Seri Loki menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa, yaitu ternyata Infinity Stones tidak memiliki efek apa pun ketika berada di tangan Time Variant Authority (TVA). Pertanyaannya kemudian mengapa hal tersebut bisa terjadi? Seperti yang kita sudah ketahui, tiga Phase pertama MCU disebut sebagai “Infinity Saga” oleh Marvel Studios.

Hal tersebut dikarenakan di ketiga Phasenya para fans diperkenalkan dengan Infinity Stones, benda yang paling kuat di alam raya Marvel. Dengan kekuatannya, Infinity Stones bisa menghapus setengah kehidupan yang ada di alam raya. Inilah alasan mengapa Thanos rela melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Namun, ketika di tangan TVA, Infinitu Stones tidak lebih dari sekedar pemberat kertas.

Pertanyaan pun muncul, mengapa Infinity Stones tidak berlaku di kota tempat TVA berada? Infinity Stones yang muncul di MCU merupakan adaptasi dari Infinity Gems yang diperkenalkan di komiknya. Kekuatan dan kelebihan dari Infinity Gems memang tidak pasti, karena sudah menjadi hal yang natural di dunia komik bahwa beda penulis, maka beda pula cerita yang disuguhkan.

Benarkah TVA Adalah Entitas Terkuat di MCU? | GreensceneNamun, dari berbagai cerita yang ada dalam satu dekade terakhir ini, satu hal yang ditekankan mengenai Infinity Gems adalah benda tersebut hanya bisa bekerja di universe yang menjadi asal-usulnya. Ketika seseorang membawa Infinity Gems/Infinity Stones ke luar universenya, misalnya dengan membawanya ke dimensi yang lain, maka kekuatan Infinity Gems tidak akan bekerja.

TVA dan kota modern yang menjadi rumah mereka masih menjadi sebuah misteri. Serinya sendiri masih belum memberi tahu apa nama kotanya, dan sepertinya mereka sangat berhati-hati dalam memberi tahu hal tersebut. Dan besar kemungkinan kota tersebut dan juga TVA berada di luar ruang dan waktu – atau mungkin simpelnya mereka berada di dimensi yang lain.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian Infinity Stones – serta Tesseract yang dibawa oleh Variant Loki – tidak berguna di sana. Dan bahkan, mereka menjadikannya sebagai sesuatu yang bisa dibilang tidak berharga. Inilah yang kemudian membuat Loki tersadar bahwa usahanya tidak akan pernah bisa berhasil untuk kabur atau melawan.

Loki: The TVA Is More Powerful Than the Infinity Stones | CBRYang juga menarik adalah jika Geeks perhatikan, di laci tersebut ada lebih dari satu batu dari berbagai jenis. Contohnya, ada sekitar lima Time Stone, tiga Power Stone, dan empat Reality Stone di dalam laci tersebut. Hal tersebut seolah memberikan sinyal bahwa TVA sudah sejak lama mengumpulkan orang-orang yang merusak timeline dan berusaha mengambil Infinity Stone.

TVA sendiri berusaha untuk menjaga agar Sacred Timeline bisa tetap berjalan sesuai aturan, dan koleksi dari Infinity Stones di dalam laci tersebut menjadi bukti nyata dari upaya itu. Ini juga memperkuat dugaan bahwa Multiverse sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Siapa yang kemudian mengincar Infinity Stones tersebut memang masih menjadi misteri. Bisa jadi versi lain dari para karakter yang diperlihatkan di MCU.

Seri Loki sendiri hanya memiliki enam episode. Artinya Marvel harus memadatkan cerita dan informasi yang ingin mereka sampaikan. Apalagi, seperti yang Kevin Feige katakan, Loki adalah seri yang akan memberikan dampak signifikan terhadap MCU kedepannya. Mungkin di episode kedua nanti kita akan mulai mendapatkan titik terang mengenai TVA, dan juga apa kemampuan mereka. Juga mungkin kita akan mendapatkan informasi di mana mereka sebenarnya. Apakah mereka ada di dimensi yang lain? Apakah mereka ada di dunia Quantum seperti yang banyak dispekulasikan? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya.