Krusty Krab merupakan sebuah restoran yang memiliki pegawai setianya. Dan ternyata mereka juga pernah menghadirkan karakter lain untuk bekerja di sana, meskipun tidak untuk waktu yang lama. Seri Spongebob SquarePants merupakan seri animasi yang tayang di Nickelodeon dan mulai tayang pada 1999. Kepopuleran serinya terus meningkat, dengan cerita dan karakter yang menarik.

Krusty Krab merupakan salah satu tempat yang sering kali muncul menjadi setting utama di serinya, di mana di sanalah tempat bekerja dari Spongebob SquarePants dan juga Squidward Tentacles. Restoran burger ini merupakan milik Tuan Krab, yang sudah sejak lama dia rintis. Yang menarik di sepanjang serinya ada beberapa karakter yang ternyata pernah juga bekerja di restoran tersebut. Siapa saja?

Gary Siput

Gary merupakan binatang peliharaan dari Spongebob. Dari yang sering diperlihatkan di ceritanya, Gary lebih banyak diam di rumah, seperti umumnya binatang peliharaan. Namun, ternyata Gary pernah bekerja di Krusty Krab. Dia pernah bekerja sebagai pelayan untuk Krusty Krab rahasia, juga bekerja sebagai wasit ketika sebuah tim hoki berlatih di Krusty Krab yang membeku. Dia juga pernah bekerja untuk Krusty Krab ketika ada “wabah” menyerang Bikini Bottom yang meminum Kelp Shake. Gary pernah menggantikan posisi Spongebob sebagai koki, dan bahkan bekerja untuk menghentikan Plankton.

Pearl Krab

Pearl Krab merupakan anak satu-satunya dari Tuan Krab. Masih menjadi misteri bagaimana Tuan Krab bisa memiliki anak seekor paus. Pearl pernah beberapa kali bekerja di restoran milik ayahnya. Dia sempat mengambil alih restoran selama musim panas dalam episode “Bossy Boots,” di mana dia mengubah total Krusty Krab agar bisa masuk dalam selera anak muda – yang mana hal tersebut gagal. Kemudian Pearl juga mengubah Krusty Krab menjadi Kuddly Krab, namun pada akhirnya kembali ke semula. Pearl pernah juga menjadi koki serta menjadi pengawas restoran menggantikan sang ayah.

Sandy Cheeks

Sandy Cheeks sering kali menghabiskan waktunya di rumahnya yang berbentuk pohon di dalam sebuah kubah raksasa. Biasanya Sandy mengerjakan penelitian, eksperimen, menciptakan peralatan baru, dan sebagainya. Ternyata Sandy juga pernah bekerja di restoran milik tuan Krab. Ketika Spongebob dan Sandy dilanda demam karate dalam episode “Karate Choppers,” Tuan Krab akhirnya memutuskan untuk mempekerjakan Sandy untuk membantu Spongebob menyiapkan Krabby Patty, dengan memanfaatkan kemampuan karate mereka. Yang menarik juga Sandy pernah menciptakan sebuah Krabby Partty baru di musim ke 11.

Raja Neptunus

Mungkin raja Neptunus adalah pegawai Krusty Krab yang paling populer dan penting, yang pernah dimiliki restorannya. Sebelumnya, Neptunus menantang Spongebob dalam kontes memasak. Meskipun dia menang dalam segi kuantitas, dalam segi kualitas rasa Neptunus kalah. Dia pun harus menepati janjinya untuk bekerja di Krusty Krab menjadi seorang koki di bawah pengawasan Spongebob. Tidak diketahui apa yang terjadi setelah momen tersebut.

Le Schnook

SpongeBuddy Mania - SpongeBob Characters - Le SchnookLe Schnook merupakan chef dari restoran mewah bernama Fancy! dan merupakan koki pertukaran yang ditunjuk untuk Krusty Krab. Schnook menginginkan Krusty krab agar bisa semewah dan semodern Fancy! namun, Tuan Krab tidak sependapat dengannya. Keinginan Schnook hampir membuat Tuan Krab bangkrut, karena di akhir program pertukaran dia memberikan cek untuk dibayarkan. Beruntung, Spongebob kembali dengan membawa semua para pelanggan restoran Fancy! ke Krusty Krab.

