Sesuai dengan prediksi sebelumnya, bahwa Zeus pada akhirnya akan menjadi milik Nami sepenuhnya. Namun, dengan Nami yang sekarang memiliki Zeus sepenuhnya apakah artinya dia akan bisa mengalahkan Big Mom? Apakah Nami akan bisa mengendalikan Big Mom? Di chapter 1015 kemarin, Nami kembali mendapatkan peningkatan kekuatan setelah Zeus menyatu dengan Clima Tact milik Nami.

Seperti yang kita ketahui, Zeus dulunya merupakan salah satu dari tiga Homies andalan Big Mom selain Promotheus dan Napoleon. Namun, setelah apa yang terjadi di chapter 1010 kemarin di mana Zeus terperangkap di dalam kotak yang dibuat oleh Kidd dan tidak bisa menyelamatkan Big Mom yang jatuh dari Onigashima, akhirnya Zeus pun tidak lagi dibutuhkan oleh Big Mom.

Di chapter tersebut kita juga melihat bagaimana Promotheus meminta sesuatu kepada Big Mom yang mana sempat menjadi misteri. Dan kita akhirnya mengetahui bahwa Big Mom membuat Homies baru bernama Hera. Secara keseluruhan, Homies Hera memiliki “struktur” yang sama yaitu berupa awan yang bisa mengeluarkan petir dahsyat. Bedanya, memang, Hera jauh lebih dahsyat dibandingkan Zeus.

Di chapter 1015, sesuatu yang unik kemudian terjadi di mana Clima Tact Nami sekarang bisa berbicara. Dan ternyata jiwa Zeus masuk ke Clima Tact milik Nami. Secara teknik, masih belum diketahui bagaimana kemudian jiwa Zeus bisa berpindah ke Clima Tact milik Nami. Karena, seperti yang diperlihatkan di chapternya, Big Mom berhasil menahan Zeus, meremasnya, dan kemudian jiwanya keluar seperti sebuah spons.

Di chapter 1016 kemudian kita mendapatkan penjelasan singkat bagaimana Zeus bisa berada di Clima Tact milik Nami, yang pada intinya adalah ketika Hera hendak memakannya, jiwanya kemudian berpindah ke Clima Tact Nami. Oda Sensei tentunya perlu menghadirkan penjelasan lebih detail mengenai hal ini, karena sejauh ini baru kali ini jiwa Homies diperlihatkan berpindah ke benda lain.

Hal inilah yang kemudian memunculkan pertanyaan, apakah dengan adanya Zeus di tangan Nami, dia bisa mengendalikan Big Mom? Big Mom sendiri mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan Zeus pergi kemana-mana dengan serpihan jiwanya. Dengan asumsi bahwa Zeus masih menyimpan jiwa dari Big Mom, maka secara teknis artinya Nami bisa saja mengendalikan Big Mom – memiliki satu Homies sama dengan memiliki satu potong jiwa Big Mom.

One Piece, Chapter 1016 - One Piece Manga OnlineZeus sendiri sempat ragu bahwa kekuatannya tidak akan mungkin bisa bekerja tanpa adanya kekuatan Big Mom. Namun, pada saat menghadapi Ulti kita melihat bahwa Zeus sepertinya tidak menghadapi kendala apa pun. Dan kekuatan Nami justru bertambah dengan adanya Zeus. Serangan Thunderbolt miliknya jauh meningkat berkali-kali lipat yang membuat Ulti tidak sadarkan diri.

Geeks mungkin bertanya, bukankah yang bisa memanipulasi jiwa adalah pengguna buah iblis Yomi Yomi yang tidak lain adalah Brook? Dengan kemampuan buah iblisnya, memang Yomi Yomi no Mi mampu memanipulasi para Homies milik Big Mom. Bahkan, kekuatan inilah yang membuat Brook bisa menahan kekuatan Big Mom meskipun hanya untuk sementara.

kiwe Tumblr blog with posts - Tumbral.comNami mungkin tidak bisa memegang atau mengendalikan jiwa seperti halnya Brook, namun dia memiliki Zeus yang terbuat dari serpihan jiwa Big Mom yang mana artinya dia terhubung dengan sosok Big Mom. Untuk saat ini, semua masih sekedar teori dan spekulasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, perlu ada penjelasan lebih detail mengenai hal ini dari Oda Sensei.

Kita masih belum tahu mengapa Zeus – yang notabene dibuat dari jiwa Big Mom – justru lebih memilih Nami. Apakah artinya para Homies bisa memiliki perasaan dan berpikir? Bagaimana kemudian Zeus bisa berpindah ke Clima Tact Nami tanpa adanya “bantuan” dari Big Mom juga perlu dijelaskan lebih lanjut. Mudah-mudahan saja Oda bisa menjelaskan mengenai hal ini di kemudian hari.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.