Gentlemen Ghost, ketakutan terbesar dalam diri sosok Bruce Wayne adalah dia tidak ingin menjadi yatim piatu untuk yang kedua kalinya. Fakta ini memberikan perspektif yang pasti mengenai kematian Alfred dan bagaimana sosok Alfred di dalam hidup Bruce Wayne. Dalam ceritanya juga kita melihat adanya kesamaan antara Alfred dan Thomas Wayne.

Seperti yang disebut oleh Batman, “kedua ayahku adalah seseorang yang bergerak di bidang medis.” Thomas Wayne semasa hidupnya adalah memang seorang dokter di keluarga Wayne, dan Alfred sendiri adalah dokter ketika dia masih aktif di angkatan udara. Poin ini seolah memberikan kita gambaran seberapa dalam koneksi dari kedua sosok ayah tersebut bagi Bruce Wayne.

Bukan hanya kedua pria tersebut memiliki peran ayah baru Bruce, namun juga mereka memiliki etos dan kemampuan yang sama yang kemudian menjadikan Bruce Wayne seperti saat ini. Beruntung, Batman sudah mempersiapkan semuanya untuk menghadapi musuh semacam Gentlemen Ghost. Batman pun kemudian berhasil mengalahkan musuhnya tersebut.

Cerita tentang Dark Knight merupakan bagian penting dalam terciptakanya DC Comics, dan cerita tentang asal-usul Batman juga jadi cerita yang paling ikonik dalam cerita modern. Dan kita pun akhirnya tahu bahwa Alfred Pennyworth merupakan sosok yang lebih dari sekedar pelayan bagi keluarga Wayne dan Bruce, dia adalah ayah yang dicintai oleh keluarganya.