Karen Plankton

Ketika Karen, istri komputer dari Plankton, digantikan dengan Karen 2, Tuan Krab kemudian membawanya ke Krusty Krab setelah menemukannya di jalan. Dia kemudian mempekerjakan Karen menjadi kasir, sedangkan Squidward menjadi tukang bersih-bersih. Namun, ketika Plankton dan Karen 2 pergi ke Krusty Krab, kedua komputer kemudian saling bertarung dan Karen pun menang. Plankton kemudian membawa pulang Karen dan Squidward pun akhirnya kembali menjadi kasir.

Stanley S. SquarePants

Spongebob bukanlah satu-satunya Squarepants yang bekerja di Krusty Krab. Sepupunya, Stanley, juga pernah bekerja di sana untuk jangka waktu yang sangat singkat. Hal tersebut dikarenakan Stanley selalu menghancurkan apa pun yang dia sentuh – dia menghancurkan mesin kasir Tuan Krab dan merusak spatula milik Spongebob. Hal ini kemudian memberikan Tuan Krab ide, untuk “memberikan” Stanley ke restoran Chum Bucket. Tidak butuh waktu lama untuk restoran tersebut meledak.

Nyonya Puff

SpongeBob SquarePants: "Summer Job: Krab Crash" | NickelodeonNyonya Puff pernah diperlihatkan bekerja untuk Krusty Krab sekali, dalam episode “Summer Job” di musim ke 7. Dalam ceritanya, Nyonya Puff diperlihatkan menabrak pintu depan Krusty Krab dengan kapalnya. Dan untuk membayar semua kerusakan, akhirnya dia bekerja di Krusty Krab sebagai kasir. Squidward pun diliburkan dari tugasnya, dan Spongebob ditugasi untuk mengawasi Nyonya Puff. Sayangnya, Nyonya Puff kemudian menabrak kembali Krusty Krab untuk kedua kalinya dan berakhir di penjara.

Larry the Lobster

Karakter Larry the Lobster sering kita temui di pantai Goo Lagoon. Dia bekerja sebagai lifeguard atau penjaga pantai. Tetapi, ternyata dia juga pernah bekerja sebagai pegawai Krusty Krab. Larry menyamar sebagai Tuan Krab dalam episode “The Check-Up” untuk mencegah Krusty Krab ditutup dan dia juga mengisi peran Tuan Krab ketika dia sedang liburan.

Para Karakter Lain

Selain para karakter di atas, ada juga beberapa karakter minor yang pernah bekerja di Krusty Krab. Yang pertama adalah Jim, koki pertama Krusty Krab sebelum Spongebob bekerja di sana. Jim adalah pencipta dari Jim Patty, yang diakui lebih populer dari Krabby Patty. Dia kemudian berhenti dari pekerjaannya karena Tuan Krab tidak pernah mau menaikan gajinya. Kepergian Jim membuat Tuan Krab harus membayar mahal.

Karakter minor lainnya adalah Charles, seorang ikan tua yang membantu menjaga restoran Krusty Krab ketika semuanya terjebak di Bikini Bottom Triangle. Kemudian karakter lainnya adalah Richard, ikan berwarna hijau bertubuh pendek, yang melamar sebagai koki pada malam hari. Squidward dan Spongebob sempat menduga bahwa dia adalah the Hash-Slinging Slasher.

Terakhir ada sekelompok remaja yang tidak diketahui namanya, yang menggantukan posisi Spongebob dan Squidward ketika mereka mogok kerja. Meskipun mereka semua nampak ceria dan bersemangat, nyatanya itu sangat membantu Tuan krab. Hal inilah yang kemudian membuat Tuan Krab memohon kepada Squidward dan Spongebob untuk kembali bekerja di Krusty Krab.