Dirilisnya seri Loki di Disney Plus mungkin menjadi ekspansi paling besar yang diala Marvel Cinematic Universe sejak Guardians of the Galaxy yang memperkenalkan kita terhadap konsep luar angkasa. Loki memperkenalkan kita terhadap timeline dan juga Multiverse di MCU. Seri Loki juga memperkenalkan kita bahwa di alam raya Marvel ini terdapat lebih dari satu timeline.

Namun, semua timeline tersebut kemudian disatukan oleh tiga entitas yang misterius bernama Time-Keepers. Merekalah yang kemudian menjadikan berbagai timeline yang ada menjadi satu, dan kemudian menamainya ‘Sacred Timeline.’ Sebagian Geeks mungkin bertanya, siapa sebenarnya Time-Keepers? Apakah mereka dewa? Atau mereka adalah alien dari planet lain yang bisa mengendalikan waktu?

Siapa Time-Keepers

Time-Keepers dalam versi Loki diperkenalkan dalam sebuah video berformat animasi yang dinarasikan oleh Miss Minutes. Menurut penjelasan videonya, mereka adalah orang-orang yang selamat dalam pertempuran besar antar Multiverse. Mereka adalah “pemenang” yang kemudian memutuskan untuk mencegah pertempuran hebat tersebut terjadi kembali.

Mereka kemudian menciptakan aturan, menyatukan timeline yang kemudian disebut sebagai Sacred Timeline, dan menjaga timeline yang ada agar tidak ada lagi orang-orang yang merusak serta menciptakan cabang timeline seperti dahulu. Namun, sosok Time-Keepers dalam versi komik berbeda dengan apa yang diperlihatkan di seri Loki. Mereka adalah sosok makhluk yang berada di level para dewa.

Dalam komik Thor #282 yang dirilis pada 1978, Time-Keepers diperkenalkan sebagai kreasi dari He Who Remains, entitas terakhir dari universe sebelumnya, sebagai pemandu terciptanya Multiverse yang baru. Ketiga Time-Keepers tersebut adalah Ast, Zanth, Vort. Upaya pertama untuk menciptakan mereka tidak berjalan dengan baik. Time-Keepers justru berubah menjadi entitas yang menghancurkan berbagai realita yang ada.

Melihat hal tersebut, Thor kemudian kembali ke masa lalu dan meyakinkan He Who Remains untuk mencoba kembali dengan Time-Keepers dan membagi timeline yang ada. Setelah mendengar penjelasan dari Thor, He Who Remains mempertimbangkan apa yang harus dilakukan oleh para Time-Keepers.

Kang the Conqueror

Time-Keepers merupakan otoritas tertinggi di TVA, organisasi yang mengawasi dan mengatur timeline. Di komiknya, TVA justru sering kali berurusan dengan Thor dan Fantastic Four. Bahkan, mereka juga sering berkonflik dengan para Avengers. Yang mengerikan adalah TVA serta Time-Keepers, pernah bekerja sama dengan Immortus, salah satu identitas dari Nathanael Richards alias Kang the Conqueror.

Who are the Timekeepers and What Could They Mean for Loki? – /FilmPada suatu waktu, para Avengers kemudian harus berhadapan dengan Immortus dan TVA. Para Avengers yang berasal dari berbagai timeline dan realita berkumpul dan bekerja sama dengan Kang, untuk membebaskan Rick Jones dan Destiny Force. Mereka terancam tewas di tangan Immortus dan Time-Keepers. Dalam pertempuran tersebut, Kang diceritakan berhasil membunuh ketiga Time-Keepers.

Loki dan Secret Wars

Saat ini, setting di komik Marvel adalah Multiverse kedelapan. Memang, ada banyak sekali multiverse yang ada di cerita Marvel. Namun, cerita Secret Wars menandai hancurnya multiverse ketujuh dan dimulainya multiverse kedepalan. Battleworld, tempat yang menjadi lokasi dari Secret Wars, merupakan sebuah planetoid yang terdiri dari 50an universe. Dr. Doom, Dr. Strange, dan Molecule Man menjadi sosok yang berhasil mengembalikan semuanya seperti semula.

Secret Wars poster by Paul Ligmenco : marvelstudiosMolecule Man sendiri kemudian memberikan kekuatannya kepada Doom untuk kemudian membantu Reed Richards membangun kembali multiverse, bersama dengan yang lain. Hancurnya multiverse tersebut menciptakan sebuah kondisi, yang mana dijelaskan oleh First Armament, bisa melepaskan ikatan yang dibuat oleh para Celestials. Dan para Celestials berpotensi menghancurkan multiverse yang baru tersebut.

Namun, pada akhirnya mereka berhasil dihentikan Galactus Lifebringer dan juga tim Ultimates. Berdasarkan hal di atas, Geeks mungkin akan menyadari bahwa Time Variance Authority tidak pernah ikut campur dalam berbagai hal seperti Secret Wars. Mereka hanya fokus untuk menjaga timeline di multiverse mereka.